Resep Kue Manco Wijen Khas Jawa Timur Enak –

Resep Kue Manco Wijen Khas Jawa Timur Enak – Camilan Nusantara


Melihat kue yang satu ini akan membuat ingatan kamu kembali ke masa kecil saat sedang pulang kampung ke rumah nenek. Kue yang berasal dari Jawa Timur ini tak pernah absen dari kue lebaran masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya. Teksturnya memang renyah di luar tapi pada bagian tengahnya lembut. Ya, apa lagi kalau bukan Kue Manco Wijen.

Kue Manco Wijen Wijen bertekstur renyah, manis dan agak lengket ini sudah terkenal sejak lama. Kue ini konon berasal dari China. Karenanya dulu Kue Manco Wijen sering disajikan saat acara lamaran orang Tionghoa. Namun saat ini Kue Manco Wijen sering disajikan ketika ada hajatan atau ketika hari besar seperti hari lebaran, hari natal, hari raya waisak, dan lainnya.

Kue Manco Wijen terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan dan bagian luarnya hanya diberi lapisan biji wijen. Ada juga yang melapisinya dengan gula merah terlebih dahulu sebelum dilapisi dengan biji wijen sangrai.

Sebenarnya Kue Manco Wijen dikategorikan menjadi dua, ada Kue Manco Wijen ketan dan Manco wijen. Untuk Manco ketan biasanya berbahan dasar tepung beras yang dibentuk seperti tabung kecil. Pada bagian tengahnya terdapat rongga dan dilapisi kroto. Sedangkan manco wijen juga terbuat dari adonan tepung beras ketan yang tipis. Dibentuk bulat, segi tiga ataupun kotak. Bagian tengah Kue Manco Wijen Wijen ini juga kopong. Nah bedanya dengan Manco ketan, seluruh permukaan Manco wijen dilapisi dengan gula merah cair, kemudian dilapisi lagi dengan wijen.

Cara membuat Kue Manco Wijen Khas Purbalingga ini sangat sederhana, tepung ketan yang sudah diaduk dengan air hingga membentuk seperti donat ini direbus dan dikeringkan, kemudian dipotong kecil-kecil berbentuk segitiga barulah kue digoreng hingga mengembang. Setelah digoreng, manco yang masih polos ini kemudian dicampur dengan cairan gula merah dan diaduk dengan adonan rasa. Ada beberapa rasa Kue Manco Wijen yaitu rasa ketan, beras, dan kacang. Nah untuk penjelasan lebih jelas nya anda bisa meyimak resep kue manco wijen dibawah ini.

Bahan Yang Dibutuhkan :
  • 1/2 kg ketan
  • 1/2 kg karuk ketan
  • 1/4 kg gula merah

Cara Membuat :
  1. Ketan direndam dalam air kurang lebih satu malam, ditanak, setelah masak ditumbuk atau digemblong yang halus.
  2. Ambil dulang kayu yang sudah dialas daun pisang dan ares pisang (isi batang pisang).
  3. Adonan tadi diambil sedikit demi sedikit, diratakan diatas dulang dengan memakai ares, kira-2 setebal satu setengah cm. Tiap-tiap kepingan ini dijemur dipanas supaya dapat diiris-iris.
  4. Setelah dapat dipotong, maka adonan tadi dipotong-potong dengan pisau yang telah dilumari minyak, dengan lebar 2 cm dan panjang 3 – 10 cm, dijemur lagi hingga kering betul.
  5. Karuk digoreng dengan pasir yang telah dibersihkan, kemudian brondong tadi diayak supaya brondong dan pasir terpisah. Begitu pula bakal manco digoreng dengan pasir tersebut.
  6. Gula direbus (tidak perlu dengan air) setelah berbenang bakal manco dimasukkan kedalamnya dan dibolak-balik kemudian ditaburi brondong hingga rata. Hati-hati mengambil manco ini karena sangat ringkih.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya