Ketahui Cara Mengolah Kacang Denga Benar Berikut Ini

Ketahui Cara Mengolah Kacang Denga Benar Berikut Ini – Camilan Nusantara


Kacang tanah kerap diolah menjadi berbagai hidangan mulai dari saus kacang, selai, hingga campuran dessert dan minuman. Bahkan, kacang tanah juga sering disajikan sebagai camilan saat hari besar seperti saat Hari Raya Idul Fitri. Selain lezat, salah satu kelebihan kacang tanah terletak pada kandungan nutrisinya yang melimpah. Di dalam segenggam kacang tanah terkandung lemak tak jenuh, protein, dan serat yang baik untuk pencernaan. Tak heran, banyak orang khususnya kaum Hawa yang memanfaatkan kacang tanah sebagai menu diet.

Meski terbilang mudah diolah menjadi berbagai sajian lezat, ternyata diperlukan teknik khusus untuk memilih dan mengolah kacang tanah agar lebih nikmat saat disantap. Selain meningkatkan cita rasa, proses pengolahan yang benar juga dapat melindungi nutrisi kacang tanah dari kerusakan.

Menurut Petty Elliot, chef asal Manado yang telah malang melintang di industri kuliner internasional, salah satu trik mudah untuk memilih kacang berkualitas adalah memperhatikan tampilan fisik serta teksturnya. Kacang tanah yang segar umumnya memiliki tampilan biji yang gemuk dan tak ada noda di permukaannya.

“Kacang kalau ada warna coklat atau kadang hitam pasti sudah enggak bagus. Kacang yang sudah menciut terus ada warna coklat-coklat kehitaman pasti sudah tua dan enggak fresh,” terangnya kepada kumparanFOOD.

Selain tampilan bijinya, warna dan tekstur kulit juga dapat menjadi tolak ukur kualitas kacang tanah. Chef satu ini juga menyebutkan, meski kulitnya terlihat bersih, sebelum membeli kacang tanah hendaknya memeriksa dengan teliti bercak di permukaan kulitnya. Bercak tersebut menandakan bahwa kacang tanah telah disimpan dalam waktu lama dan cenderung agak busuk, sehingga akan menghasilkan rasa pahit pada sajian.

Tak hanya pemilihan kacang yang harus diperhatikan, pengolahannya pun perlu diperhatikan agar kelezatan dan nutrisi di dalam kacang tanah tidak hilang atau rusak. Menurut chef Petty, salah satu trik pengolahan kacang yang paling sehat adalah dengan cara dipanggang atau disangrai.

Namun sayangnya, banyak orang yang kerap mengolah kacang tanah dengan cara digoreng. Padahal, menggoreng kacang hanya akan membuat kandungan nutrisinya hilang. Proses menggoreng kacang tanah dengan banyak minyak juga membuat kacang lebih mudah tengik bila disimpan terlalu lama.
“Saya cenderung menyangrai kacang sampai kecoklatan. Disangrai bisa seminggu dua minggu disimpan dalam toples tetap renyah,” ujar chef Petty.

Sejalan dengan chef Petty, dr. Jovita Amelia, SP. GK, dokter spesialis gizi menjelaskan bahwa memanggang kacang dapat menjadi salah satu cara pengolahan paling sehat untuk mempertahankan nutrisi di dalamnya. Selain itu memanggang kacang akan melepaskan minyak esensialnya yang dapat menyebabkan kacang menjadi lebih wangi dan beraroma daripada kacang mentah. Berikut metode-metode yang bisa Anda lakukan untuk memanggang kacang.

Pertama pastikan bahwa kacang tanah benar-benar bersih sebelum dimasak. Kami menyarankan untuk mencuci kacang tanah hingga benar-benar bersih dari kotoran atau bakteri jahat yang dapat mengganggu kesehatan, khususnya pada saluran pencernaan. Setelah bersih kacang baru bisa di panggang dengan beberapa cara berikut.

Menggunakan microwave
Sebar kacang di atas pinggang tahan panas lalu masukkan ke dalam microwave. Panggang selama 1 menit dengan panas tinggi atau sampai kacang menjadi renyah, memiliki rasa dan aroma panggang yang wangi. Waktu yang diperlukan untuk memanggang kacang bervariasi tergantung pada jenis kacang.
Warna kacang yang dihasilkan tidak secoklat kacang panggang yang dipanggang dengan oven atau di wajan. Tetapi cara ini membantu Anda mendapatkan kacang panggang saat terburu-buru atau tidak ingin mengotori wajan atau memanaskan oven untuk pekerjaan sederhana.

Menggunakan kompor
Panaskan wajan berukuran besar di atas kompor dengan nyala api sedang-tinggi. Ketika wajan panas, masukkan kacang. Jangan menambahkan minyak atau cooking spray karena kacang sendiri memiliki cukup minyak untuk memasak. Aduk  kacang sesering mungkin dengan spatula sampai kacang berubah warna menjadi cokelat keemasan dan beraroma lezat. Matikan kompor dan segera pindahkan ke tempat lain karena kacang masih akan terus masak jika dibiarkan di wajan.

Menggunakan oven
Metode ini sering digunakan untuk memanggang kacang dalam jumlah banyak. Kacang disebar di atas loyang tanpa menumpuknya. Panaskan oven sampai suhu 175 derajat Celsius, masukkan loyang berisi kacang ketika oven telah panas. Aduk kacang beberapa kali untuk memastikan pemanasan merata, kalau perlu putar posisi loyang.
Waktu yang diperlukan untuk memanggang kacang tergantung jenis dan ukurannya. Jika menggunakan kacang campuran, waktu yang diperlukan sekitar 15-20 menit, namun sebaiknya memeriksa lebih sering untuk memastikan apakah telah matang.

Menguliti kacang
Jika Anda ingin menguliti kacang yang telah dipanggang seperti kacang tanah atau hazelnut, biarkan dingin terlebih dahulu selama beberapa menit. Letakkan kacang di handuk dapur yang bersih dan kering. Gosok secara cermat dengan handuk sehingga kulit akan terkelupas dengan sendirinya.

Dan, untuk menambah cita rasa kacang tanah, penambahan bumbu seperti garam bisa dilakukan selama jumlah garam yang digunakan masih sesuai batas yang disarankan. Penambahan garam yang berlebihan, selain membuat cita rasa kacang menjadi kurang sedap, juga akan berpengaruh pada kenaikan tekanan darah. Semoga bermanfaat.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya