Kandungan Gizi Dan Khasiat Udang Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Gizi Dan Khasiat Udang Bagi Kesehatan Tubuh – Camilan Nusantara


Udang adalah salah satu seafood yang banyak disukai oleh masyarakat. Seafood yang satu ini mudah di temukan karena hasil udang di Indonesia cukup melimpah. Udang memiliki cita rasa yang khas, yakni manis kombinasi gurih. Rasa udang yang khas tersebut membuat udang banyak diolah menjadi aneka makanan, hingga makanan ringan. Udang bisa diolah menjadi aneka masakan yang lezat, seperti tumis udang, udang goreng, udang crispy, kerupuk udang, dan lain sebagainya. Berbagai olahan udang ini tentunya bikin pencinta udang penasaran untuk mencicipinya.

Meskipun rasanya enak, ternyata masih banyak orang juga  yang tidak menyukai udang. Mereka yang menghindari konsumsi udang banyak disebabkan karena anggapan bahwa udang mengandung banyak kolesterol jahat atau sering disebut LDL. Apa itu benar ya?

Berbagai penelitian memang menunjukan, jika udang mengandung banyak kolesterol jahat atau LDL yang akan dapat mengganggu kesehatan. Eitsss, tapi jangan salah ya. Selain ada LDL nya, ternyata udang juga memilki HDL yang tinggi lho.

HDL itu adalah kolesterol baik. Jadi, di sini si kolesterol jahat akan diimbangi oleh jumlah kolesterol baik yang tinggi pula. Jadi jangan takut untuk mengosumsi udang yaa. Selain itu yukk mari kita cari tahu apa saja sih kandungan nutrisi dan manfaat ang kita dapat saat mengkonsumsi udang!

Kandungan Gizi Dan Khasiat Udang
Udang mengandung banyak vitamin, mineral, protein dan unsur-unsur lain yang sangat berguna bagi tubuh. Apa saja sih nutrisi yang terkandung di dalam udang?
  • selenium 102%
  • Vitamin B12
  • protein
  • fosfor
  • kolin
  • copper
  • Yodium
  • Vitamin B3
  • Zinc
  • Vitamin E
  • Vitamin B6
  • Lemak omega 3
  • Asam patotenis
  • Vitamin A

Nah, banyak sekali bukan kandungan nutrisi yang terdapat pada 113,4 gram udang? lalu apa saja sih manfaat udang bagi kesehatan tubuh kita ?

1. Udang Sebagai Penyeimbang Hormon
Manfaat mengkonsumsi udang yang paling utama adalah penyeimbang hormone-hormon yang ada di dalam tubuh. Khususnya, jika kita sering melakukan aktivitas olahraga udang sangat bermanfaat. Udang yang mengandung banyak protein akan membantu memproduksi hormone dan menyeimbangkan jumlah hormone di dalam tubuh. Apalagi jika kita menginginkan peningkatan massa otot, hormone pembentuk massa otot akan dapat diproduksi dengan baik oleh nutrisi yang ada di dalam udang.

2. Udang Mencegah Penyakit Kanker
Penyakit bebahaya seperti kanker ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi udang lho. Pada 56 mikrogram di dalam 4 ons udang yang kita konsumsi, terdapat selenium dengan jumlah yang pas untuk memenuhi kebutuhan mineral selenium di dalam tubuh. Mineral selenium ini adalah zat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Bahkan, beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa kandungan selenium di dalam udang dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita.

3. Udang Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Anti depresi
Selain kanker, udang juga dapat menjadi faktor pencegah yang bisa dikatakan unik untuk menghindari resiko terhadap penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung. Lagi-lagi, selenium adalah faktor yang sangat berpengaruh pada pencegahan penyakit jantung ini. karena kekurangan selenium ternyata dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung. Penyakit diabetes yang tergolong penyakit yang sulit untuk disembuhkan juga bisa kita cegah dengan memasukan udang ke dalam menu makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Dan satu lagi, selenium yang ada di dalam udang bermanfaat pula bagi pencegahaan ataupun pengobatan bagi penderita depresi.

4. Udang sebagai sumber Omega 3
Beberapa orang yang menganggap udang sebagai sumber kolesterol jahat atau LDL yang tinggi, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak memasukan udang ke dalam menu sehat harian. Tapi tahukah anda jika udang adalah sumber omega 3 yang sangat lengkap? tentu anda sudah mengetahui manfaat omega 3 kan ? sangat penting untuk perkembangan otak.

5. Udang mengandung zat anti inflamasi
Riset membuktikan bahwa udang mengandung zat yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi. Zat anti inflamasi tersebut adalah Astaxanthin dan selenium mineral. Astaxanthin ini terdapat pada pigmen warna yang terdapat di cangkang udang. Zat tersebut sudah banyak diteliti oleh para ahli dan ditemukan bahwa zat ini sangat berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

6. Udang sebagai sumber makanan kaya protein
Udang merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi sumber protein yang sangat baik. Kandungan protein di dalam udang bahkan menjadikan udang masuk ke dalam sepuluh besar makanan paling sehat di dunia. Dan, udang mengandung protein yang tidak hanya dapat mencuupi kebutuhan tubuh tetapi juga memiliki kualitas protein yang sangat bagus. Kegunaan protein tentu sangat banyak. Pertumbuhan kuku, rambut maupun untuk meningkatkan massa otot.

7. Udang dapat meningkatkan afsu makan
Jika anda merasakan kurang berselara makan, disarankan untuk mengkonsumsi udang. Kenapa? Ini karena udang yang mengandung banyak protein jika dikonsumsi akan membentuk zat bernama peptida. Peptida di dalam tubuh akan merangsang pelepasan hormon yang berkaitan dengan nafsu makan yaitu hormon cholecystokinin (CCK). Jumlah CCK inilah yang mengatur tingkat nafsu makan seseorang. Dengan adanya peptida, jumlah hormon CCK dapat diatur sehingga anda pun dapat memiliki nafsu makan anda kembali.

8. Udang sebagai Obat Anemia
Udang memiliki jumlah Vitamin yang tinggi dan beragam.  Di antaranya, udang memiliki kandungan vitamin B. Tidak hanya satu jenis vitamin B saja tetapi ada juga vitamin B jenis lainnya. Vitamin B dalam udang yaitu vitamin B6, B12, Kolin, Niasin dan asam pantotenis. Kegunaan dari vitamin-vitamin B ini adalah untuk menstabilkan tekanan darah serta dapat mencegah terjadinya anemia. Bahkan mereka yang sudah diduga menderita penyakit kekurangan darah ini dapat diobati dengan konsumsi udang yang disesuaikan.

9. Udang memiliki kandungan fosfor yang tinggi
Udang yang sangat kaya manfaat ini juga memiliki khasiat untuk memperkuat tulang kita. Konsumsi udang secara rutin akan menambah kepadatan dan membuat tulang kita menjadi lebih kuat. Zat pembentuk tulang yaitu fosfor terdapat di dalam udang dengan jumlah yang tinggi. Selain tulang, fosfor juga dapat menguatkan gigi-gigi kita. Karena jika tulang kita rapuh atau terjadi pengeroposan pada tulang, kesehatan pun secara umum akan terganggu. Persendian lah yang akan sangat terasa nyeri saat kita mengalami pengeroposan tulang.

Efek Samping Konsumsi Udang

Secara umum udang tidak memiliki efek samping pada kesehatan. Hanya saja, bagi anda yang memiliki alergi pada jenis makanan laut, agar dapat berhati-hati ketika mengkonsumsi olahan udang dalam bentuk apapun. Jika perlu, ada baiknya anda membatasi jumlah konsumsi makanan dari olahan udang agar terhindar dari kambuhnya alergi.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya