Resep Membuat Kue Grubi Khas Jawa Yang Renyah Dan Manis

Resep Membuat Kue Grubi Khas Jawa Yang Renyah Dan Manis – Camilan Nusantara

 

Kue Grubi jajanan atau camilan tradisional (jadul) yang berasal dari daerah jawa tengan. Seperti yang kita ketahui, orang-orang jawa tengah sangat suka menyantap makanan manis, pastas saja orangnya manis manis, hehe. Meskipun tergolong camilan jadul, kue grubi ini masih menjadi camilan yang di gemari.

Kue grubi merupakan jajanan tradisional khas indonesia yang terbuat dari bahan dasar ubi kayu (ketela rambat), namun ada juga yang membuatnya dari bahan dasar singkong, apel, dan sebagainya. Di beberapa daerah kue grubi memiliki nama lain seperti kue carang mas, kue kremes, sarang balam atau cakar ayam. Kue grubi ini memiliki tekstur yang garing, renyah, dan manis. Bagi anda yang merindukan jajanan jadul yang manis ini, anda bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional atau di toko oleh-oleh di daerah jawa. Tidak hanya di jawa tengah, kini kue grubi sudah tersebara di berbagai daerah di Indonesia, jadi kue grubi ini mudah untuk di temukan.

Tapi bagi anda yang ingin belajar membuat kue grubi ini dan sedang mencari resepnya, anda tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini akan kami berikan resep cara membuat kue carang mas yang enak, manis, dan renyah. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan mudah didapat, cara membuatnya pun sangat mudah dan simple. Yuk langsung simak resepnya saja.

Bahan yang diperlukan :
  • 1,5 kg ubi jalar, kupas kulitnya, rendam air
  • 200 gr gula merah, sisir halus
  • 125 gula pasir
  • 1,5 lt air + 2 sdt garam
  • 100 ml minyak goreng

Cara Membuat :
  1. Serut ubi, langsung di atas air garam. Pilih serutan kecil saja ya. Biarkan terendam sekitar 30 menit. Tiriskan.
  2. Panaskan minyak dengan api sedang saja. Masukkan ubi serut. Aduk-aduk rata hingga agak kering.
  3. Masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk-aduk hingga semua gula larut. Teruskan mengaduk beberapa saat hingga gula terasa lebih lengket. Matikan api.
  4. Selagi hangat, ambil sesendok sayur ubi, tekan lembut dengan sendok hingga agak membentuk, letakkan di atas kertas roti. Biarkan dingin. Grubi akan mengeras saat dingin. simpan di dalam stoples yang kedap udara.

 Tips and Trick :
  • Ubi yang sudah di kupas harus segera direndam air agar tidak terjadi oksidasi (bagian yang kena udara biasanya akan cokelat, sangat jelek)
  • Minyak jangan terlalu banyak agak grubi tidak kelihatan berminyak saat matang.
  • Pastikan ubi yang digoreng benar benar tiris. Ubi yang sudah diparut harus langsung digoreng, jika ubi parut mentah tersebut disimpan di kulkas dan baru digoreng keesokan harinya, ubi tidak bisa digoreng sampai renyah. Cara meniriskan ubi bisa dengan ditiriskan pada adonan peniris lalu diletakkan pada kertas penyerap minyak.
  • Buat larutan gula yang tepat. pada resep di atas lebih banyak menggunakan gula merah daripada gula pasir. Gula pasir bersifat tambahan yang fungsinya membuat cairan gula lebih keras ketika sudah dingin. Jika cairan gula tidak menggunakan gula pasir, cairan ketika sudah dingin sulit mengeras dan ubi culit dicetak. kalaupun sudah dicetak akan mudah terbongkar/ buyar.
  • Pastikan kue grubi yang sudah dicetak betul betul sudah tiris dari minyak, jika belum dapat ditiriskan kembali sebelum masuk dalam toples.
  • Cobalah bereksperimen dengan bahan bahan lain selain ubi jalar merah. Mungkin bisa menggunakan ubi ungu, atau bahkan wortel sebagai pengganti ubi jalar.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya