Kamis, 10 Januari 2019

MENU RAHASIA MEMBUAT PASTEL ABON MINI YANG LEZAT

MENU RAHASIA MEMBUAT PASTEL ABON MINI YANG LEZAT - Camilan Nusantara


Semangat pagi snack lovers.. selamat datang kembali di camilannusantara.co.id, pusat grosir snack online terlengkap di Indonesia. Anda pasti penasaran tema apa yang mau saya share kali ini.. hehe sabar ya :) Musim hujan yang sering kita alami di Indonesia harus kita syukuri.. kenapa? karena di musim hujan yang dingin ini bawaannya orang pada pengen ngemil lho.. ya nggak? Nah ini jadi peluang buat kita terutama yang suka eksperiment memasak di dapur. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips menu rahasia untuk membuat kue pastel kering mini isi abon. Anda pernah coba kue pastel? Selain sering disajikan sebagai kue basah, pastel juga bisa disajikan sebagai kue kering. Tetapi khusus untuk kue pastel kering, isinya biasanya digantikan dengan abon sapi. Coba bayangkan betapa gurih, renyah dan lezatnya perpaduan pastry kering dengan isian abon sapi.. hmm pasti mantap banget ya. Nah untuk pembuatan pastel mini isi abon ini bisa dibilang sangat gampang, hanya butuh keterampilan untuk membuat pinggiran pastel yang keriting. Tetapi jika Anda tidak bisa teliti n telaten, Anda dapat menggunakan alat khusus untuk mencetak pinggiran pastel. Mudah kan?

OK kita mulai ya bagaimana resep membuat pastel kering di rumah Anda, simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  Tepung terigu protein sedang 500 gram
  Margarin 250 gram
  Telur ayam 4 butir
  Garam halus ½ sendok teh
  Soda kue ½ sendok teh
  Air secukupnya
  Abon ayam/abon sapi 50 gram (untuk isian)
  Minyak goreng secukupnya

Tahapan cara membuat Pastel Kering Mini Isi Abon :
1. Campur tepung terigu, garam dan soda kue, kemudian aduk-aduk hingga merata
2. Tambahkan air dan margarin, aduk kembali sampai merata
3. Tambahkan telur ayam sambil diuleni dengan tangan hingga kalis
4. Giling adonan dengan ketebalan +/- 1 mm
5. Cetak adonan menggunakan cetakan pastel, kemudian isi abon ditengahnya
6. Lipat hingga berbentuk setengah lingkaran 
7. Pilin bagian pinggirnya atau tekan dengan garpu, bisa juga dengan cetakan khusus
8. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, lalu goreng pastel hingga matang, kering merata dan berwarna kuning keemasan 
9. Angkat dan tiriskan, angin-anginkan hingga dingin
10. Lalu simpan kue pastel di dalam wadah kedap udara

(Tips : jangan menguleni adonan terlalu lama karena akan membuat lemak mencair dan membuat pastel menjadi tidak renyah)

Bagaimana? mudah bukan.. Nah silahkan anda praktekkan tahapan proses pembuatan pastel abon mini tadi. Jika menemui kendala jangan mudah menyerah, ulang lagi langkah-langkahnya perlahan.. insyaa Allah setelah beberapa kali anda coba pasti akan mendapatkan citarasa pastel abon yang lezat, gurih dan renyah. Sajikan cemilan ini untuk keluarga anda tercinta, bisa juga buat oleh-oleh sanak keluarga di luar kota, atau buat teman ngobrol bareng sahabat anda..pasti akan membuat suasana lebih rame ya :) Bahkan jika anda berjiwa bisnis jadikan pastel abon mini ini menjadi produk unggulan untuk dijual.. kemas dengan packaging yang cantik, tawarkan ke orang-orang terdekat anda atau titip jual ke toko-toko snack di kota anda. Dan dengan kemajuan teknologi saat ini manfaatkan internet untuk memviralkan produk anda ke sosial media, dengan ketekunan dan kesabaran pasti produk anda akan memiliki jangkauan pasar yang luas ke seluruh Indonesia. OK selamat mencoba ya.. smoga sukses untuk anda sekeluarga !!

Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar