Cara Membuat Manisan Cabai Kering Dengan Taburan Gula

Cara Membuat Manisan Cabai Kering Dengan Taburan Gula – Camilan Nusantara
 

Cabai umumnya digunakan sebagai bahan membuat sambal, atau sebagai tambahan cita rasa pedas pada masakan. Tahukah kamu, selain sebagai penambah citarasa pedas, ternyata cabai juga bisa diolah menjadi manisan.

Manisan cabai merupakan olahan buah cabai merah/hijau yang diawetkan dengan gula. Tujuan pemberian gula dengan kadar tinggi pada manisan cabai adalah memberikan rasa manis dan mencegah cabai supaya tidak mudah busuk. Jadi rasa manisan cabai ini tidak pedas seperti cabai aslinya. Cabai yang paling baik diolah menjadi manisan adalah cabai merah yang ukurannya besar dan dagingnya tebal.

Karena rasanya yang tidak lagi pedas, malah terasa manis dan segar ini, tak heran jika manisan cabai disukai oleh masyarakat. Tidak hanya orang tua saja. Manisnya bahkan membuat anak-anak juga suka pada manisan cabai ini. Saat ini manisan cabai juga mudah ditemukan, anda bisa menemukan manisan cabai di toko snack, toko manisan, atau swalayan di sekitar tempat tinggal anda. Tapi bagi anda yang ingin belajar membuat manisan cabai, anda bisa mencoba resep yang kami sajikan pada artikel ini.

Bahan yang dibutuhkan :
  • 250 gr Cabai merah segar
  • 500 gr gula pasir
  • 750 ml air
  • Air Kapur
  • 300 ml Larutan garam

Alat yang digunakan :
  • Pisau
  • Kompor dan pengaduk
  • Loyang/tampah
  • Baskom plastik

Cara Membuat :
  1. Pertama-tama siapkan semua bahan yang diperlukan. Kemudian ambil cabai, dan buang bagian yang rusak/busuk. Kemudian cuci cabai dengan air mengalir sampai bersih, lalu  tiriskan.
  2. Setelah kering belah cabai secara membujur dan buang bijinya, karena bagian inilah yang membuat rasa pedas pada cabai.
  3. Rendam cabai dalam air garam selama 6 – 12 jam. Penggaraman ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa rasa pedas. Lalu angkat dan tiriskan.
  4. Lalu cuci cabai sampai bersih dengan air mengalir.
  5. Rendam cabai dalam air kapur selama 10  menit agar cabai tidak rapuh. Sambil menunggu, masaklah air dengan gula pasir, lalu aduk hingga rata dan mengental. Angkat dalam keadaan panas.
  6. Tiriskan dan cuci kembali cabai yang telah di rendam dalam air kapur. Lalu masukkan cabai kedalam larutan gula dalam keadaan panas. Hal ini bertujuan agar manisnya meresap.
  7. Angkat dan biarkan semalam direndam dalam larutan gula.
  8. Kemudian jemur cabai di bawah terik matahari sampai manisan cabai benar-benar kering.
  9. Angkat cabai yang telah kering, dan beri taburan gula. Manisan cabai lezat siap untuk dinikmati.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya