Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Tubuh - CAMILAN NUSANTARA


Kapri atau kacang kapri (Pisum sativum L. ssp. sativum, suku polong-polongan atau Fabaceae) adalah sejenis tumbuhan sayur yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional Indonesia. Kapri termasuk dalam golongan sayur buah, artinya buahnya yang dimakan sebagai sayur dan tidak digolongkan sebagai buah-buahan, seperti juga tomat atau cabai. Buah ini, yang bertipe polong (legume), dipanen ketika masih muda dan bijinya belum berkembang penuh, sehingga berbentuk pipih dan masih lunak. Jika terlalu tua dipanen polong kapri berserat tebal dan tidak nyaman lagi untuk dikonsumsi.

Ada dua tipe kapri yang agak berbeda meskipun keduanya dapat dimakan polongnya secara keseluruhan. Yang pertama adalah yang berbiji pipih dan dikenal sebagai snow pea (Kelompok budidaya axiphium). Tipe ini populer di Indonesia. Tipe yang kedua adalah yang berbiji bulat dan dikenal sebagai snap pea atau sugar snap pea (Kelompok macrocarpum).

Manfaat kacang kapri untuk kesehatan tubuh

1. Menjaga berat badan ideal
Kacang polong jenis ini termasuk kacang yang rendah kalori juga tinggi gizi,Sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh,terutama untuk menurunkan berat badan,kacang kapri banyak dikonsumsi para vegetarian karena rasanya yang cukup gurih,cocok untuk tambahan karbohidrat dan juga protein nabati,Dalam menu diet kacang jenis ini bermanfaat untuk mengontrol berat badan,karena sangat rendah akan kalori.

2. Menjaga fungsi mata
Kapri termasuk sayuran hijau yang kaya vitamin,Salah satunya vitamin A,yang mana kita ketahui vitamin A memiliki manfaat untuk kesehatan mata secara menyeluruh,Secara tidak langsung jika kita gemar konsumsi kacang-kacangan jenis ini kita sudah memberikan kontribusi terhadap kesehatan mata secara menyeluruh.

3. Meningkatkan konsentrasi anak
Kacang kapri merupakan sayuran yang kecil tapi penuh manfaat Selain sumber vitamin C yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar,Kacang-kacangan jenis ini juga mengandung vitamin B kompleks dan zinc, komponen zat gizi yang membantu dalam hal meningkatkan kemampuan berkonsentrasi pada anak,Maka jangan ragu untuk konsumsi kacang jenis ini.

4. Peningkat daya tahan tubuh
Vitamin C yang mendominasi dalam kacang kapri ini berkaitan langsung terhadap daya tahan tubuh yang semakin kuat.Komponen yang ada membatu tubuh menjadi lebih kuat dari serangan virus dan bakteri penyebab batuk,flu dan pilik juga demam.

5. Baik dikonsumsi ibu hamil
Kacang jenis ini jika dikonsumsi ibu hamil sangat baik,Dikarenakan vitamin yang ada cukup berlimpah yang mampu menunjang kesehatan kehamilan secara tidak langsung,Terutama keberadaan asam folat juga zat besi.Yang mana kita ketahui jika asam folat berperan peting dalam hal kehamilan,Mineral jenis ini mampu membantu kesehatan janin dan juga menghindarkannya dari resiko cacat kelahiran.

Sedangkan zat besi mampu mengatasi masalah anemia pada ibu hamil,Hal semacam ini umum sekali terjadi pada masa awal kehamilan,sehingga konsumsi kacang kapri mampu memberikan asupan nutrisi dan gizi yang di perlukan selama kehamilan berlangsung.

6. Pencegah kanker
Vitamin juga mineral yang ada pada kacang kapri ini merupakan pembentuk antioksidan yang baik untuk tubuh,Selain itu tinggi betakaroten yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh,juga sebagai penangkal radikal bebas.

7. Mencegah osteoporosis
Seperti yang sering kita dengar,Osteoporosis merupakan masalah kesehatan tulang yang kerap muncul pada lansia,Atau juga orang lanjut usia.Dalam kata lain jika kita rutin konsumsi kacang-kacangan jenis ini kemungkinan besar dimasa tua kita akan terhindar dari masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis dan kerapuhan tulang dini,Vitamin K dan mineral kalsium yang ada mampu mencukupi kebutuhan akan nutrisi tulang didalam tubuh.

8. Menjaga fungsi saraf
Sumber niacin pada kacang kapri berhubungan erat dengan kesehatan saraf tubuh,Dengan rutin konsumsi sayuran jenis ini kondisi saraf tubuh secara tidak langsung akan terjaga fungsinya secara keseluruhan.

9. Pencegah anemia
Kacang dengan nama ilmiah Pisum sativum termasuk kacang polong yang kaya akan zat besi,Kemampuannya untuk mengatasi masalah konsentrasi darah didalam tubuh yang berkaitan dengan anemia.Yang mana gejala anemia ini merupakan gejala kekurangan darah yang mengakibatkan tubuh terasa lemas,hilangnya nafsu makan dan pusing-pusing tak menentu.

10. Anti peradangan
Hebatnya lagi kacang jenis ini memiliki sifat anti peradangan atau juga Anti inflamasi yang berkaitan dengan masalah paru,sendi dan juga tulang.Dalam hal ini kacang kapri bisa kita manfaatkan sebagai menu terapi penyembuh asma dan juga asam urat.Dikarenakan sifat anti peradangan yang ada.

11. Sumber serat
Selain kaya nutrisi dan gizi,juga sumber protein dan karbohidrat,sayuran kapri termasuk yang tinggi akan serat.Tergolong sayuran hijau yang sehat,tentunya serat yang ada juga cukup berlimpah,Yang mana serat tersebut berkaitan langsung dengan kondisi saluran pencernaan yang sehat,Seperti melancarkan BAB,mengatasi sembelit,Mengikat lemak dan menjaga kesehatan saluran usus besar.

12. Menjaga fungsi jantung

Dalam hal ini masih berhubungan dengan serat yang ada juga kandungan vitamin B komplek yang terdapat pada kacang kapri yang satu ini,vitamin B1,B2, B3, dan B6 juga asam folat yang ada merupakan elemen penting dalam hal pencegahan resiko penyakit jantung dan juga mengurangi tingkat homosistein yang ada salah satu faktor terjadinya penyakit jantung.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya