Macam-Macam Jenis Buah Nangka Dan Manfaatnya

Macam-Macam Jenis Buah Nangka Dan Manfaatnya - Camilan Nusantara


Nangka ialah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya ialah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit. Buah nangka atau jack fruit ialah buah yang tidak kenal musim. Artinya buah nangka ini tersedia sepanjang tahun meskipun ada ketika tertentu jarang ditemukan tetapi tetap ada dipasaran. Beda dengan durian yang ada hanya ketika musimnya.
Nangka mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dan sebagai antioksidan, vitamin sangat baik dalam menjaga imun tubuh. Jika kekebalan badan baik, tidak akan gampang terjangkit penyakit. Buah nangka juga membantu menangkal radikal bebas yang sanggup menumpuk di dalam badan dan memicu timbulnya kanker.
Pemanfaatan nangka lebih banyak untuk sayuran. Anda tentu kenal kuliner gudeg yogya yang materi utamanya ialah buah nangka atau gori. Banyak sekali jenis nangka yang kadang orang tidak tahu. Ada jenis yang hanya nikmat kalau dimakan sebagai buah dan tidak yummy kalau disayur. Di Indonesia lebih dari 30 kultivar di Jawa terdapat lebih dari 20 kultivar.

Berdasarkan fisik pohon dan ukuran buah nangka terbagi dua golongan yaitu pohon nangka buah besar dan pohon nangka buah mini.

1) Pohon nangka buah besar: tinggi mencapai 20-30 m; diameter batang mencapai 80 cm & umur mulai berbuah sekitar 5-10 tahun.

2) Pohon nangka buah kecil: tinggi mencapai 6-9 m; diameter batang mencapai 15-25 cm & umur mulai berbuah sekitar 18-24 bulan.

Sedangkan jenis nangka menurut kondisi daging buah nangka sanggup dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:
  • Buah nangka bubur: daging buah tipis, lunak agak berserat, beraroma keras gampang lepas dari buah.
  • Buah nangka salak: daging buah tebal, agak kering aromanya kurang keras. (nangka celeng dan nangka belulang).
  • Buah nangka cempedak: daging buah tipis, liat dan beraroma harum spesifik.

Jenis Varietas-varietas nangka yang banyak ditanam di Indonesia yaitu:
  • Buah nangka bilulang/nangka celeng,
  • Buah nangka cempedak,
  • Buah nangka dulang,
  • Buah nangka kandel,
  • Buah nangka kunir,
  • Buah nangka merah,
  • Buah nangka salak,
  • Buah nangka mini,
  • Buah nangka misin.

Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan

1. Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung alasannya ialah sanggup menurunkan tekanan darah.
2. Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
3. Akar ialah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata sanggup membantu untuk mengontrol asma.
4. Salah satu manfaat kesehatan dari nangka ialah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.
5. Manfaat kesehatan dari nangka untuk tulang. Buah ini baik untuk belum dewasa muda dalammenjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah badan dari gangguan tulang menyerupai osteoporosis.
6. Manfaat gizi dari nangka ialah sumber makanana yang kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan badan dan melindungi dari bisul basil dan virus.
7. Dengan phyto-nutrisi dan vitamin C, nangka mempunyai sifat anti kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini sanggup menjauhkan Anda dari ancaman kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah badan dari penyakit degeneratif.
8. Gula alami menyerupai fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka sanggup meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.
9. Nangka sanggup menyembuhkan borok dan gangguan pencernaan. Buah berserat tinggi ini mencegah sembelit dan memperlancar gerakan usus.
10. Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata menyerupai degenerasi makula dan rabun senja.



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya