Trik Membuat Keripik Singkong Lebih Renyah Dan Awet

Trik Membuat Keripik Singkong Lebih Renyah Dan Awet – Camilan Nusantara



Keripik adalah salah satu makanan yang sudah sangat dikenal luas di Indonesia bahkan hingga luar negeri, keripik memang merupakan makanan yang di oleh dengan bumbu tertentu dan ada juga yang memang original, dan dengan cara di goreng, selain itu keripik juga lebih banyak di jual dengan berbagai bentuk yang memiliki bentuk tipis, itu adalah cirri khas keripik yang ada karena jika diameter nya terlalu tebal akan membuat keripik tersebut tidak akan matang dengan sempurna atau kurang renyah. 
Kita seringkali mencoba membuat keripik sendiri dirumah, misalnya saja keripik singkong. Seringkalikeripik singkong yang kita hasilkan kurang renyah dan mudah melempem. Karena hasil yang kurang memuaskan itu kita seringkali bertanya-tanya, “sebenarnya apa yang kurang dari cara masak ku yaa?”. Nah.. untuk membantu memperbaiki keripik singkong sahabat camil, kami akan memberikan trik membuat keripik singkong lebih renyah dan awet. 

1. Irisan Singkong Harus Sangat Tipis
Semakin tipis singkong yang kita iris bisa membuat hasil keripik singkong kita nanti menjadi lebih crispy. Untuk memudahkannya, anda bisa menggunakan peeler yang biasa Anda pakai untuk mengupas kentang atau wortel. Atau, sekarang banyak beredar alat pengiris di pasaran. Supaya irisan singkong bisa tipis, singkong jangan ditekan saat diiris. Semakin ditekan, hasil irisan singkong anda akan semakin tebal. 

2. Rendam Singkong Menggunakan Kapur Sirih
Supaya rasanya nanti lebih renyah. Rendamlah singkong yang sebelumnya telah diiris menggunakan air kapur sirih. Caranya, larutkan 1 sendok teh air kapur sirih dan 1 sendok teh garam dalam 750 ml air. Masukkan irisan singkong kedalam air. Dan diamkan selama 15 menit lalu cuci hingga bersih. Lalu tiriskan.

3. Gunakan Minyak Yang Banyak Saat Menggoreng
Setelah di rendam dengan air kapur sirih. Goreng singkong dalam minyak yang panas dan sangat banyak sehingga singkong bisa terendam seluruhnya. Perlu diingat, sebaiknya menggoreng singkong jangan langsung banyak. Masukkan singkong secukupnya agar keripik singkong bisa maksimal renyahnya. Masukkan irisan singkong ke dalam minyak panas lalu goreng dengan api sedang. Dengan begini, keripik singkong bisa matang, renyah, dan kering.

4. Bumbui Keripik Singkong
Sebelum anda membumbui keripik singkong, pastikan singkong yang telah anda goreng sebelumnya benar-benar dingin dan sudah ditiriskan. Setelah itu baru anda bisa membumbui keripik singkong anda dengan aneka macam rasa sesuai selera. Anda bisa menggunakan bumbu keripik singkong yang banyak dijual dipasaran. Taburkan pada keripik singkong dengan cara mengocoknya bersama di dalam plastik besar. Dan jangan mengocoknya terlalu keras karena bisa mengakibatkan keripik singkong buatan anda remuk. 

5. Simpan Keripik Singkong
Setelah semua proses selesai, tinggal simpan keripik singkong dalam toples kedap udara supaya tidak mudah ayem/melempem. Keripik singkong pun bisa disajikan berhari-hari dan jadi stok camilan favorit keluarga di rumah.



Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya