10 Kuliner Khas Dan Unik Negara Vietnam Yang Wajib Kamu Cicipin

10 Kuliner Khas Dan Unik Negara Vietnam Yang Wajib Kamu Cicipin – Camilan Nusantara


Vietnam adalah salah satu negara Asia Tenggara yang wajib kamu dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Mengapa demikian? Sebab negara satu ini dikenal dengan peristiwa bersejarahnya dan kebudayaan masyarakatnya yang sangat kuat.

Bercampurnya berbagai budaya di Vietnam turut membuat kuliner negara ini menjadi sangat bervariasi, lho. Jika ada waktu berlibur ke Vietnam, maka 10 makanan berikut ini wajib kamu coba. Rasa khas dan unik dari kuliner Vietnam ini pasti bisa bikin kamu rindu Negara itu.

1. Pho
Pho adalah satu dari beberapa sajian yang dibanggakan oleh masyarakat Vietnam. Anda dapat menjumpai hidangan ini, hampir di semua tempat, hingga ke daerah-daerah terpencil negri tersebut. Pho memiliki 2 jenis daging dalam hidangan mie beras yang disajikan dengan semangkuk sup berisi toge dan daun jeruk ini, yaitu daging ayam dan daging sapi. Beberapa pengelola rumah makan Pho bahkan juga ada yang menambahkan daging Pork kedalam sajian ini. Jadi sebelum memesan makanan yang satu ini anda bisa bertanya kepada penjual terlebih dahulu, supaya sesuai dengan selera anda.

2. Banh Cuon
Banh cuon terbuat dari tepung beras sebagai kulitnya dan diisi dengan daging beserta sayuran. Makanan ini biasanya disajikan sebagai menu pembuka. Wajib dinikmati dengan kuah kecap yang dicampur dengan cabai. Citarasa dari hidangan ini terbilang unik. Meski ia hanya berupa kue beras kukus yang tipis dan lembut, rasanya cukup gurih ketika dimulut penggemarnya. Di Vietnam, Banh Cuon biasanya dihidangkan dengan tempura udang dan gorengan kacang hijau. Saus ikan pun turut disajikan guna menambah kayanya cita rasa dari sajian Vietnam yang satu ini.

3. Goi Cuon
Pernah mencoba gulungan salad yang mengandung udang ataupun irisan daging? Bila belum, catat nama hidangan ini baik-baik ya! goi cuon alias roll Vietnam dikenal dengan kelezatannya. Isinya daging, sayuran, dan tentunya udang. Ditambah pula saus ikan khas dan pedas. Bentuk makanan yang satu ini seperti lumpia namun tidak di goreng lho. Jadi cocok sekali nih bagi anda yang sedang mengurangi konsumsi makanan berminyak

4. Banh Xeo
Banh Xeo ini adalah salah satu masakan spesial dari Vietnam yang memiliki bentuk seperti pancake dan rasanya yang nikmat. Makanan ini sangat di gemari orang segala usia dari yang mudah sampai yang tua. Hidangan ban xeo ini dapat diisi dengan daging cincang, kerang, makanan laut, jamur dan lainnya sesuai dengan selera Anda. Makanan ini memiliki citarasa gurih dan juga renyah, Karna itu tak heran bila makanan ini digemari oleh banyak kalangan. Wajib banget untuk kamu coba ketika mampir ke Vietnam.

5. Com Tam
Com Tam merupakan hidangan nasi yang terbuat dari beras-beras yang patah, oleh karena itulah disebut Broken Rice. Teksturnya yang lembut dilengkapi dengan potongan berbagai macam daging, Com Tam wajib masuk daftar makanan khas Vietnam yang wajib dicicipi loh!

6. Banh Mi
Hidangan yang satu ini bisa dibilang satu dari beberapa hal dari aspek kebudayaan bangsa Vietnam yang terpengaruh oleh bangsa perancis di zaman dahulu. Oleh karenanya, tak heran bila Banh Mi menggunakan roti baguettes yang diisikan dengan baso, acar, irisan daging, acar wortel, dan lobak, pate, serta saus khas Vietnam. Bahn Mi adalah salah satu makanan khas Vietnam yang terkenal, bahkan di indonesia sudah banyak tempat yang menjual banh mi Vietnam ini. Wajib banget utuk dicoba.

7. Ca Kho To
Masakan yang dihidangkan dengan Clay pot sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat di Asia tenggara, selain dapat menahan panas, Clay pot juga melembutkan dan mengentalkan daging yang direbus. Ca Kho To merupakan makanan klasik bagi masyarakat Vietnam, berupa daging ikan yang direbus dengan gula dan bumbu ikan yang gurih, sehingga menghadirkan kuah kental yang melingkupi daging. Hidangan ini adalah sebuah sajian klasik masyarakat Vietnam yang masih saja dilestarikan dari generasi ke generasi. Anda yang doyan berwisata kuliner harus siap meluangkan waktu untuk menyantap makanan khas Vietnam ini.

8. Chao
Bubur adalah hidangan yang cukup familiar di berbagai kalangan. Meskipun begitu, setiap wilayah memiliki kekhasannya masing-masing dalam menyajikan hidangan yang satu ini. Di Vietnam, makanan yang lembut dan biasa disajikan hangat ini biasa dilengkapi dengan irisan daging ayam, ikan, jeroan, hingga remahan roti yang sebelumnya digoreng dengan renyah. Kemudian, hidangan ini semakin kaya akan rasa setelah ditaburi dengan bawang dan lada hitam bubuk, toge, dan irisan daun jeruk nipis. Selanjutnya, jahe dan saus ikan juga dijadikan sebagai pelengkap dari sajian hidangan yang satu ini.

9. Banh Cam
Anda pernah makan Onde-Onde? Bila iya, pasti Anda terkenang dengan rasanya yang gurih, nikmat, dan kaya akan kacang hijau itu kan? Ternyata makanan sejenis juga bisa Anda temukan di Vietnam loh! Penasaran dengan kelezatannya? Coba saja cari jajanan yang bernama Banh Cam ketika berwisata kemari. Pasti Anda akan ketagihan!

10. Ca Phe
Tidak lengkap rasanya jika berbicara tentang hidangan Vietnam tanpa kopi. Vietnam memiliki kopi yang sangat khas, yang dalam bahasa Vietnam disebut Ca Phe. Kopi berbusa khas Vietnam yang dibuat dengan susu kental manis, dan sebutir telur mentah, menjadikan Ca Phe minuman wajib yang harus anda coba di Vietnam, terutama sebagai penutup hidangan anda.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya