Kuliner Yang Wajib Kamu Coba Ketika Berkunjung Ke Kediri

Kuliner Yang Wajib Kamu Coba Ketika Berkunjung Ke Kediri – Camilan Nusantara
 

Kediri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur, yang terletak sekitar 130 km sebelah barat daya Surabaya. Kota Kediri adalah kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang, kediri merupakan pusat perdagangan utama untuk industri rokok dan gula Indonesia. Di kota kediri ini adalah tempat berdiri dan berkembangnya salah satu pabrik rokok terbesar di negara Indonesia, yaitu Gudang Garam.


Di kota Kediri terdapat sebuah simpang jalan yang terkenal yaitu Simpang Lima Gumul, sejatinya persimpangan itu adalah persimpangan jalan yang menjadi titik bertemunya lima ruas jalan.

Di kawasan persimpangan jalan ini di bangun sebuah monumen yang megah dan indah, monumen desainnya arsitektural yang menjadi ikon di kota kediri. Nama monumennya yaitu Simpang Lima Gumul yang terinspirasi dari Monumen L’Archde Triomphe di Paris.

Selain industri rokok dan monumen simpang gumulnya yang terkenal, ternyata kediri juga mempunyai banyak kuliner yang tentunya enak, menggoda selera dan tentunya populer di masyarakat luas. Yang tentunya wajib banget untuk kalian coba waktu mengunjungi kota Kediri ini. Apa saja yaa??? 

1. Tahu Takwa
Kenapa di namakan tahu takwa? Karena nama takwa itu di ambil dari bahasa Mandarin yang artinya aroma, tahu ini aromanya sangat sedap, gurih dan sangat menggoda selera walaupun kita belum merasakannya. Kediri juga di namakan kota tahu karena ya karena kalau kalian di kediri akan menjumpai banyak yang menjual tahu, oleh-oleh khas kediri ya tahu ini.
Tahu takwa ini rasanya sangat gurih, teksturnya sangat lembut, terasa lebih kenyal dan rasanya tidak ada masamnya sama sekali. Inilah yang membuat tahu takwa ini berbeda dengan tahu yang lainnya, jika di goreng tahu ini luarnya sangat krispy tapi di dalamnya tetap lembut.

2. Nasi Pecel Tumpang
Nasi pecel terdapat di berbagai daerah di Indonesia tetapi nasi pecelnya mempunyai khas sendiri-sendiri, salah satunya yaitu Kediri. Kalau di Kediri khasnya yaitu Nasi Pecel Tumpang, rasanya enak dan menggoda selera. Jika kalian mengunjungi kota Kediri harus mencicipi kuliner yang satu ini yaitu nasi pecel tumpang, kalian tidak akan merasakan nasi pecel di daerah lain yang ada di Indonesia dengan rasa yang sama kecuali di kediri, rasanya yang berbeda karena sambal tumpangnya.

Nasi pecel khas kediri ini biasanya di sajikan dengan menggunakan pincuk daun pisang, pecel ini di sajikan ketika nasi masih hangat lalu di atasnya di beri sayuran daun kenikir, daun pepaya, daun ketela pohon, buah pepaya mudah, kacang panjang dan kecambah. Setelah semua itu sudah di atas nasi, kemudia di siram dengan sambal pecel dan sambal tumpang. Sambal tumpang ini rasanya sangat komplit, ada rasa pedas, gurih asin dan di padu dengan sambal pecel yang rasanya pedas manis.

Setelah di atasnya di siram sambal tumpang, lalu di taburi dengan lalapan cacahan mentimun, lamtoro dan daun kemangi. Lauk yang di sajikan bersama nasi pecel tumpang ini biasanya perkedel kentang, tahu, dan tempe goreng (ada juga lauk lainnya yang tersedia di warung itu), di tambah juga dengan peyek.

3. Soto Kediri
Soto juga merupakan makanan yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia, soto kediri juga sama dengan soto ayam pada umumnya  tapi rasanya berbeda, bedanya yaitu rasanya lebih gurih, sedap, nikmat dan rasanya tidak di temui di soto-soto pada umumnya. Racikan soto ini tetap mempertahankan resep lamanya dan ke khasan soto kediri, kuah sotonya yang gurih di tambahi dengan suwiran ayam menambah kelezatan soto ini. Perbedaan soto kediri dengan soto yang lainnya yaitu soto kediri kuahnya ini di beri tambahan santan, sehingga menambah rasa gurih dan nikmatnya.

4. Gethuk Pisang
Kediri juga mempunyai makanan khas yang terbuat dari buah pisang yaitu namanya gethuk pisang, gethuk pisang ini rasanya manis, agak asam dan legit. Gethuk pisang ini di bentuk seperti lontong yang di balut dengan daun pisang. Di jamin pasti ketagihan.Getuk pisang ini banyak dijual di pinggir jalan atau di toko oleh-oleh. 

5. Sate Bekicot
Pusat penjualan sate bekicot di Kediri berada di Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri tepatnya kurang lebih 10 kilometer dari Simpang Lima Gumul. Daging bekicot ini sangat lezat, gurih dan tidak amis. Sate bekicot ini di siram dengan bumbu kacang yang rasanya pedas, gurih, asin, dan manis menjadi satu. Di daerah ini bukan hanya menyediakan sate bekicot saja, tetapi beberapa olahan yang berbahan dasar bekicot lainnya yaitu kripik bekicot, krengsengan bekicot dan oseng-oseng bekicot.

6. Tahu Poo
Tahu poo ini tentunya berbeda dengan tahu takwa, tahu poo ini jika di goreng bisa mengembang kosong.  Tahu poo ini sering dinikmati sebagai camilan, biasanya tahu poo ini di sajikan dengan petis yang enak. Tahu poo ini bisa kalian temui di jalan Yos Sudarso, di situ banyak sekali yang menjual tahu poo dan kalian akan melihat banyak orang yang berbelanja oleh-oleh khas kediri.

7. Stik Tahu
Pati kalian sudah familiar dengan stik tahu. Di buat dari bahan dasar tahu dan di campur dengan rempah rempah menjadikan stik tahu khas Kediri ini sangat gurih dan nikmat. Jika di bandingkan dengan kripik yang lainnya stik tahu ini berbeda, stik tahu ini teksturnya lembut tapi tentunya tetap krispy ketika di gigit. Stik tahu ini banyak di jual di kediri, banyak di pinggir jalan kediri yang menjual stik tahu ini (apalagi di tempat oleh-oleh khas kediri). Jika kalian berkunjung di kediri tidak afdol jika tidak mecicipi dan membawa pulang oleh-oleh khas kediri yang satu ini.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya