Selasa, 30 Oktober 2018

Cara Membuat Kripik Tahu Pong Yang Enak Dan Renyah

Cara Membuat Kripik Tahu Pong Yang Enak Dan Renyah – CAMILAN NUSANTARA


Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama "tahu" merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi". Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han.
Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tahu sutra (絹漉し豆腐, kinugoshi tōfu). Tahu sutra lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan lebih lanjut, sehingga biasanya dikonsumsi mentah. Tahu secara umum dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.

Sepertinya biasa saja olahan tahu bila dijadikan makanan utama dalam menu hidangan, bagaimana kalau kita buat tahu menjadi sebuah cemilan yang sangat enak gurih dan renyah. Sepertinya akan lebih menarik bukan dan pastinya akan menggoda setiap orang yang melihat dan menyaksikan anda memakan cemilan ini, oleh karena itu silahkan simak ulasan resep kali ini yang akan membahas mengenai olahan kripik tahu pong. Tapi harus diingat sajian ini akan sangat lebih nikmat bila anda membuatny lebih banyak, agar bisa anda berikan juga kesetiap tetangga anda dirumah, atau mungkin bisa juga dijadikan oleh-oleh mantap dari rumah anda.  Bahan pembuatan olahan kali ini adalah tahu pong yang telah dipisahkan kulitnya saja kemudian dicampurkan dengan adonan tepung yang akan dibuat lalu dilapisi lagi dibagian luarnya, dan tinggal goreng saja bila sudah jadi. Oleh karena itu pembuatan olahan kali ini sangat simpel sekali dan tentunya sanga nikmat bila dijadikan teman makan anda atau sebagai cemilan saja, berikut kami sajikan Cara Membuat Kripik Tahu Pong Yang Enak Dan Renyah :

Bahan-bahan yang digunakan
  • 250 g tahu pong berbentuk kotak, pakai kulitnya saja
  • 5 sendok makan tepung meizena, siap saji
  • Air putih bersih secukupnya saja
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan untuk
  • 5 siung bawang putih, kupas kulitnya
  • 5 butir bawang merah, kupas kulitnya
  • Garam halus secukupnya
  • 1 sdm gula pasir putih
  • 1 sdm penyedap rasa

Cara Membuat
  1. Campurkan terlebih dulu tepung meizena dengan air putih yang telah dipersiapkan dalam wadah, aduk terus hingga rata
  2. Haluskan bumbu-bumbu diatas, bawang putih, bawang merah dan ketumbar. Lalu masukkan ke dalam adonan tepung dan campur hingga rata
  3. Lalu sediakan kulit tahu pongnya, kemudian lumeri atau lapisi keseluruhan kulit tahu pong dengan adonan tepung meizena yang telah dibuat
  4. Panaskan wajan dengan minyak yang lumayan banyak
  5. Lalu goreng tahu pong yang sudah dibalut tepung sebelumnya
  6. Tunggu sampai tahu benar-benar matang dan terlihat garing, biasanya tahu akan berubah warna menjadi kuning keemasan
  7. Setelah matang angkat dan tiriskan kripik tahu pong.
  8. Keripik tahu pong siap disajikan


Keripik tahu merupakan cemilan yang sehat dan juga bergizi. Proses pembuatannya sangat mudah untuk dipraktekkan dirumah. Jangan lupa untuk terus mengunjungi website kami ya di camilannusantara.com. Demikian tips membuat keripik tahu yang renyah dan gurih. Prosesnya yang cepat dan mudah sangat mungkin untuk dipraktekkan dirumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih telah berkunjung ke website kami.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar