CARA DAN TIPS MEMBUAT KACANG BAWANG RENYAH DAN MUDAH

Cara Dan Tips Membuat Kacang Bawang Yang Renyah Dan Mudah - CAMILAN NUSANTARA


Salah satu makanan ringan atau camilan yang umum kita jumpai adalah kacang bawang. Kacang bawang disukai di berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Dengan perpaduan rasa antara kacang dan bawang gurih Kacang bawang cocok sebagai cemilan saat bersantai dengan keluarga dirumah. Bukan Cuma sebagai camilan atau sekedar makanan ringan, kacang bawang juga sering digunakan pada acara – acara tertentu, seperti saat lebaran, natal, pernikahan, upacara adat, dan acara penting lainnya. Kacang bawang merupakan salah satu cemilan yang wajib disuguhkan bagi para tamu.

Kacang bawang merupakan hasil olahan berbahan dasar kacang tanah yang telah dikupas kulitnya dan dibersihkan dari kulit arinya yang diberi bumbu utama berupa bawang putih yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan makanan yang lezat. Proses memasaknya ada berbagai metode seperti di oven, sangrai, dan yang paling umum adalah dengan cara di goreng menggunakan minyak panas. 

Seiring berjalannya waktu kacang bawang kini tersedia dengan berbagai variasi seperti kacang bawang asin, kacang bawang balado, kacang bawang rasa mete, kacang bawang pedas, dan masih banyak lagi. 

Mungkin banyak dari kita akan sedikit menghindari cemilan yang satu ini, karena banyak mitos yang timbul karena kita makan kacang kacangan. Asalkan kita mengkonsumsi tidak berlebihan maka dampak yang ditimbulkan akan semakin sedikit. Dan justru kita akan mendapatkan manfaat dari memakan kacang tersebut.

Penasaran dengan cara membuat kacang bawang renyah dan lezat ? Langsung saja kita simak ulasan berikut tentang cara membuat kacang bawang.

Bahan – bahan yang perlu disiapkan :
  • Kacang tanah kupas, 1 kg
  • Santan kelapa kental 500 ml
  • Bawang putih 10 siung, iris tipis lalu goreng sampai matang untuk bahan taburan
  • Bawang putih 5 siung, haluskan
  • Garam halus 2 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kacang bawang
  • Air mendidih 1 liter

Langkah – langkah untuk membuat kacang bawang renyah dan empuk :
  1. Cuci bersih kacang tanah kupas, lalu rendam ke dalam air mendidih beberapa saat. Tunggu sampai air agak dingin lalu mulailah untuk membersihkan kulit ari kacang tanah. Lakukan sampai semua kacang tanah habis lalu tiriskan.
  2. Siapkan panci ukuran sedang, mulailah untuk merebus santan bersama dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang dan garam. Aduk perlahan – lahan dan rebus sampai mendidih lalu angkat.
  3. Selanjutnya yaitu masukkan kacang tanah yang telah dibersihkan kulit arinya ke dalam rebusan santan dan bumbu. Diamkan beberapa saat sampai meresap dan santan menjadi dingin. Angkat lalu tiriskan.
  4. Siapkan wajan penggorengan, panaskan minyak secukupnya saja. Goreng kacang tanah ke dalam minyak panas. Goreng sampai matang ditandai dengan warna berubah menjadi kecoklatan. Jangan lupa untuk terus mengaduk – aduk agar kacang tidak gosong. Angkat lalu tiriskan.
  5. Siapkan nampan atau tampah besar yang telah dialasi kertas atau tisu untuk menyerap minyak.
  6. Tuang kacang tanah ke dalam nampan kemudian taburi dengan bawang goreng. Aduk rata dan diamkan beberapa saat sampai dingin. 
  7. Setelah dingin segera simpan ke dalam toples lalu tutup supaya kacang tetap gurih.

Tips 

*Hindari penyimpanan dalam toples saat kacang bawang masih panas, karena akan menyebabkan kacang bawang tidak renyah.

Itulah tadi cara membuat kacang bawang renyah dan mudah yang bisa Anda pratekkan di rumah untuk menghidangkan camilan sehat bagi keluarga. Selamat mencoba.


Baca Juga :


Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya