Resep Manisan Cabai Kering & Basah Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Resep Manisan Cabai Kering & Basah Yang Mudah Dibuat Di Rumah – Camilan Nusantara


Sebagai salah satu jenis hasil alam, buah sangat baik untuk membantu menjaga kondisi tubuh manusia. Nutrisi dan vitamin dalam buah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kulit, menangkal radikal bebas, bahkan membantu mencegah penyakit berat seperti kanker. Maka, tidak heran jika banyak orang yang senang mengonsumsi buah secara rutin.

Konsumsi buah ini tidak hanya dengan cara memakan langsung tapi juga dengan mengolah buah menjadi aneka minuman dan makanan lezat. Mulai dari dibuat jus, es buah, puding hingga manisan kering. Jenis terakhir adalah salah satu camilan yang diproses dengan cara mengurangi atau membuang kadar air dalam buah kemudian mengeringkannya secara alami di bawah sinar matahari atau menggunakan alat.

Manisan buah umumnya terasa manis atau sedikit gurih karena melalui proses perendaman di larutan garam atau gula. Hal ini bertujuan untuk mengawetkan buah secara alami. Manisan kering bisa jadi pilihan kalau kamu ingin mengawetkan buah karena jenis manisan ini tahan lama dan bisa jadi bekal perjalanan yang menyehatkan pula.

Salah satu manisan buah yang popular di masyarakat adalah manisan cabai. Cabai dikenal mengandung banyak vitamin C. Mnisan cabai memiliki citarasa yang sangat segar dan nikmat, itu sebabnya manisan cabai sangat disukai. Biasanya manisan cabai di toko manisan, swalayan, atau pasar tradisional. Namu bagi anda yang malas mencari manisan cabai, anda bisa membuatnya sendiri dirumah loh. Cara membuat manisan cabai terbilang  mudah dan bisa Anda membuat sendiri di rumah. Namun tidak semua cabai bisa dibuat manisan. Anda bisa menggunakan jenis cabai tertentu seperti cabai merah, cabai hijau, paprika merah, paprika kuning, serta paprika hijau. Langsung simak resep manisan cabai dibawah ini saja yuk.

Manisan Cabai Basah
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 500 gram cabai merah besar.
  • 250 gram gula pasir (bisa ditambahkan jika kurang/sesuai selera).
  • 1 sdt  garam.
  • Air secukupnya.

Cara Membuat:
  1. Pertama-tama siapkan seluruh bahan yang diburuhkan.
  2. Langkah awal ambil cabai dan belah bagian tengahnya dan buang seluruh biji dan tangkainya, karena bagian inilah yang membuat rasa pedas pada cabai.
  3. Lalu rendam cabai merah dalam air garam selama kurang lebih 12 jam. Angkat  dan tiriskan. Penggaraman ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa rasa pedas pada cabai.
  4. Kemudian rendam kembali cabai dalam air kapur selama kurang lebih 10 menit agar cabai tidak rapuh dan hancur saat dimasak nantinya.
  5. Sambil menunggu, rebus air sekitar 250 ml dan gula pasir sampai mengental, jangan lupa untuk mengaduk terus hingga rata. Lalu angkat dalam keadaan panas.
  6. Tiriskan cabai yang sebelumny adirendam air kapur, dan cuci bersih menggunakan air. Kemudian masukkan cabai kedalam larutan gula dalam keadaan panas.
  7. Masukkan cabai kedalam larutan gula dan biarkan kurang lebih selama 12 jam hingga meresap. Hal ini bertujuan agar rasa manisnya meresap.
  8. Terakhir masukkan manisan cabai kedalam toples. Manisan cabai siap untuk dinikmati.


Manisan Cabai Kering
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • Cabai merah besar ¼ kg
  • Gula pasir ½ kg
  • Garam 1 sdt
  • Air Jeruk nipis/ citrunzuur ½ sdt
  • Kapur sirih 1 sdm
  • Air untuk merendam 2 liter
  • Air untuk merebus 500 ml

Cara Membuat :
  1. Cabai dibersihkan dengan membuang tangkai cabai serta urat putihnya.
  2. Di dalam 2 liter air larutkan kapur sirih dan endapkan. Ambil bagian yang bening
  3. Rendam cabai selama 6 jam di dalam air kapur.
  4. Tiriskan cabai dan cuci hingga bersih.
  5. Rebus hingga mendidih 500 ml air. Masukkan gula dan aduk rata hingga larut. Masukkan pula cabai dan masak hingga layu. Matikan kompor dan biarkan cabai terendam hingga semalaman.
  6. Panaskan rendaman cabai hingga airnya mendidih. Matikan kompor dan biarkan kembali hingga semalaman. Lakukan hal yang sama selama 3 hari hingga cabai terasa manis.
  7. Tiriskan airnya, dan keringkan cabai dengan cara dijemur atau dimasukan ke dalam oven. Setelah kering, beri taburan gula dan masukan ke dalam toples. Selamat mencoba J





Baca Juga :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya