Resep Kerupuk Amplang Ikan Enak Khas Kalimantan

Resep Kerupuk Amplang Ikan Enak Khas Kalimantan – Camilan Nusantara


Anda kenal dengan cemilan yang satu ini, ya namanya “Amplang” cemilan khas dari kalimantan. Jadi bila anda orang kalimantan pasti sudah tidak asing lagi dengan kerupuk ini, selain rasanya yang enak dan lezat ternyata kandungan yang ada dalam amplang ini cukup banyak.  Singgah di Balikpapan atau Samarinda, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang buah tangan yang satu ini. Amplang namanya. Sejenis kerupuk dengan cita rasa dan aroma ikan yang khas. Makanan ringan bercita rasa gurih ini seakan sudah menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan.


Amplang terbuat dari daging ikan yang digiling halus dengan campuran tepung sagu. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tenggiri, gabus (haruan), atau belida (ikan pipih). Setiap jenis ikan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan belida karena rasa gurihnya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan.

Pembuatan kerupuk amplang ini memang sedikit memakan waktu, namun sangat mudah ko untuk membuatnya. Bahan-bahan yang digunakan juga tidak terlalu sulit mencarinya, jadi anda bisa langsung memperaktikannya sekarang juga. Apalagi tekstur yang dihasilkanpun tidak akan mengecewakan, karena memang kerupuk ini sangat renyah sekali ditambah aroma yang dihasilkan juga sangat menggoda, pasti anda ketagihan bila sudah mencicipinya. Tapi bila anda tidak mau repot anda bisa langsung mengunjungi central pembuatanya yang terletak di kabupaten kotabaru, atau bisa membelinya disepanjang jalan kalimantan.  Nah untuk anda yang mau mencoba membuatnya sendiri tidak sulit kok, anda tinggal ikuti saja langkah-langkah yang sudah kami siapkan, sebagai berikut.resep-amplang-kerupuk-tenggiri-khas-kalimantan

Bahan yang dibutuhkan :
  • Ikan tenggiri 1 kg haluskan, atau bisa juga menggunakan ikan gabus atau yang lainnya
  • Tepung kanji 2 kg
  • Bawang putih 5 buah, haluskan
  • Bumbu penyedap 1 sdm
  • Garam 1 sdm
  • Air putih 1 gelas sedang

Cara Membuat :
  1. Siapkan wadah untuk mencampur bahan seperti Ikan, tepung kanji, bawang putih, bumbu, dan sedikit garam
  2. Lalu masukan air dan uleni seperti seperti adona pempek, usahakan sampai rata
  3. Selanjutnya kita bentuk adonan yang sudah jadi menjadi seperti sosis tapi dengan ukuran besar, atau sesuai selera anda bentuknya, lalu biarkan sedikit mengeras
  4. Kemudian potong adonan yang sudah seperti sosis tadi dengan ketebalan 2 cm, atau bisa lebih tipis kalau bisa
  5. Tinggal goreng kerupuk tersebut sampai benar benar garing dan renyah, hati hati jangan sampai gosong
  6. Angkat kerupuk tersebut dan tiriskan, kerupuk amplang sudah bisa anda sajikan.


Nah, sangat mudah bukan? Sekarang anda bisa langsung mencobanya seperti halnya anda membuat kerupuk lainnya. Sedikit tambahan bila anda ingin menyimpan atau membungkusnya, usahakan masukan kedalam yang kedap udara, agar tidak mudah liat. Selamat mencoba.


Baca Juga :

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya