Manfaat Mengosumsi Sayur-Sayuran Secara Rutin Untuk Kesehatan

Manfaat Mengosumsi Sayur-Sayuran Secara Rutin Untuk Kesehatan - Camilan Nusantara


Salah satu cara paling sederhana yang dapat anda lakukan untuk membuat hidup lebih sehat adalah dengan banyak mengkonsumsi sayuran, selain dapat melindungi anda dari beberapa penyakit kronis semacam kanker, jantung dan stroke.

Sayuran merupakan bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang memiliki kandungan air tinggi, beberapa diantara sayuran tersebut ada yang dapat dikonsumsi langsung tanpa dimasak, Namun, ada juga yang memerlukan proses pengolahan terlebih dahulu seperti direbus, dikukus untuk memaksimalkan kandungan gizi yang terdapat didalamnya atau untuk menambah cita rasa dari sayuran tersebut.

Sayuran merupakan sumber penting dari banyak nutrisi, termasuk didalamnya potasium, asam polat, serat makanan, vitamin A, vitamin E, vitamin C dan antara satu sayuran dengan sayuran lainnya tentu saja memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang berbeda. Anda bisa mengolah sayuran dengan berbagai cara seperti di jadikan sop, atau di tumis, dan lain sebagainya. Namun tak hanya itu, anda juga bisa mengolah sayur menjadi camilan seperti keripik sayur yang enak dan gurih. Walau sebagian orang tidak  menyukai sayur, namun ketika diolah menjadi keripik, pasti tidak ada yang menolah kelezatan keripik sayur tersebut. Lantas apa saja manfaat yang akan kita dapatkan dengan mengosumsi sayur-sayuran? Simak ulasan berikut.

Mengurangi stres

Dengan kandungan nutrisinya, Sayuran dapat menstimulasi berbagai jenis hormon dan kelenjar di dalam tubuh kita sehingga merangsang mood anda untuk selalu merasa senang dan bahagia.Sayuran dan buah-buahan yang dapat mencegah stres antara lain; ubi, sayurah hijau, tomat, cer, labu, jamur, paprika, buncis, kacang merah, bit, pisang dll.

Memperlancar pencernaan

Buang air besar atau BAB adalah proses pembuangan sisa-sisa makanan yang telah diserap tubuh, namun adakalanya proses ini terhambat karena faktor gaya hidup dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah seperti ini sayuran dan buah-buahan berguna untuk memberikan asupan serat pada organ pencernaan kita.Sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi antara lain; bayam, kubis, wortel, pepaya, kacang-kacangan dll.

Mencegah Penyakit Jantung & Kanker

Penyakit serangan jantung dan kanker bisa dikatakan sebagai dua penyakit mematikan di dunia, selain disebabkan pola hidup yang tidak sehat, penyakit ini dapat disebabkan juga oleh beban kerja yang terlalu berat.Sebelum terserang penyakit ini tidak ada salahnya kita melakukan pencegahan dengan banyak mengkonsumsi sayuran untuk meminimalisir penyakit ini menyerang kesehatan kita.Sayuran terbaik untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker adalah lobak, labu dan jamur, bisa juga paprika merah dan bayam yang berguna untuk melemahkan benih kanker dalam tubuh seseorang.

Mempertahankan Berat Badan Seimbang

Jika ingin menyingkirkan masalah berat badan atau kamu sedang menjalani program diet, sangat dianjurkan mengkonsumsi banyak sayuran selain buah-buahan. Karena sayuran dan buah-buahan kaya sumber serat yang bebas lemak dan rendah kalori, sehingga dapat membantu mengatasi masalah obesitas.
Menyantap sayuran adalah cara terbaik untuk mendapatkan energi dan membuat tubuh sehat dan langsing, sayuran tidak membuat orang gemuk, melainkan membuat orang lebih energik dan aktif dalam kegiatan keseharian, sayuran juga membuat tubuh kita lebih ringan daripada kita mengkonsumsi daging. Sayuran dan buah-buahan dengan kandungan energi tinggi antara lain; kentang, beras merah, kacang-kacangan dan pisang.

Membersihkan Racun Dalam Tubuh (Detoksifikasi)

Mengkonsumsi sayuran adalah cara terbaik untuk menghilangkan efek polusi di dalam tubuh kita yang memang secara alami menetralisir racun dalam organ dalam melalui proses yang dinamakan detoksifikasi.Nah, untuk membuat proses ini bisa berjalan sempurna, selain dengan tidur yang sempurna 7-8 jam sehari dan banyak minum air putih juga dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.Namun sayuran juga harus dilindungi dari pencemaran itu sendiri untuk memberikan gizi yang diperlukan oleh tubuh kita, contohnya mencuci sayuran sebelum di konsumsi untuk menghindari zat-zat kimia berbahaya yang mungkin terkandung di bagian luar sayuran dan buah-buahan.Sayuran, buah-buahan dan jenis makanan lain terbaik untuk detoksifikasi adalah; selada air, kubis, bawang putih, brokoli, jahe, rumput laut, kunyit, serai, lemon, rumput laut dan jeruk bali.

Mencegah Kelahiran Bayi Cacat

Sayuran juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan Ibu selama masa kehamilan dan juga mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat, asam folat sayuran memberikan sumber zat besi terbaik seperti yang terkandung dalam kacang-kacangan dan sereal.Singkatnya adalah, ketika seorang Ibu diet sayuran sehat selama masa kehamilan maka sama dengan membantu kesehatan janin, nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil diantaranya Vitamin B12, asam lemak omega 3 , vitamin D dan asam folat. Sedangkan sayuran dan buah-buahan dengan kandungan asam folat tinggi antara lain; bayam, brokoli, selada, seledri, lobak, bunga kol, kubis, kecambah, paprika hijau, jeruk, tomat, pepaya.
Untuk membuat janin sehat anda bisa kombinasikan asupan gizi dengan makanan yang mengandung nutrisi lain seperti yang telah disebutkan sebelumnya (vitamin B12, asam lemak omega 3 , vitamin D).

Menjaga Kesehatan Mata

Berlama-lama di depan layar monitor baik itu smartphone, laptop maupun televisi dapat berdampak buruk terhadap kesehatan mata. Mengkonsumsi sayuran seperti wortel, alpukat, blueberry, bayam dan brokoli memberikan nutrisi untuk mata anda sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit seperti katarak, rabun dan lain sebagainya.

Menyehatkan Kulit

Banyak sayuran mengandung air 85% sampai 95%, yang membantu melembabkan kulit dan mengurangi keriput. Dan fitonutrien yang ditemukan di semua sayuran dapat mencegah penuaan dini dengan mencegah kerusakan sel dari stres, matahari, polusi dan racun lingkungan lainnya. Menurut studi, sayuran berwarna cerah merah dan oranye seperti tomat, wortel dan brokoli mengandung beta karoten yang dapat memberikan cahaya yang sehat karena melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Demikian pula, lycopene, yang ditemukan dalam sayuran berwarna merah seperti tomat, juga berguna sebagai tabir surya alami.

Memperkuat Tulang

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan nutrisi lebih untuk kesehatan tulang, perlu diingat bahwa beberapa jenis sayuran juga memiliki kandungan kalsium tinggi yang sama seperti susu.Sedangkan tulang orang yang sudah lanjut usia pun menjadi lemah sehingga mereka juga perlu nutrisi lebih. Sayuran kaya akan vitamin C dan kalsium yang membantu untuk mencegah masalah penglihatan termasuk risiko katarak, memperkuat tulang dan gigi. Sayuran juga membantu dalam mengurangi keropos tulang.Sayuran yang baik untuk kesehatan tulang antara lain; sayuran-sayuran berwarna hijau gelap seperti sawi hijau, lobak hijau, kangkung, bayam, brokoli dan kacang hijau yang memiliki kandungan kalsium dan vitamin K.

Menu Makanan Sehat

Sebagai contoh, Diet dengan sayuran adalah keseluruhan cara terbaik untuk tetap sehat. Jika diet harian Anda berbasis makanan dan daging maka akan memberikan satu atau gangguan kesehatan lainnya. Di sisi lain jika Anda menggunakan sayuran seperti bawang, tomat, bawang putih dan kembang kol. Anda berarti telah mengambil pola makan nabati yang baik, lezat dan sehat.
Bila mengkonsumsi dijalankan secara rutin Manfaat Sayuran bagi tubuh terasa dalam jangka panjang, untuk menjaga kesehatan tubuh selain mengkonsumsi sayuran. Kita juga dapat mengkonsumsi buah-buahan dan menghindari makanan instan selain juga berolahraga secara rutin.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya