Jumat, 21 Desember 2018

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT KERIPIK NANAS YANG SEHAT DAN GURIH


Langkah-Langkah Membuat Keripik Nanas Sehat dan Gurih - CAMILAN NUSANTARA


Kalau bicara tentang buah nanas, tentunya kita akan teringat pada suatu kta di Jawa Barat, Subang. Buah ini memang sangat banyak dibudidayakan di daerah Priangan, terlebih Kota Subang. Buah nanas ini ternyata selain enak dimakan langsung, dapat pula diolah menjadi berbagai jenis kreasi makanan ringan. Nanas di dalamnya mengandung banyak nutrisi diantaranya fosfor, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, mangan, thiamin, serat, natrium, dan gula buah (sukrosa). serta vitamin A dan vitamin C, sebagai antioksidan. Selain itu nanas sangat rendah kalori. Satu buah nanas segar hanya mengandung 82 kalori.

Buah nanas dapat divariasikan menjadi beberapa makanan dan olahan unik seperti misalnya dodol nanas, manisan nanas, jenang nanas, selai nanas, minuman sari buah atau jus nanas. Nanas juga bisa diolah menjadi keripik yang gurih dan renyah.

Olahan keripik nanas ini menjadi penganan yang begitu disukai oleh para penggemar makanan sehat. Memang penganan ini masih belum marak di pasaran, masih sedikit yang memproduksinya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan resep membuat Keripik Buah Nanas yang Sehat dan Gurih. Berikut ini beberapa tips dan langkah-langkah pembuatan keripik nanas :

Bahan – bahan yang dipersiapkan :
  • 3 buah nanas matang
  • Asam askorbat
  • Gula halus

Langkah-langkah membuat keripik nanas :
  1. Pertama-tama kupaslah buah nanas sampai benar-benar bersih dari kulitnya.
  2. Kemudian, rendamlah buah nanas menggunakan air garam.
  3. Selanjutnya iris buah nanas dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Ingin dibentuk menjadi apa hasil keripik nanasnya nanti, mungkin berbentuk bulat seperti buahnya atau memanjang layaknya ketika mau dikonsumsi langsung. Irislah buah dengan tebal setiap irisannya kira-kira sekitar 5 mm.
  4. Setelah itu, dinginkan buah nanas yang sudah diiris-iris dengan cara dimasukkan ke dalam Freezer. Hal ini dimaksudkan supaya dapat menghasilkan keripik yang baik.
  5. Gorenglah apabila sudah dingin menggunakan alat khusus yang bernama Vacuum Friying. Meskipun alat atau mesin ini yang merupakan penggoreng khusus buah-buahan dan memang harganya lumayan tinggi. jika menggunakan menggoreng secara tradisional atau menggunakan penggorengan biasa, hasilnya nanti akan hitam bahakan meleleh serupa jelly. Penyebabnya adalah kandungan glukosa pada buah nanas yang sangat tinggi. Selain itu, menggorengnya pun tidak boleh dengan suhu temperatur yang terlalu tinggi.
  6. Kelemahan penggorengan biasa adalah tidak dapat mengatur suhu sehingga rata-rata suhunya cenderung tinggi sampai 100 derajat celcius bahkan lebih. Meskipun suhunya cenderung selalu tinggi, tetapi itu tidak cukup untuk menghilangkan kadar air dari dalam buah sehingga jika proses penggorengan terus dilakukan, hasilnya keripik nanas akan menjadi gosong.
  7. Jika menggunakan alat Vacuum Friying atur suhunya supaya selalu stabil pada saat proses penggorengan. Suhunya tidak lebih dari 85 derajat celcius pada saat memanaskan irisan buah nanas supaya tidak gosong hasil keripik nanasnya.
  8. Setelah matang angkat keripik nanas jika dirasa cukup hilang kadar airnya dan kering benar.
  9. Keripik nanas siap di sajikan.

Tips
  • Pilihlah buah nanas yang baik. Pilih buah Nanas yang sudah cukup masak, jangan yang terlalu matang karena pasti daging buahnya terlalu lembek. Nanas yang matang akan menghasilkan rasa legit dari buah pada hasil keripik nanas yang maksimal, tak perlu lagi ditambah-tambah pemanis, apalagi pemanis buatan.
  • Jika ingin keripik bertahan lama, setelah keripik nanas matang, dinginkan atau angin-angin kan terlebih dahulu kemudian masukkan keripik kedalam toples tertutup.

 Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar