Tips Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Ringan
Tips Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Ringan – CAMILAN NUSANTARA
Makanan ringan, camilan, atau kudapan adalah istilah-istilah
yang biasa digunakan dan didengar untuk menyebutkan makanan yang dimakan untuk
dinikmati rasanya atau untuk mengganjal rasa lapar. Seperti yang sudah banyak
diketahui, penikmat makanan ringan ini tidak hanya berasal dari satu kalangan
saja, tetapi juga berasal dari seluruh kalangan masyarakat. Anak-anak, remaja,
dewasa, orang tua, perempuan, laki-laki, sangat menggemari makanan ringan.
Makanan ringan biasa dilihat sebagai sajian di berbagai
kesempatan seperti ketika sedang berkumpul, nongkrong, menonton, mengerjakan
tugas, dan lain sebagainya. Maka tidak diragukan lagi apabila bisnis makanan
ringan ini memiliki peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Ditambah lagi
dengan begitu banyaknya ragam dan jenis dari makanan ringan, membuat peluang
untuk memulai bisnis ini menjadi semakin terbuka lebar.
- Tips Bisnis Makanan Ringan
Untuk yang berminat memanfaatkan kudapan sebagai ide memulai
bisnis, perlu dilakukan terlebih dahulu persiapan sebelum menjalankan ide
bisnis ini. Beberapa diantaranya adalah melakukan perencanaan, riset dan
analisa pasar untuk mengetahui camilan apa yang permintaan pasarnya cukup
tinggi tetapi memiliki produsen terbatas. Hal ini perlu dilakukan untuk membuka
peluang bisnis yang lebih besar. Selain itu, berikut beberapa Tips Sukses
Menjalankan Bisnis Makanan Ringan.
- Buatlah Snack Dengan Kualitas Yang Baik
Makanan ringan yang akan dijual harus memiliki kualitas yang
baik, entah itu dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan maupun segi
pengemasannya. Bahan yang digunakan haruslah bahan yang higienis dan tidak
mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Cara pengolahannya pun harus sesuai
aturan, misalnya menggoreng camilan dengan minyak yang berkualitas dan diganti
secara berkala. Kemudian kemas makanan ringan dengan menggunakan kemasan yang
baik dan menarik.
- Berinovasi Pada Produk Maupun Cara Pemasarannya
Pemenang bisnis makanan ringan merupakan pengusaha yang
selalu berinovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda,
sehingga produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Jadi
tidak masalah produk yang dijual sudah ada di pasaran, asalkan produk yang
dijual tersebut berbeda secara inovasi dengan produk yang sudah beredar.
- Ciptakan “Relationship” Dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas
Layani pelanggan dengan sangat baik dan bijaksana, tidak
peduli kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Ciptakan kesan yang mendalam
kepada pelanggan, dengan senyum dan sapa yang ramah, bukan hanya sekedar
kata-kata. Sehingga pelanggan akan dengan senang hati berkunjung kembali.
Selain itu manfaatkan media sosial untuk melakukan branding makanan ringan yang
dijual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan pelanggan, sebab hal ini
akan memberikan dampak positif, seperti promosi gratis dari mulut ke mulut oleh
pelanggan. Promosi dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif untuk menjaring
pelanggan lain serta meningkatkan penjualan.
- Jalin Kerjasama Dengan Berbagai Perusahaan
Kerjasama adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan
pendapatan. Jika produk sudah memiliki standar yang baik, maka jangan ragu
untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan besar. Tidak hanya perusahaan,
cobalah untuk kerjasama dengan pemerintah, perusahaan ekspor impor ataupun
perusahaan lain. Dengan begitu, pelanggan dan jangkauan pasar dapat lebih luas.
Dan memberikan keuntungan lebih besar.
- Tentukan Strategi Penjualan Yang Cocok Dengan Segmen Pasar Yang Diincar
Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan
usaha kedepannya. Membangun strategi penjualan yang tepat dan mampu membaca
pasar untuk meningkatkan penjualan sangatlah penting untuk dilakukan. Seperti:
memberi diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk
secara gratis kepada masyarakat di area yang menjadi pangsa pasar.
- Visioner, Think Big, Think Positive
Selalu berpikir ke depan dan menyeluruh serta berpikiran
positif harus ditanamkan dalam jiwa dan pikiran seorang pebisnis. Dalam
menjalankan bisnis pasti akan selalu dituntut untuk melayani pelanggan dengan
sangat baik. Sehingga pikiran yang jernih akan membantu berfikir kedepan dengan
tenang. Jauhkan pikiran sempit dan negatif karena apa yang dipikirkan dapat
menjadi kenyataan, sehingga sangat penting untuk selalu berpikir secara
positif.
Baca Juga :
Komentar
Posting Komentar