Resep Mudah Membuat Sale Pisang Basah Yang Enak Di Rumah

Resep Mudah Membuat Sale Pisang Basah Yang Enak Di Rumah – Camilan Nusantara


Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. selain itu, saat ini sale pisang mempunyai berbagai macam rasa seperti rasa keju dan produksi pisang sale sudah menembus pasar internasional.

Dalam pembuatan sale pisang, hal utama yang harus diperhatikan adalah proses penjemurannya. Karena, pisang harus benar benar kering dan tidak mengandung air bila ingin dijadikan sale pisang. Jika pisang masih mengandung air, akan terjadi pembusukan dan membuat sale berbau tidak sedap. Pisang yang digunakan dalam pembuatan sale pisang harus pisang yang mudah busuk seperti pisang emas, pisang ambon, dan juga pisang raja. Karena, jika sulit membusuk, waktu yang dibutuhkan haus lebih lama dalam proses pembuatannya.

Sale pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama.

Sebelum melakukan penjemuran, adalah tahap perendaman dengan campuran air dan natrium bisulfit. Tujuan perendaman dengan natrium bisulfit adalah untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam pisang saat melakukan proses menjadi pisang sale.

Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu sale pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Sale yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan. Bila dibuat pada musim hujan perlu dikeringkan dengan pengeringan buatan (dengan sistem tungju).

Berdasarkan cara mengkonsumsi buahnya, pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olah (plantain, cooking banana). Pisang meja dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, seperti pisang ambon, susu, raja, seribu, dan sunripe. Pisang olahan dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli.
Sekarang kami akan memberikan anda resep mudah membuat sale pisang basah yang bisa anda praktekkan di rumah nantinya. Simak langkah-langkah di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan :
Buah pisang
Natrium bisulfit 15 gram/liter air

Cara Membuat :
  1. Pertama-tama kupas kulit pisang yang sudah tua dan matang lalu kerik sedikit bagian luarnya agar bersih. 
  2. Kemudian rendam pisang dalam larutan natrium bisulfit (15 gram Natrium bisulfit dalam satu liter air) selama 10 menit. Usahakan seluruh pisang terendam, setelah itu tiriskan.
  3. Letakkan hasil tirisan di atas tampah lalu jemur di atas rak penjemuran yang beralaskan jerami selama 5-7 hari. Sambil dijemur sewaktu-waktu pisang dipipihkan (dipres) dengan kayu bundar atau bambu.
  4. Bungkus sale pisang yang telah dijemur dengan daun pisang kering. Masukkan ke dalam plastik lalu tutup rapat dengan sealer atau api lilin. Kini, sale pisang juga dapat dikemas lebih menarik, misalnya dikemas hingga menyerupai buah anggur dll.

Tips :
1. Sale pisang yang dihasilkan hanya mencapai 25 % atau seperempat bagian dari berat pisang utuh (masih ada kulitnya). Jenis pisang yang sering dibuat sale adalah pisang ambon. Untuk keripik pisang manis dapat ditambahkan gula pasir halus pada keripik yang sudah digoreng.

2. Pemberian rasa pedas dapat dilakukan bersama-sama dengan pemberian gula halus.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya