Rabu, 01 Mei 2019

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Ringan

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Ringan – CAMILAN NUSANTARA


Makanan ringan, camilan, atau kudapan adalah istilah-istilah yang biasa digunakan dan didengar untuk menyebutkan makanan yang dimakan untuk dinikmati rasanya atau untuk mengganjal rasa lapar. Seperti yang sudah banyak diketahui, penikmat makanan ringan ini tidak hanya berasal dari satu kalangan saja, tetapi juga berasal dari seluruh kalangan masyarakat. Anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, perempuan, laki-laki, sangat menggemari makanan ringan.

Makanan ringan biasa dilihat sebagai sajian di berbagai kesempatan seperti ketika sedang berkumpul, nongkrong, menonton, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Maka tidak diragukan lagi apabila bisnis makanan ringan ini memiliki peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Ditambah lagi dengan begitu banyaknya ragam dan jenis dari makanan ringan, membuat peluang untuk memulai bisnis ini menjadi semakin terbuka lebar.

  • Tips Bisnis Makanan Ringan

Untuk yang berminat memanfaatkan kudapan sebagai ide memulai bisnis, perlu dilakukan terlebih dahulu persiapan sebelum menjalankan ide bisnis ini. Beberapa diantaranya adalah melakukan perencanaan, riset dan analisa pasar untuk mengetahui camilan apa yang permintaan pasarnya cukup tinggi tetapi memiliki produsen terbatas. Hal ini perlu dilakukan untuk membuka peluang bisnis yang lebih besar. Selain itu, berikut beberapa Tips Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Ringan.

  • Buatlah Snack Dengan Kualitas Yang Baik

Makanan ringan yang akan dijual harus memiliki kualitas yang baik, entah itu dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan maupun segi pengemasannya. Bahan yang digunakan haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Cara pengolahannya pun harus sesuai aturan, misalnya menggoreng camilan dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala. Kemudian kemas makanan ringan dengan menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

  • Berinovasi Pada Produk Maupun Cara Pemasarannya

Pemenang bisnis makanan ringan merupakan pengusaha yang selalu berinovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Jadi tidak masalah produk yang dijual sudah ada di pasaran, asalkan produk yang dijual tersebut berbeda secara inovasi dengan produk yang sudah beredar.

  • Ciptakan “Relationship” Dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas

Layani pelanggan dengan sangat baik dan bijaksana, tidak peduli kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Ciptakan kesan yang mendalam kepada pelanggan, dengan senyum dan sapa yang ramah, bukan hanya sekedar kata-kata. Sehingga pelanggan akan dengan senang hati berkunjung kembali. Selain itu manfaatkan media sosial untuk melakukan branding makanan ringan yang dijual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan pelanggan, sebab hal ini akan memberikan dampak positif, seperti promosi gratis dari mulut ke mulut oleh pelanggan. Promosi dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif untuk menjaring pelanggan lain serta meningkatkan penjualan.

  • Jalin Kerjasama Dengan Berbagai Perusahaan

Kerjasama adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pendapatan. Jika produk sudah memiliki standar yang baik, maka jangan ragu untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan besar. Tidak hanya perusahaan, cobalah untuk kerjasama dengan pemerintah, perusahaan ekspor impor ataupun perusahaan lain. Dengan begitu, pelanggan dan jangkauan pasar dapat lebih luas. Dan memberikan keuntungan lebih besar.

  • Tentukan Strategi Penjualan Yang Cocok Dengan Segmen Pasar Yang Diincar

Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan usaha kedepannya. Membangun strategi penjualan yang tepat dan mampu membaca pasar untuk meningkatkan penjualan sangatlah penting untuk dilakukan. Seperti: memberi diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk secara gratis kepada masyarakat di area yang menjadi pangsa pasar.

  • Visioner, Think Big, Think Positive


Selalu berpikir ke depan dan menyeluruh serta berpikiran positif harus ditanamkan dalam jiwa dan pikiran seorang pebisnis. Dalam menjalankan bisnis pasti akan selalu dituntut untuk melayani pelanggan dengan sangat baik. Sehingga pikiran yang jernih akan membantu berfikir kedepan dengan tenang. Jauhkan pikiran sempit dan negatif karena apa yang dipikirkan dapat menjadi kenyataan, sehingga sangat penting untuk selalu berpikir secara positif.



Baca Juga :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar