Jumat, 05 April 2019

Cara Membuat Onde Onde Ketawa Yang Enak Dan Mekar

Cara Membuat Onde Onde Ketawa Yang Enak Dan Mekar - CAMILAN NUSANTARA


Onde-onde adalah makanan tradisional yang bentuknya bulat dimana di bagian luarnya terasa kenyal dan di dalamnya terdapat campuran kacang hijau dan gula merah. onde-onde dikenal luas sebagai jajanan pasar yang populer dengan khas lapisan wijen di luarnya. Makanan satu ini merupakan makanan tradisional yang terkenal di Indonesia dan biasanya banyak kita jumpai di pasar tradisional. Salah satunya adalah di Mojokerto, Jawa Timur  yang menjadikan Onde-onde ini sebagai makanan tradisional dan oleh – oleh khas Mojokerto.

Asal Usul Onde-onde
Menurut beberapa sumber sejarah yang ada, Onde-onde ini awalnya berasal dari Negeri Tiongkok. Kemudian dibawa ke Indonesia pada masa Kerajaan Majapahit oleh laksamana dari Negeri Tiongkok yang berkunjung ke Kerajaan Majapahit. Hingga akhirnya makanan ini sering disajikan sebagai menu kue di istana dan mulai berkembang dimasyarakat majapahit pada saat itu. 

Pada awalnya Onde-onde yang dibawa dari Negeri Tiongkok itu berbeda dengan Onde-onde yang ada di Indonesia saat ini. Awalnya Onde-onde ini hanya berisi pasta gula merah saja dan rasanya manis. Namun di Indonesia sendiri Onde-onde ini kemudian dimodifikasi dengan penambahan kacang hijau sehingga memiliki rasa yang sedikit gurih dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Salah satu varian dari onde-onde adalah onde onde ketawa karena menyerupai mulut yang sedang tertawa bila dilihat dari samping atau mungkin seperti pacman. Bedanya kue goreng ini pecah merekah serta bertekstur kering dan renyah tetapi empuk. Onde-onde tertawa ini terbuat dari tepung terigu dan sama-sama bertabur gurihnya wijen di permukaannya. Namun onde-onde senyum ini tidak diberi isi seperti onde-onde aslinya. Onde-onde ketawa pecah merekah karena dibelah atau kerat saat adonan belum digoreng, semakin besar keratannya maka pecah ketawanya bisa semakin lebar mengembang. Berikut kami sajikan cara membuat onde-onde ketawa.

Bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung terigu 250 gram
  • Baking powder Double Acting 1/2 sdt
  • Gula pasir 75 gram
  • Margarin 25 gram
  • Telur 2 butir
  • Vanili 1/2 sdt
  • Wijen 50 gram
  • Air secukupnya
  • Tambahan keju parut, bisa lebih gurih


Cara Membuat :
  1. Campurkan margarin, gula pasir dah vanili sampai lembut. Tambahkan telur lalu kocok sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, sebaiknya diayak dulu untuk mendapatkan terigu yang halus. Masukkan keju parut lalu uleni sampai adonan jadi.
  2. Selanjutnya proses membentuk adonan, olesi telapak tangan anda dengan tepung supaya tidak terlalu lengket karena adonan cukup lembek. Buatlah bentuk bulatan kecil lalu celupkan ke air dan gulingkan ke wijen sampai semua permukaan onde-onde tertutup wijen. Sedikit kibas-kibaskan agar tidak terlalu banyak wijen.
  3. Hasilnya bulatan bertabur wijen yang agak lembek tapi tidak apa-apa, hal ini dilakukan agar wijen menempel kuat. Lakukan berulang-ulang sampai adonan habis. 
  4. Siapkan wajan dengan minyak goreng yang cukup banyak. Panaskan dengan api sedang lalu kecilkan saat minyak mulai panas. Penggunaan api kecil dengan banyak minyak dimaksudkan agar onde-onde benar-benar matang sampai ke bagian tengah. Masukkan adonan onde-onde lalu goreng sampai terlihat keemasan dan mulai pecah merekah. 
  5. Setelah matang angkat dan tiriskan. 
  6. Simpan onde-onde ditoples agar lebih awet tahan lama. Karena teksturnya yang kering dan keras, onde-onde ketawa ini bisa bertahan sampai 1 - 2 bulan tergantung tempat penyimpanan.

Tips
Satu hal yang perlu diperhatikan saat mengoreng adalah jangan terlalu banyak memasukkan onde-onde, sesuaikan saja dengan wajan yang dipakai. Adonan onde-onde ini lengket sehingga sering kali saling menempel dan merusak lapisan wijen. Jangan sampai biji wijen rontok, bukan onde-onde namanya kalau tanpa wijen.
Biasanya kita menggoreng onde-onde dalam beberapa antrian, gunakan antrian pertama sebagai percobaan. Benahi adonan yang akan digoreng selanjutnya supaya pembuatan onde-onde ketawa tidak gagal total
Jika wijen kurang menempel bisa membasahi adonan sekali lagi agar lebih melekat. 
Jika tidak bisa merekah, mau tidak mau belah adonan dengan gunting/ pisau. Belah disalah satu sisi saja dengan membuat keratan menyilang.
Jika kulit luar dan wijen terlihat gosong berarti api yang digunakan terlalu besar, kecilkan sedikit.
Jika bagian tengah kurang matang, bisa digoreng lebih lama lagi.

Resep onde onde ketawa telah selesai. Rasa dari onde-onde ini renyah dikulit luarnya dan empuk di sisi dalam dengan perpaduan rasa manis gula dan gurih keju, cocok banget disajikan saat acara arisan, lebaran, natal ataupun acara keluarga lainnya. Sekian artikel tentang cara membuat Onde Onde Ketawa yang enak dan mekar. Selamat mencoba.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar