Sabtu, 13 April 2019

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Melon Bagi Tubuh

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Melon Bagi Tubuh – CAMILAN NUSANTARA


Buah melon memang bisa jadi makanan pencuci mulut atau camilan segar saat cuaca sedang panas. Selain di jadikan makanan pencuci mulut, ternyata buah melon juga bisa dijadikan sebagai camilan looh. Yaitu keripik buah melon yang rasanya enak, gurih, dan khas buah melon. Selain enak dijadikan makanan, ternyata buah melon memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat bagi tubuh loh!  


Kandungan Gizi Buah Melon
Selain memiliki rasa yg segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yg dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti:
- Karbohidrat 14,8 gr
- Protein 1,55 gr
- Lemak 0,5 gr
- Potassium 546,9 mg
- Vitamin A 5.706,5 IU
- Vitamin C 74,7 mg

Karena banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah melon, menjadikan buah melon salah satu buah yang kaya akan manfaat. Apa saja manfaat buah melon bagi tubuh? Simak ulasan berikut ini :

1. Menjaga kulit tetap sehat
Salah satu manfaat buah melon yang hebat adalah kandungan kolagen di dalamnya yang dapat menjaga struktur sel pada semua jaringan ikat termasuk kulit. Buah ini juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit. Konsumsi melon setiap hari penting untuk mereka yang punya kulit kasar dan kering.

2. Bermanfaat untuk anti-penuaan
Manfaat buah melon dapat membantu meratakan warna kulit dan menyediakan manfaat antipenuaan berkat adanya vitamin A, B dan C. Anda dapat membuat masker wajah anti-penuaan dengan mengiris tipis melon segar. Tempatkan irisan tipis melon ini pada wajah dan kulit, diamkan selama 15 sampai 20 menit sebelum kemudian membilasnya dengan air dingin.

3. Pelembap yang baik untuk kulit
Melon memiliki sifat melembapkan yang baik untuk kulit. Anda dapat menyiapkan masker dengan mencampurkan setengah ketimun berukuruan sedang dan melon, kemudian tambahkan putih telur. Campurkan semua bahan ini dalam blender hingga menjadi pasta kental. Oleskan pada wajah, pijat dengan ujung jari Anda dan gerakan ke arah atas. Diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

4. Bermanfaat sebagai anti-kanker
Kandungan karotenoid yang tinggi dalam buah melon dapat mencegah kanker dan menurunkan risiko kanker paru-paru. Untuk memaksimalkan manfaat melon, konsumsilah buah ini secara teratur agar efektif dalam mencegah dan membunuh benih kanker yang menyerang tubuh Anda. Jadi, sertakan melon dalam diet Anda untuk mencegah penyakit mematikan ini.

5. Menyehatkan jantung
Suatu antikoagulan yang disebut adenosine yang terkandung dalam buah melon, yang dapat menghentikan pembekuan sel-sel darah yang menyebabkan stroke atau penyakit jantung. khasiat buah melon menurunkan risiko penyakit jantung dengan menghaluskan darah di dalam tubuh. Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam melon memberikan efek menenangkan yang membantu meredakan mulas.

6. Menyembuhkan penyakit ginjal
Sifat diuretik melon yang sangat baik bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit ginjal. Kombinasi melon dan lemon efektif dalam menyembuhkan encok. Dengan demikian, konsumsi melon secara teratur setiap hari di pagi hari dapat membantu dalam menjaga kesehatan ginjal.

7. Menyehatkan pencernaan
Jika Anda memiliki masalah pencernaan, Anda dapat mencoba makan melon untuk melancarkan gerakan usus halus dengan mudah. Khasiat buah melon dapat melancarkan buang air besar (BAB) karena berkan kandungan air melon yang tinggi, sementara kandungan mineral menghilangkan keasaman yang sering menyebabkan kesulitan dalam pencernaan, terutama di organ lambung.

8. Penguat energi
Kebanyakan melon mengandung vitamin B yang bertanggung jawab untuk sebagian besar produksi energi tubuh Anda. Vitamin B dibutuhkan oleh tubuh untuk memproses gula dan karbohidrat. Dengan demikian, manfaat buah melon dapat memberi Anda energi yang cukup besar.

9. Menurunkan berat badan
Seperti kebanyakan buah lain, manfaat melon ideal untuk menurunkan berat badan. Buah-buahan ini rendah sodium dan kalori serta lemak dan kolesterol bebas. Kandungan air yang tinggi dapat membuat Anda kenyang lebih lama sementara rasa manis alami mencegah Anda untuk makan makanan manis. Selain melon, semangka juga sangat baik untuk menurunkan berat badan, secangkir penuh semangka hanya menyediakan 48 kalori.

10. Mencegah rambut rontok
Kekurangan vitamin B menyebabkan kerontokan rambut. Melon kaya vitamin B seperti asam folat dan inositol, jadi khasiat melon ini dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar