Tips Mengurangi Asupan Gula Supaya Hidup Menjadi Lebih Sehat

Tips Mengurangi Asupan Gula Supaya Hidup Menjadi Lebih Sehat – Camilan Nusantara


Makanan dan minuman manis memang selalu menggoda “iman”. Banyak orang mungkin termasuk Anda akan menyediakan ruang di perutnya untuk cokelat, kue, permen, atau es krim meskipun Anda telah makan banyak sebelumnya. Lagipula, siapa yang dapat menahan godaan lelehan cokelat pada cake kesukaan Anda? Rasanya memang sulit. Jadi, jangan heran jika banyak orang yang kesulitan untuk menghindari, atau bahkan sekadar mengurangi gula, meskipun mereka tahu bahwa konsumsi gula berlebih tidak baik untuk kesehatan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO ) menyebutkan bahwa batas asupan gula untuk orang dewasa adalah tidak lebih dari 50 gram atau setara dengan 12 sendok teh gula per orang per hari. Rekomendasi tersebut belum mencakup gula yang dijumpai secara alami pada susu, buah, atau sayuran. Konsumsi gula berlebih dapat mempengaruhi kesehatan Anda, seperti meningkatkan risiko terjadinya diabetes atau obesitas.

Perlu diketahui, batasan asupan gula pun bisa berbeda pada pria dan wanita, juga pada anak-anak dan remaja. Bagi wanita, asupan gula harian adalah sebesar 24 gram (setara dengan 6 sendok teh). Sementara itu, bagi pria, asupan gula yang masih dalam batas toleransi adalah 36 gram (setara 9 sendok teh). Sedangkan, untuk usia remaja di bawah 20 gram atau 5 sendok teh. Jika konsumsi gula melebihi dari jumlah tersebut, ancamannya adalah masalah kesehatan. Konsumsi gula berlebihan menurut dr. Muhammad Iqbal dari KlikDokter dapat menyebabkan kerusakan gigi, obesitas, hingga diabetes.

Apakah gula benar-benar harus dihindari? Gula bukan untuk dihindari, namun untuk dibatasi, karena tanpa gula, pusat susunan saraf tidak bisa bekerja secara optimal. Akibatnya, Anda akan sulit berkonsentrasi dan mengalami kelelahan.

Diet atau pola makan bebas gula yang baik adalah dengan membatasi ”gula tambahan” seminimal mungkin, namun tetap mendapatkan gula alami, seperti yang ditemukan dalam roti, sayuran, buah, produk susu, dan kacang-kacangan. The Food and Drugs Administration(FDA) mengatakan bahwa konsumsi gula tambahan secara berlebih dapat menyulitkan tubuh untuk mencerna makanan berserat, vitamin, dan mineral yang penting bagi tubuh.

Bagi pecinta makanan dan minuman manis, mungkin akan sulit untuk mengurangi asupan gula harian. Tapi, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan dan cukup mudah. Berikut di antaranya :

1. Kurangi konsumsi gula secara bertahap
Beberapa orang merasa sulit untuk melepaskan ketergantungan dari gula. Jadi yang terbaik adalah menguranginya secara bertahap, jangan terburu-buru. Jika Anda biasanya menikmati kopi dengan gula sebanyak 2 sendok teh, cobalah kurangi takarannya menjadi 1 sendok teh. Begitu selanjutnya, sampai benar-benar Anda bisa menguranginya.

2. Ganti gula dengan pemanis alami lainnya
Ganti gula Anda dengan perasa lain yang lebih sehat. Cobalah lemon, licorice, dan adas manis yang baik digunakan sebagai pemanis alami teh Anda. Untuk kopi, cobalah kayu manis, ekstrak vanila, atau bubuk kakao tanpa pemanis.

3. Kurangi minuman kemasan ataupun soda
Dalam satu kaleng soda berukuran 12 ons mengandung 8 sendok teh gula, yang berarti melebihi asupan gula harian. Jadi, lebih baik pikir ulang untuk mengonsumsi minuman ringan atau soda yang biasanya memakai pemanis buatan.

4. Konsumsi menu sarapan sehat
Beberapa porsi sereal anak-anak memiliki kandungan gula yang setara dengan tiga kue cokelat! Untuk pilihan yang lebih sehat, cobalah beralih ke sereal gandum yang dimasak, bukan yang instan. Jenis menu ini memiliki sedikit gula atau bahkan tidak sama sekali. Agar lebih nikmat, campurkan juga beberapa pisang tumbuk atau apel dan kayu manis untuk meningkatkan rasa.

5. Ganti gula saat masak
Daripada memakai gula sebagai bahan ketika masak, lebih baik ganti dengan rempah-rempah berbau manis seperti kayu manis, pala, dan vanila. Jenis bumbu tersebut juga baik bagi tubuh Anda. Mereka memiliki kandungan nutrisi seperti kalsium, serat, zat besi, magnesium, dan vitamin C, K, dan A.

6. Pilih cokelat hitam
Anda pecinta cokelat? Lebih baik pilih saja cokelat hitam yang memiliki lebih sedikit gula dan lemak daripada cokelat susu atau cokelat putih. Penelitian telah menunjukkan bahwa cokelat hitam juga dapat menjaga kesehatan jantung. Semakin tinggi kandungan kakao, artinya semakin baik cokelat yang dikonsumsi. Jadi cari cokelat hitam yang memiliki 70 persen cokelat atau lebih tinggi. Menggigit 1-2 ons cokelat sebanyak beberapa kali dalam seminggu merupakan cara yang lebih sehat untuk memuaskan hasrat Anda akan makanan manis.

7. Perhatikan kandungan gula pada label kemasan
Gula banyak bersembunyi di balik kemasan botol seperti pada saus barbeque, saus tomat, dan saus salad. Sering kali beberapa bahan tersebut mengandung jumlah gula yang mengejutkan. Cobalah untuk mengolahnya sendiri agar lebih sehat.


Demikianlah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi asupan gula. Tunggu apa lagi? Ayo mulai kurangi asupan gula harian Anda dari sekarang, jika tubuh ingin tetap sehat. Jika Anda sudah telanjur ketergantungan dengan gula, mulailah dengan mengurangi takaran konsumsinya secara perlahan.

Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya