Sejarah Buah Singkong

Sejarah Buah Singkong - CAMILAN NUSANTARA 


Singkong atau banyak orang yang juga menyebutnya ubi kayu adalah keluarga tanaman Euphorbiaceae yang hidup tahunan didaerah tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Singkong pertamakali dikenal dikenal di Amerika selatan dan dikembangkan di Brasil dan Paraguy pada zaman prasejarah. Singkong dijadikan sebagai bahan makanan pokok penduduk asli Amerika Selatan bagian utara, selatan Mesoamerika, dan Karibia sebelum Columbus datang ke Benua Amerika. Budidaya singkong kemudian dilanjutkan oleh kolonial Portugis dan Spanyol ketika bangsa-bangsa tersebut menaklukan daerah tersebut. Singkong yang masuk ke Indonesia berasal dari Brasil yang diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16. Singkong mulai ditanam secara komersial di wilayah Indonesia sekitar tahun 1810. Di Indonesia, singkong dari Brasil diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16. Selanjutnya singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia sekitar tahun 1810.

Di Indonsia sendiri, tanaman ubi kayu ini banyak diubudidayakan. Singkong sangat mudah didapatkan dan harganya cukup murah. singkong bisa menjadi bahan makanan sehat alternatif. Singkong merupakan sumber karbohidrat selain nasi, selain itu daun singkong sudah diakui mengandung banyak vitamin dan gizi. Berbagai macam makanan olahan singkong sudah sangat beragam bahkan sudah dikemas secara modern. Salah satu makanan hasil olahan singkong adalah keripik singkong.

Keripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu. Secara umum keripik dibuat melalui tahap penggorengan, tetapi ada pula dengan hanya melalui penjemuran, atau pengeringan. Keripik singkong merupakan salah satu produk makanan ringan yang banyak digemari masyarakat. Rasanya yang enak, renyah dan harganya yang murah, menjadikan keripik singkong ini cocok sebagai camilan tepat untuk menemani waktu santai anda bersama teman dan keluarga. Keripik singkong ini memiliki beberapa varian rasa yaitu asin, pedas, manis, asam, gurih, atau paduan dari kesemuanya. Keripik singkong banyak diproduksi di kota Bandung dengan berbagai macam rasa dan variant.

Nah...berikut ulasan tentang apa saja sihh manfaat dari keripik singkong

Manfaat singkong
  1. Singkong adalah bahan makanan yang termasuk luwes, yaitu dapat diolah menjadi berbagai jenis penganan. Secara tradisional, singkong biasanya dibuat gethuk, keripik singkong, dan tape singkong.
  2. Singkong mengandung karbohidrat dan tinggi kalori, dari 100gram singkong dapat menghasilkan kalori sebesar 160 kalori. Bahkan menurut Nutrition and You, kalori pada singkong 2 kali lipat dibanding kalori pada kentang.
  3. Singkong diketahui banyak mengandung vitamin B kompleks dan kelompok vitamin lainnya seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat. Riboflavin ini berperan dalam tubuh dalam membantu pertumbuhan dan memproduksi sel darah merah.Cocok bagi yang sering mengalami kurang darah.
  4. Mineral-mineral yang sangat penting bagi tubuh ternyata juga banyak terdapat pada singkong.Seperti diantaranya seng, magnesium, tembaga, dan besi. Jumlah kalium pada singkong ternyata cukup tinggi untuk mencukupi kebutuhan tubuh.Kalium sangat baik untuk mencegah darah tinggi.
  5. Singkong ternyata lebih baik dibanding dengan nasi, karena singkong memiliki sifat antikanker,antitumor dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, singkong jauh lebih baik dikonsumsi oleh penderita diabetes daripada nasi putih.
  6. Singkong dapat membantu untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit, seperti sakit kepala,rematik, diare,cacingan pada anak, dan dapat meningkatkan stamina yang loyo karena kandungan kalorinya.
  7. Singkong merupakan makanan rendah lemak, dan rendah kolesterol. Cocok sebagai menu yang dimasukkan kedalam program diet rendah lemak Anda


Cara Memilih Singkong
Meskipun singkong memiliki nilai gizi tinggi, namun perlu dipastikan untuk memilih jenis singkong yang baik. Cara memilih singkong yang baik adalah warna singkong yang putih bersih setelah dikupas, tanpa adanya warna kekuningan,berwarna kebiruan. Tanda warna kekuningan atau kebiruan menandakan jika singkong sudah terlalu lama disimpan. Zat yang menyebabkan warna kebiruan atau kekuningan adalah enzim poliphenolase yang bersifat racun. Kalau Anda membeli singkong, tanda singkong yang masih baru adalah dari tanah yang menempel yang masih belum kering.



Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya