Resep Membuat Kerupuk Udang Favorit Orang Indonesia

Resep Membuat Kerupuk Udang Favorit Orang Indonesia - Camilan Nusantara


Di Indonesia, kerupuk merupakan kudapan pendamping makanan utama yang banyak dicari. Kudapan ini tak hanya disukai oleh orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Dengan tambahan kerupuk, makanan utama akan terasa lebih nikmat disantap. Bahkan kerupuk dapat dijadikan camilan karena cita rasanya yang gurih serta teksturnya yang kering dan renyah. Biasanya kerupuk ini disajikan sebagai teman makan nasi atau hidangan berkuah. Karena rasanya yang nikmat, tak jarang kerupuk ini disediakan pada acara istimewa seperti pernikahan, sunatan, dan acara kumpul-kumpul lainnya.

Di Indonesia, kerupuk memiliki banyak variasi, ada kerupuk blek atau kerupuk mawar, kerupuk orong-orong, kerupuk kemplang, kerupuk rambak, kerupung Palembang, kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk getas, kerupuk pasir, kerupuk gendar, kerupuk kulit, kerupuk mie, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan resep salah satu kerupuk yang popular di Indonesia, yaitu kerupuk udang. 

Yup! Kerupuk udang ini memang banyak disukai karena rasa udangnya yang sangat terasa. Kerupuk udang sendiri paling sering disajikan bersama nasi dan rawon. Umm, rasanya sangat nikmat. Dari pada berlama-lama. Simak resep kerupuk udang di bawah ini yukk…

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Udang berukuran besar sebanyak 2 kg, pilih yang masih segar
  • Bawang putih sejumlah 10 siung yang telah dihaluskan
  • Tepung tapioka sebanyak 2 kg
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Bubuk penyedap rasa secukupnya
  • Air bersih secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus adonan kerupuk
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Kerupuk Udang:
  1. Buang kepala udang, ekor beserta kulitnya.
  2. Bersihkan udang yang telah dikupas hingga bersih dengan menggunakan air mengalir.
  3. Lemburkan udang dengan menggunakan blender atau mesin pelumat.
  4. Masukkan udang yang telah lembut ke dalam suatu wadah, lalu tambahkan bawang putih, tepung tapioka, gula pasir, garam, dan bubuk penyedap rasa. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Sembari menguleni adonan, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan tidak lengket lagi.
  6. Satukan adonan kerupuk hingga menjadi gumpalan, lalu gulung memanjang dan bungkus dengan menggunakan daun pisang.
  7. Adonan kerupuk yang telah terbungkus daun pisang kemudian dikukus hingga matang kurang lebih 3 jam.
  8. Setelah matang, segera angkat dan biarkan dingin. Lalu diiris-iris tipis dan dijemur hingga kering di bawah sinar matahari.
  9. Siapkan wajan, lalu panaskan minyak goreng dengan jumlah banyak. Goreng kerupuk udang hingga matang, kering, dan bertekstur renyah. Setelah matang, segera angkat dan tiriskan.
Meskipun proses pembuatannya membutuhkan kesabaran dan waktu yang panjang, namun jika proses di atas dilakukan dengan baik dan benar, hasilnya pasti tidak akan mengecewakan Anda. Selamat mencoba.



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya