Buah-Buah Langka Ini Hanya Ada Di Indonesia Loh

Buah-Buah Langka Ini Hanya Ada Di Indonesia Loh – Camilan Nusantara


Dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah dan memiliki banyak suku, menjadikan indonesia dikenal sebagai negara yang subur nan unik. Tapi tahu enggak sih, ternyata selain itu, indonesia juga memiliki beberapa macam buah-buahan unik dan langka yang mungkin hanya ada di Indonesia loh. Buah-buah ini mungkin masih sedikit asing di telinga anda. Tapi buah-buah langka ini memiliki rasa dan kandungan nutrisi yang tak kalah dengan buah-buahan yang ada di pasara. Yuk simak, buah-buah apa saja sih yang hanya ada di Indonesia.

1.   Buah Buni
Buah buni termasuk salah satu buah langka di Indonesia. Di Indonesia sendiri buah buni memiliki beberapa nama sebutan yang berbeda disetiap daerahnya. Seperti di Sunda, buah ini memiliki sebutan buah Huni dan di Jawa buah buni diberikan nama yaitu buah Wuni. Buah buni memiliki bentuk yang hampir mirip dengan cranberry yang memiliki warna kekuningan dan merah kehitam-hitaman. Saat dimakan, tekstur buah buni ini sangat berair. Buah ini biasanya dijadikan rujak buah dan selai.

2. Buah Ciplukan
Buah yang memiliki nama latin physialis angulata ini termasuk ke dalam tanaman liar dan bisa dijumpai di kebun, tepi hutan, dan lading di daerah pedesaan. Buah ciplikan mirip dengan cherry hutan dan bisa ditemukan saat musim hujan. Meski terbilang tanaman liar buah ciplikan ini bisa dimakan loh, dan buah ini juga mengandung nutrisi baik bagi tubuh seperti vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid dan polifenol.

3. Buah Kenitu/Genitu

Buah Genitu atau Kenitu memiliki nama ilmiah Chrysophyllum cainito. Di Lampung buah ini disebut dengan nama sawo manila, sedangkan di Jawa Timur adalah manecu atau sawo hijau. Bauh kenitu memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan lembut saat sudah matang. Karena maraknya pembangunan, saat ini membuat buah kenitu menjadi salah satu buah yang mulai langka di Indonesia.

4. Buah Gowok
Buah gowok atau kupa ini berbentuk bulat mirip buah blueberry, namun dengan warna lebih gelap keunguan. Saat ini, buah gowok masuk ke dalam kategori buah yang sulit ditemukan. Buah gowok termasuk dalam golongan jambu-jambuan atau Myrtaceae, buah gowok ini banyak kita temui di daerah Jawa dan Kalimantan. Buah ini rasanya cukup asam tapi segar karena mengandung banyak air. Daging buahnya berwarna putih dan teksturnya kenyal saat dimakan. Keberadaannya yang semakin sedikit membuat buah ini kalah bersaing dengan buah-buahan impor yang tersebar di pasaran.

5. Buah Kelubi
Buah yang mempunyai nama latin Eleiodoxa conferta dikenal dengan sebutan salak palsu Bangka, hal ini diperkirakan karena bentuknya yang menyerupai salak namun dengan rasa buah yang sangat masam dan tekstur buah yang jauh lebih tebal/ keras. Buah kelubi banyak tumbuh liar di hutan di sekitar mata air dan rawa di Bangka. Selain di Bangka, buah kelubi juga tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti di Sumatera (Lampung, Sumatera Selatan, dan Riau) serta Kalimantan Timur.

6. Buah Keledang
Buah keledang ini juga dijuluki buah bangsal, binturung, bunon, atau kayu dadak. Memiliki nama latin Artocarpus lanceifolius Roxb, buah ini adanya di wilayah Kalimantan dan sangat langka. Buah keledang ini masuk dalam suku nangka-nangkaan (Moraceae) atau kerabat buah nangka, cempedak, dan lain-lain. Buah ini rasanya manis jika dibayangkan seperti kombinasi antara nangka dan manggis. Warna kulit buahnya itu jingga kemerahan seperti di gambar.

7. Buah Lobi-lobi
Memilki nama latin Flacourtia inermis, buah lobi ini asalnya dari wilayah Asia yang beriklim tropis. Buah ini cocok dijadikan rujak, diolah jadi manisan, asinan dan selai. Buah lobi-lobi ukurannya kecil dan rasanya dominan masam meskipun ada manisnya.

8. Buah Rukam
Buah ini biasa disebut juga rukem dan memiliki nama latin Flacourta rukam. Buah rukam ini asli Indonesia dan sudah jarang ditemui. Buah ini rasanya masam atau sempat dan bisa dimakan langsung. Buah ini bisa dijadikan rujak dan diolah menjadi asinan, manisan, dan selai. Cara memakan buah ini unik loh, kita harus memijatnya dulu sampai lunak dan kemudian baru dimakan.

9. Buah Lahung

Buah ini memiliki nama latin Durio dulcis dan merupakan buah endemik hutan Kalimantan. Bentuk buah ini persis dengan durian, tetapi memiliki kulit dan duri berwarna kehitaman. Baunya pun tajam menyengat seperti durian.


Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya