Resep Keripik Singkong Sambalado Lezat Untuk Usaha

Resep Keripik Singkong Sambalado Lezat Untuk Usaha – Camilan Nusantara


Keripik adalah salah satu makanan yang sudah sangat dikenal luas di Indonesia bahkan hingga luar negeri, keripik memang merupakan makanan yang di oleh dengan bumbu tertentu dan ada juga yang memang original, dan dengan cara di goreng, selain itu keripik juga lebih banyak di jual dengan berbagai bentuk yang memiliki bentuk tipis, itu adalah cirri khas keripik yang ada karena jika diameter nya terlalu tebal akan membuat keripik tersebut tidak akan matang dengan sempurna atau kurang renyah.

Salah satu keripik yang yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah keripik singkong. Keripik singkong memiliki daya tarik tersendiri untuk membuat orang yang memakan nya merasa ketagihan untuk terus memakan nya, oleh karena itulah cukup banyak orang yang membuka usaha keripik singkong, entah itu keripik singkong yang di jual kiloan hingga dengan kemasan yang menarik, tentu keripik singkong yang memiliki kemasan yang bagus harga jual nya lebih mahal.

Bahkan keripik singkong ini ada yang di jual di pinggir jalan menggunakan gerobak hingga usaha yang memang dibuat sedemikian rupa agar keripik singkong terlihat lebih bagus dan berkelas untuk dijual, semua nya memang tergantung dari target market para pengusaha itu sendiri, apakah kelas menengah ke bawah atau kelas menengah ke atas.

Untuk mendapatkan keripik singkong yang enak dan gurih, hal pertama yang harus anda lakukan atau anda pelajari adalah dalam memilih jenis singkong yang akan anda olah menjadi keripik singkong, ada banyak sekali jenis singkong yang bisa di olah menjadi keripik singkong, seperti singkong mentega, singkong gajah dan lain sebagainya, setiap singkong memiliki spesifikasi dan rasa yang berbeda-beda, bahkan ada singkong yang memiliki racun jika tidak di olah terlebih dahulu untuk menghilangkan racun nya.

Namun singkong yang paling bagus untuk membuat keripik singkong adalah singkong mentega karena rasa nya yang enak, manis, dan tekstur nya empuk ketika di makan, jadi tidak heran jika banyak orang yang mencari singkong jenis ini karena selain untuk keripik, singkong ini enak untuk di makan dalam keadaan di rebus atau digoreng dan dibuat tape.

Untuk itu anda harus bisa memilih jenis singkong yang akan anda gunakan untuk membuat keripik singkong terlebih dahulu, selain jenis nya, anda harus bisa memilih singkong yang masih segar dan bagus agar hasil dari keripik singkong yang anda buat tetap bagus dan enak. Ciri-ciri singkong yang bagus adalah ketika kulit singkong dikupas, daging singkong masih berwarna putih mulus dan tidak ada brecak garis berwarna biru atau lain nya.

Baiklah, kali ini untuk bisa membuat keripik singkong yang enak, gurih dan lezat tentu nya anda membutuhkan resep membuat keripik singkong renyah, sehingga berikut ini kami akan mengulaskan Resep keripik singkong renyah untuk membantu anda membuat keripik singkong di rumah.

Bahan- Bahan Yang Dibutuhkan :
Singkong 500 gram, kupas kulitnya dan iris tipis
1 sdt Garam halus
750 ml Air bersih
1 sdt Air kapur sirih

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu sambalado :
Bawang merah 5 butir, umbuk kasar
Cabai merah besar 5 buah, tumbuk kasar
Cabai merah keriting 5 buah, tumbuk kasar
Daun salam 2 lembar
Garam halus 1 sdt
Gula pasir 50 gram
Air asam jawa 1 sdm. Terbuat dari ½ sdt asam jawa dan 2 sdm air bersih kemudian larutkan.
Minyak goreng 3 sdm atau secukupnya untuk menumis
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng keripik singkong

Cara Membuat  :

  1. Rendam singkong yang telah di iris tipis ke dalam larutan air kapur sirih, garam halus, dan air. Diamkan selama 15 menit kemudian cuci bersih singkong menggunakan air bersih dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng singkong. Goreng menggunakan minyak yang benar – benar panas hingga matang dan kering lalu angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan minyak secukupnya untuk menumis bumbu, masukkan bawang merah, cabai merah besar dan cabai merah keriting, daun salam, serta garam. Tumis sampai harum kemudian tambahkan gula pasir dan air asam jawa. Aduk sampai mengental.
  4. Selanjutnya masukkan singkong yang telah Anda goreng tadi ke dalam tumisan sambalado, aduk sampai semua bahan tercampur rata lalu angkat.
  5. Keripik singkong sambalado siap dikemas.

Itulah tadi cara membuat keripik singkong sambalado sederhana yang bisa Anda coba di rumah untuk camilan saat santai maupun untuk acara. Tidak sulit bukan untuk menghasilkan keripik singkong dengan cita rasa yang lezat di rumah ? Jika Anda penggemar masakan yang pedas, Anda bisa menambahkan jumlah cabai yang digunakan sebagai bahan bumbu sambalado. Penyimpanan keripik singkong sambalado usahakan menggunakan tempat yang tertutup rapat agar keripik singkong tetap renyah. Selamat Mencoba.



Baca Juga :

1. Daftar harga aneka snack UD Camilan Nusantara
2. Grosir Keripik Ceker Surabaya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya