TIPS DAN RESEP MEMBUAT SALE PISANG RUMAHAN

Tips Dan Resep Membuat Sale Pisang Rumahan - CAMILAN NUSANTARA


Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. selain itu, saat ini sale pisang mempunyai berbagai macam rasa seperti rasa keju dan coklat. Sale pisang terdapat dua jenis, yaitu sale pisang kering dan sale pisang basah.
Sale pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas.

Sale pisang kering memiliki banyak penggemar, karena memiliki rasa yang manis dan gurih sehingga membuat kita tidak ingin berhenti ketika memakannya. Apalagi jika olahan sale kering ini dipadukan dengan rasa yang beragam seperti rasa coklat atau rasa caramel yang sangat pas sekali bila dipadukan dengan buah pisang. Kebanyakan sale kering dilapisi dengan tepung dan bahan lainnya sehingga nantinya pisang yang telah digoreng akan terlihat kering diluarnya, dan sedikit lembek didalamnya. Nah itulah yang menjadi ciri khas sale pisang kering ini, sehingga banyak orang yang menyukai makanan khas yang satu ini.

Rasa renyah yang dihadirkan dari buah pisang yang diiris sangat tipis atau memanjang yang kemudian dipadukan dengan tepung terigu, sangat pas sekali untuk dijadikan camilan disaat sedang bersantai atau menonton televisi. Jadi anda bisa membuat sale kering ini sebagai sajian dalam toples yang akan anda suguhkan dimeja tamu. Rasa kenyal dan garing diluarnya akan yang menjadi daya tarik sale pisang kering ini. 
Nah untuk anda yang ingin membuat sale pisang sendiri di rumah, berikut kami bagikan resep dan tips cara membuat sale pisang, sehingga anda tidak perlu repot mengeluarkan dana untuk membeli sale pisang di luar.

Bahan – bahan 
  • Tepung beras 500 grm
  • Pisang ambon matang 2 kg, atau secukupnya saja
  • Tepung terigu 250 grm
  • Gula pasir putih1/2 kg
  • Margarine siap saji, secukupnya saja
  • Garam dapur halus 1 sdm
  • Minyak goreng 1 kg, atau lebih banyak lagi


Cara Membuat Sale Pisang Kering Super Enak
  1. Silahkan anda iris semua pisang yang sudah dikupas dari kulitnya sesuai selera anda masing-masing, biasanya dengan bentuk memanjang
  2. Lalu jemurlah irisan pisang tadi dibawah panas matahari selam 3-5 hari, dengan sesekali dibalikan
  3. Sambil menunggu sale siap dimasak, silahkan gunakan wadah untuk membuat bahan lapisan luarnya
  4. Campurkan tepung terigu, tepung beras, margarine, gula pasir putih dan juga sedikit garam kedalam wadah
  5. Kemudian aduk adonan tersebut hingga tercampur rata
  6. Jika sudah tercampur rata, masukan pisang yang sudah diiris kedalam adonan tepung
  7. Siapkan wajan dengan minyak yang cukup, kemudian panaskan minyak
  8. Goreng pisang yang telah di celupkan tepung kedalam wajan.
  9. Tunggu dan balik sesekali pisang hingga warnanya berubah coklat keemasan.
  10. Angkat pisang dan tiriskan
  11. Sale kering siap untuk disajikan


Tips
*biarkan sale pisang yang telah digoreng hingga dingin, kemudian baru masukkan kedalam toples agar bisa dinikmati sewaktu-waktu.

Bagaimana? Mudah bukan? Anda dapat mencoba membuat sale pisang khas anda sendiri dirumah. Selain dapat mengirit pengeluaran dana, tentu makanan buatan sendiri lebih sehat dan aman bagi tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya