Khasiat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesahatan Dan Kecantikan

Khasiat Buah Jambu Biji Merah Untuk Kesahatan Dan Kecantikan - CAMILAN NUSANTARA


Jambu biji (Psidium guajava) adalah jenis guava atau jambu biji yang paling umum. Psidium guajava sendiri dari beberapa varietas, yang paling umum ditemukan di Indonesia adalah jambu biji putih dan jambu biji merah. Manfaat jambu biji merah dipercaya lebih banyak jika dibandingkan dengan jambu biji putih.

Buah jambu biji merah mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Beberapa yang kandungannya cukup tinggi adalah vitamin A, vitamin C, asam folat, vitamin B6, vitamin B3, kalium, mangan. magnesium, dan tembaga. Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji merah bahkan lebih tinggi daripada jeruk. Jambu biji merah juga merupakan buah yang tinggi serat.

Manfaat jambu biji merah bagi kesehatan

1. Mencegah kanker
Manfaat dari buah jambu biji merah adalah untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah jambu biji merah mengandung kalori dan lemak rendah. Selain itu kandungan vitaminnya juga cukup tinggi di dalam buah jambu merah. Kandungan antioksidan dalam buah jambu biji merah juga efektif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker secara signifikan jika anda mengonsumsinya secara rutin.

2. Melancarkan pencernaan
Selain antioksidan kandungan lainnya yang ada di dalam buah jambu biji merah namun di dalamnya juga mengandung serat larut sebanyak 5,4 gram dalam setiap buahnya. Serat inilah yang kemudian mampu melancarkan pencernaan dan menghindarikan terjadinya penumpukan kotoran di dalam usus. Selain itu serat juga berfungsi dalam melindungi membrane usus dari ikatan zat kimia yang berbahaya dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. zat kimia itulah yang disinyalir menjadi penyebab kanker.

3. Menjaga fungsi saraf dan otak
Dengan mengonsumsi secara rutin buah jambu biji merah itu berarti anda juga sedang berusaha menjaga fungsi saraf dan otak anda. Hal ini dikarenakan jambu biji merah mengandung vitamin B3 dan vitamin b6 yang mampu merangsang kinerja otak. Vitamin B6 atau yang juga dikenal dengan istilah pyridoxine ini juga berfungsi sebagai pelancar aliran darah dan dapat memberikan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan saraf.

4. Menangkal radikal bebas
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kandungan vitamin C dalam buah jambu biji merah ini sangatlah tinggi dan bisa dijadikan sebagai antioksidan alami dalam tubuh. antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas dengan sangat efektif. Radikal bebas yang berkembang saat ini dari lingkungan sangatlah mengkhawatirkan misalnya saja dari berbagai jenis polusi, seperti asap rokok, asap kendaraan, sinar UV berlebihan dan masih banyak lagi lainnya.

5. Mengendalikan tekanan darah
Kandungan senyawa elektrolit yang bernama kalium di dalam buah jambu biji merah juga sangat baik bagi tubuh. kalium mampu membantu mengendalikan tekanan darah tinggi akibat dari adanya reaksi natrium. Jadi jika anda merasa memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi maka anda sangat disarankan untuk mengonsumsi buah yang mengandung kalium tinggi salah satunya adalah buah jambu biji merah. Buah lainnya yang mengandung kalium adalah pisang dengan kadar kalium yang setara dengan yang ada di dalam buah jambu biji merah. Penyakit hipertensi tidak boleh disepelekan yak arena itu adalah penyakit yang membunuh secara perlahan dan tidak menampakan gejala secara signifikan.

6. Menyehatkan kelenjar tiroid
Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. jika fungsi dari kelenjar ini terganggu maka juga akan bisa membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu. Untuk membantu menyehatkan kelenjar tiroid, anda bisa mengonsumsi buah jambu biji merah karena di dalamnya mengandung mineral tembaga yang sangat baik untuk kesehatan kelenjar tiroid.

7. Membantu menyerap nutrisi
Senyawa lain yang ada di dalam buah jambu biji merah adalah mangan. Mangan ini memiliki fungsi mulia yaitu sebagai pembantu dalam penyerapan nutrisi saat makanan berada di dalam usus. Kesehatan tubuh juga akan tergantung dari seberapa maksimalnya nutrisi yang diserap oleh tubuh.

8. Merelaksasi tubuh
Jika anda saat ini sedang penat dengan keseharian dan kesibukan anda pada pekerjaan cobalah untuk membuat jus jambu biji merah tanap gula lalu rebahkan tubuh anda. Tindakan kecil namun bisa membuat mood anda terbentuk kembali. Buah jambu biji merah mengandung magnesium yang mampu membuat efek rileks pada tubuh. magnesium mampu mengendurkan otot dan saraf yang tegang karena kurang istirahat dan stress. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin B6-nya yang memiliki fungsi sebagai perileks saraf.

9. Baik untuk ibu hamil
Lagi-lagi karena kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang ada di dalam buah jambu biji merah membuat buah jambu biji merah sangat baik dikonsumsi oleh para ibu hamil. Vitamin dan nutrisi yang ada di dalam buah jambu biji merah mampu melindungi janin dan juga menjaga kesehatan ibu hamil. Anda yang saat ini sedang hamil jangan sampai lupa menambahkan buah jambu biji merah ke dalam menu harian anda karena mampu mencegah anemia dan melengkapi gizi yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Selain itu resiko diabetes saat masa kehamilan juga bisa ditekan dengan mengonsumsi buah jambu biji merah ini sehingga meskipun hamil, tubuh tetap sehat dan bugar.


Manfaat jambu biji merah untuk kecantikan

Selain untuk kesehatan, buah jambu biji merah ternyata juga sangat baik untuk menjaga kecantikan lho. Apa saja manfaatnya bagi kecantikan? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Merawat kulit wajah
Kandungan vitamin yang ada di dalam buah jambu biji merah ini sangatlah baik untuk merawat kulit wajah. Anda bisa mengambil manfaatnya dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Cara membuatnya pun sangat mudah, anda hanya harus menghaluskan buah jambu biji merah yang sudah matang bisa dengan cara ditumbuk biasa atau dengan menggunakan blender. Setelah itu campurkan denga putih telur supaya khasiatnya lebih maksimal dan supaya adonan masker menjadi lengket sehingga mudah menempel di wajah. Setelah itu oleskan masker pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Masker akan menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga kulit wajah akan menjadi lebih cerah dan terawat kembali. Setelah 20 menit anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

2. Melindungi kulit dari UV
Tahukah anda bahwa buah jambu biji merah mengandung zat likopen yang 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di dalam tomat. Likopen adalah antioksidan alami yang fingsinya melindungi kulit dari sinar UV dari sinar matahari pada siang hari sehingga kulit akan lebih terlindungi dan lebih sehat. dengan mengonsumsi jambu biji merah ini anda akan mendapatkan kulit lebih cerah dan terawat.

3. Mencegah penuaan dini
Berbagai macam jenis vitamin dan antioksidan yang ada di dalam buah jambu biji merah sangatlah bagus untuk kesehatan terutama kesehatan kulit. Dengan kandungan tersebut mampu menghalau datangnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, keriput dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. selain itu radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam kulit juga akan menghilang dengan lebih optimal.

4. Sebagai toner kulit alami
Masih berhubungan dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup tinggi membuat buah jambu biji merah dapat digunakan sebagai penyegar kulit secara alami. Elastisitas kulit akan tetap terjaga sehingga akan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti kulit kering, stretch mark, keriput, garis halus dan masih banyak lainnya. anda bisa menggunakan buah jambu biji merah sebagai ramuan herbal untuk kulit anda. Caranya adalah dengan membuat rebusan jambu biji merah dan menggunakannya untuk mencuci wajah dan lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mengatasi masalah kulit
Vitamin C di dalam jambu biji merah mampu meregenerasi kolagen, zat yang ada  di dalam kulit yang menegaskan kulit. Karena kolagen sehat dan terawatt maka berbagai masalah kulit pun bisa menjadi hilang dengan memanfaatkan buah jambu biji merah ini. jadi jika anda memiliki berbagai permasalahan kulit seperti flek hitam, jerawat, keriput, garis halus dan lainnya, jangan sungkan untuk mengonsumsi buah jambu biji merah ya.

6. Memperindah rambut
Jambu biji merah juga baik untuk kesehatan rambut karena mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin C, vitamin A, dan Vitamin B kompleks. Kandungan senyawa lainnya yang ada di dalam buah jambu biji merah seperti mangan, magnesium, kalium, serat, flavonoid dan lainnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Jadi jika anda sedang mengalami berbagai masalah rambut seperti rambut rontok, ketombe, rambut bercabang dan lainnya tidak usah sungkan mengonsumsi buah jambu biji merah ya.

Itulah manfaat dari buah jambu biji merah yang bisa anda dapatkan manfaatnya sepenuhnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Anda bisa mendapatkan buah jambu biji merah ini di pasar tradisional atau pasar swalayan modern karena saat ini buah jambu biji merah sudah banyak dijual di pasaran. Anda juga bisa mengolah buah jambu biji merah ini sesuai dengan selera anda masing-masing misalnya menjadikannya jus, salad buah, Kerupuk jambu, dan masih banyak lagi aneka olahan lainnya.



Baca Juga :


Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya