Kamis, 07 Februari 2019

PENJELASAN DAN MANFAAT KACANG MEDE BAGI KESEHATAN TUBUH

Penjelasan dan Manfaat Kacang Mede Bagi Kesehatan Tubuh - CAMILAN NUSANTARA


Kacang mede berasal dari buah jambu monyet atau biasa disebut dengan jambu mede. Pohon jambu mede merupakan tanaman asli dari Hutan Amazon. Saat ini, pohonnya sudah tersebar di seluruh dunia. Tanaman mede sudah dibudidayakan secara komersial di Brasil, Vietnam, India, dan negara-negara Afrika. Di Indonesia, tanaman ini banyak tumbuh di daerah Wonogiri, Jawa Tengah. Kacang mede termasuk dalam jenis kacang-kacangan yang tinggi nutrisi dan baik untuk kesehatan.
Kacang mede kaya akan nutrisi seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C. Selain itu, kacang mede tinggi kalori. Setiap100 gram kacang menyediakan 553 kalori. Kandungan lainnya, yaitu serat larut, vitamin, dan mineral.

Rasa kacang mete gurih dan lezat sehingga cocok untuk camilan di saat santai,bersama keluarga, Selain dapat dikonsumsi sebagai cemilan, kacang mete juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam produk olahan seperti, campuran aneka produk bakery, campuran produk coklat, es krim, dan sebagainya. Karena banyaknya penggunaan dan citarasanya yang baik, kacang mete mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Kandungan kadar lemak yang cukup tinggi juga sangat berperan penting dalam peningkatan kadar energi dan cita rasa. Hal ini menyebabkan biji mete memiliki rasa yang enak dan lezat.

Berikut eberapa manfaat dari kacang mede untuk kesehatan dan kecantikan :

Menutrisi Kulit
Kacang mede mengandung banyak tembaga yang dapat membantu mencegah efek radikal bebas sehingga membantu meremajakan kulit dan menghilangkan noda hitam serta meningkatkan fleksibilitas tulang dan sendi. Enzim tirosin di dalam tembaga dapat membantu produki melanin yang berfungsi sebagai pigmen kulit dan rambut.

Menguatkan Tulang dan Menurunkan Tekanan Darah
Magnesium di dalam kacang mede dapat membantu menguatkan tulang serta membantu membentuk struktur tulang yang tepat. Magnesium dapat mencegah masuknya kalsium ke dalam sel-sel saraf sehingga dapat meningkatkan fungsi sistem saraf. Kekurangan konsumsi magnesium dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi, migrain, ketegangan otot, dan rasa lelah.

Mencegah Terbentuknya Batu Empedu
Sebagian besar batu empedu tersusun dari kolesterol. Beberapa penelitian ilmiah menemukan bahwa mengkonsumsi kacang mede dapat menurunkan resiko terjadinya batu empedu sebanyak 25%.

Kandungan Nutrisi di Dalam Kacang Mede
Setiap 100 gram kacang mede mengandung sekitar 550 kalori. Kacang mede mengandung lemak tidak jenuh tunggal, berbagai antioksidan, serat, seng, tembaga, dan zat besi.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kacang mede mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kacang mede juga mengandung asam oleat yang dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL hingga sebanyak 10-20% sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan jantung, serangan jantung, pengerasan pembuluh darah, dan mengurangi pembentukan plak lemak di dinding pembuluh darah.

Mencegah Kanker
Karena mengandung banyak flavonoid. Kacang mede dapat membantu mencegah kanker dengan cara menghambat perkembangan tumor dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dengan mengosumsi kacang mede secara rutin.

Manfaat Lainnya

1. Mencegah kerusakan dan infeksi gigi
2. Membantu menjaga berat badan 
3. Membantu mencegah diabetes dengan cara menghambat absorpsi lemak di dalam tubuh (biji kacang mede)
4. Membantu melindungi mata dari radiasi sinar UV dan mencegah terjadinya degenerasi makula akibat penuaan (zeaxanthin)


Keamanan/ Efek Samping 

Ada beberapa individu yang Alergi kacang mete , yaitu suatu kondisi hipersensitivitas umum terutama pada anak-anak. Gejala-gejala dari reaksi alergi bisa berupa gatal-gatal kulit, dan kemudian bisa membentuk anafilaksis manifestasi parah, seperti kesulitan bernapas, nyeri perut, muntah, dan diare. Manifestasi alergi yang disebabkan oleh senyawa kimia asam anakardat (urushiol) yang terdapat dalam jambu mete, kerang, dan kacang-kacangan. Reaksi silang juga terjadi dengan beberapa kacang-kacangan dan buah-buahan dari keluarga Anacardiaceae seperti mangga, pistachio, dll


Baca Juga :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar