Senin, 03 September 2018

Resep Kue Bunga Gem Yang Enak Dan Manis

Resep Kue Bunga Gem Yang Enak Dan Manis – CAMILAN NUSANTARA


Masih ingat dengan kue kering jadul ini? Kue klasik yang paling sering kita makan bagian atasnya doang sewaktu kecil dulu yang ternyata namanya royal icing. Kue bunga gem merupakan kue kecil bentuknya bulat mungil, dengan toping gula dingin warna-warni yang cerah, hijau, biru, kuning, pink, putih, coklat, dll. Rasa kue ini renyah manis. Di setiap daerah kue ini memiliki nama yang berbeda-beda. Ada yang memanggilnya kue monas, di Bandung dipanggil kue kancing, gem rose, di Jogja, Yogyakarta disebut kue udel, di Bogor disebut kue kembang gula atau kue gula, di Solo, Surakarta, Jawa Tengah dinamai kue cuplis, kue unyil bangjo di Klaten, kue ulang tahun (mayestik), gem bunga, parem kembang di Pekalongan, kue kering, kukis monas (monas cookies), kue batu cincin, biskuit (biscuit), hingga Iced Gem biscuits di United Kingdonm Inggris (UK), Ada juga yang menyebutnya kukis monas. 

Kue bunga gem ini merupakan camilan jadul tradisoinal klasik yang melegenda terbukti dari tahun 1980 sampai sekarang kue ini masih eksis dipasaran. Kue ini masih ada banyak di jual di supermarket, swalayan, hypermart, muslimmart, alphamart, indomaret, toko-toko camilan atau toko oleh-oleh. Selain rasanya yang manis dan enak kue bunga gem ini juga sangat disukai anak-anak karena tampilannya yang menarik

Berikut resep kue bunga gem kue yang simple mudah dan praktis yang bias anda praktekkan di rumah, baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk membuka usaha cemilan.

Bahan membuat kue bunga gem :
- 150g margarin
- 250g gula halus
- 255g tepung terigu
- 4 sdm susu bubuk
- 2 butir kuning telur
- 1 sdm tepung maizena
- 1 sdm vanilli bubuk
- 2 butir putih telur
- Pewarna makanan secukupnya

Langkah - langkah membuat kue bunga gem :
  1. Masukkan margarin dan gula halus dalam wadah besar, kemudian mixer hingga halus.
  2. Jika sudah halus tambahkan tepung terigu, kuning telur, susus bubuk, vanilla bubuk, dan tepung maizena. Kocok kembali hingga adonan menjadi kalis.
  3. Setelah adonan kalis, ambil sedikit adonan lalu bentuk seperti bola-bola kecil.
  4. Letakkan adonan diatas loyang dan masukkan ke oven selama 20 menit dengan suhu kurang lebuh 150° Celcius.
  5. Untuk gula-gula, kocok putih telur dengan mixer. Kemudian masukkan gula halus perlahan-lahan, aduk sampat teksturnya menjadi krim
  6. Bagi adonan dalam beberapa wadah. Kemudian beri pewarna makanan secukupnya ke setiap wadah dengan warna yang berbeda. Aduk hingga mendapat warna yg diinginkan.
  7. Tuang ktim kedalam plastik segitiga, gunting sedikit bagian ujung. Kemudian hias bagian atas kue dengan krim tersebut.
  8. Panggang kue kembali selama 30 menit dengan suhu 100° Celcius.
  9. Angkat dan dinginkan sebentar, kemudian masukan ke dalam toples.
  10. 1Kue bunga gem siap dinikmati bersama keluarga.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar