Sabtu, 23 Februari 2019

Berikut kami sajikan Tutorial Membuat Kue Kuping Gajah Mini

Berikut kami sajikan Tutorial Membuat Kue Kuping Gajah Mini - CAMILAN NUSANTARA


Kue kuping gajah merupakan salah satu kue tradisional asli Indonesia. Memiliki bentuk yang unik serta rasa yang manis, enak dan renyah. Bentuknya unik, tipis dan bermotif, memang sesuai dengan namanya, yaitu menyerupai kuping gajah.Selain bentuknya yang istimewa itu, kue kuping gajah ini memiliki aneka rasa, mulai dari rasa coklat, vanila hingga rasa mocca. Kue kuping gajah ini dapat ditemui di pasar-pasar tradisional dan juga swalayan. Namun, semakin jarang dijumpai karena proses pembuatannya yang cukup rumit. Padahal teknik pembuatannya cukup mudah dan bahan-bahannya pun mudah didapat. Kue kuping gajah ini cocok untuk dikonsumsi semua usia, karena tidak mengandung bahan pengawet juga pemanis buatan. Juga, kue kuping gajah ini cocok untuk disajikan sebagai camilan maupun teman menonton TV atau membaca majalah. Biasanya kue kuping gajah juga dihidangkan kepada para tamu pada hari-hari tertentu seperti hari-hari perayaan besar.

Alasan kenapa kue kuping gajah tetap eksis adalah rasanya enak, tahan lama, harga yang relatif murah serta mudah ditemui di pasaran. Selain itu, dapat dikonsumsi sebagai camilan atau diperuntukkan sebagai sarana dalam upacara (banten sodan) sehari-hari, kue kuping gajah menjadi salah satu kue yang paling banyak dicari konsumen sampai saat ini. Penggemar kue kuping gajah yang dulunya anak-anak kini menjadi orangtua tetap menyukai kue kuping gajah. Ini membuktikan kue kuping gajah termasuk salah satu penganan yang tidak termakan zaman. Di samping itu, rasanya yang enak, bentuknya yang lucu (mirip kuping gajah) serta tidak terlalu keras, membuat kue kuping gajah disenangi semua kalangan umur dari anak-anak hingga orang tua. Bahkan, kue kuping gajah kini mulai banyak dibuat oleh kalangan ibu rumah tangga.

Berikut kami sajikan Tutorial Membuat Kue Kuping Gajah Mini

Bahan bahan Resep Kuping Gajah Enak
  • Bahan utama yang harus dieprsiapkan adalah Tepung terigu protein sedang sebanyak 300 gram. Ayak terlebih dahulu supaya halus.
  • Gula pasi Bubuk atau gula halus sebanyak 80 gram.
  • Santan Asli dari buah kelapa sebanyak 75-80 ml. Masak santan terlebih dahulu sampai matang. Diaduk terus selama proses pemasakan supaya Santan tidak pecah.
  • Telur Ayam ukuran besar sejumlah 1 butir.
  • Garam dapur beryodium sebanyak setengah sendok teh kecil dan vanila secukupnya (atau kurang lebih seperempat sendok kecil).
  • Mentega sebanyak 2 sendok besar atau sendok makan.
  • Satu sampai satu setengah sendok makan coklat bubuk atau coklat pasta.
  • Air matang kalau diperlukan.
  • Minyak Goreng secukupnya untuk menggoreng.

Cara membuat Resep Kue Kuping Gajah
  1. Ambil satu wadah cukup besar. Masukkan tepung terigu yang sudah di ayak, garam dapur, vanila dan 2 sendok mentega. Campur semua bahan sampai rata.
  2. Masukkan Telur Ayam nya. Aduk kembali sampai rata.
  3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sampai habis ke dalam adonan sambil tetap diaduk terus sampai rata. Pastikan semua bahan tercampur sempurna dan kalis. jika perlu, bisa ditambahkan sedikit air matang.
  4. Ambil seperempat adonan yang sudah kalis diatas dan masukkan coklat pasta atau coklat bubuknya. Aduk sampai adonan berwarna coklat.
  5. Gilas, giling dan pipihkan adonan tanpa coklat (3/4 adonan) terlebih dahulu. Lakukan langkah yang sama dengan adonan coklat nya.
  6. Taruh adonan coklat di atas adonan biasanya. Tekan dan gulung sampai melekat dan padat dan adonan berbentuk seperti silender untuk memudahkan proses pembetukannya nanti.
  7. Simpan adonan silinder yang sudah tercampur di atas ke dalam kulkas atau lemari pendingin (kurang lebih 1 1/2 sampai 2 jam).
  8. Potong adonan tipis tipis dan giling lagi sampai pipih dan tipis.
  9. Panaskan wajan dengan api sedang dan isi dengan minyak sampai setengahnya. Masukkan adonan Kue Kuping Gajah di atas sedikit demi sedikit. Goreng sampai warnanya berubah sedikit kecoklatan.
  10. Setelah matang kemudian angkat dan tiriskan.
  11. Biarkan kuping gajah yang masih pans ditempat terbuka, setelah tidak panas lagi masukkan kue kuping gajah kedalam toples kedap udara.
  12. kuping gajah siap dinikmati sewaktu-waktu.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar