Persiapan Penting Dalam Memulai Usaha Keripik Buah

Persiapan Penting Dalam Memulai Usaha Keripik Buah - CAMILAN NUSANTARA


Saat ini, keripik buah menjadi usaha yang prospektif, apalagi camilan yang terbuat dari bahan alami dan mempunyai banyak nutrisi ini makin banyak di cari oleh konsumen. Bukan hanya rasa saja yang dibutuhkan konsumen, melainkan manfaat dari keripik buah sendiri yang bagus untuk kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Hal ini menjadi nilai tambah tersendiri usaha keripik buah. Sejauh mana besarnya prospektif  Usaha Keripik Buah, berikut ini kami akan mengulaskan tentang usaha keripik buah mulai dari persiapan, peluang, cara menggunakan mesin hingga cara membuat produk nya.

Tentunya untuk menjalankan bisnis dengan baik, memang awalnya butuh perjuangan dan anda harus ekstra dalam belajar membangun bisnis anda ini. Dan kabar baiknya kami akan mengulaskan apa saja yang harus anda lakukan dan anda persiapkan sehingga usaha atau usaha keripik buah anda menjadi sukses. Dan berikut adalah ulasan nya:

5 Persiapan Penting Dalam Memulai Usaha Keripik Buah 

1.   Modal
Modal adalah salah satu hal penting yang harus anda miliki, setidak nya anda bisa mengumpulkan modal hingga bisa anda gunakan untuk membeli keperluan usaha anda kedepannya agar produk keripik buah anda memiliki kualitas yang bagus.

Modal ini adalah modal yang nantinya akan anda gunakan untuk membeli mesin vacuum frying. Vacuum frying adalah mesin yang digunakan untuk menggoreng buah dalam kondisi vacuum. Dan untuk mendapatkan keripik buah yang bagus memang harus menggunakan vacuum frying. Untuk kapasitas dari mesin vacuum frying yang bisa anda gunakan untuk memulai bisnis keripik buah ini baiknya adalah  kapasitas 10-15 kg dalam 1 proses agar anda tidak banyak membuang waktu untuk memproduski keripik buah.

Semua mesin vacuum frying cara penggunaannya sama, cara menggoreng nya juga sama dan waktu yang digunakan nya juga sama sehingga anda paling tidak harus menggunakan vacuum frying yang memiliki kapasitas 10-15 kg dalam 1 proses agar anda bisa menghasilkan lebih banyak keripik dalam satu kali kerja. Jadi intinya semakin banyak kapasitas isi vacuum frying yang anda gunakan, maka akan semakin efisien untuk anda karena tidak membutuhkan tenaga yang lebih banyak atau biaya operasionalnya akan lebih sedikit dan hasilnya akan lebih banyak.

Selain modal utama berupa pembelanjaan untuk mesin, anda juga harus mempersiapkan modal untuk membayar karyawan, bahan baku, tempat produksi dan lainnya juga.

2.   Lokasi Usaha Keripik Buah
Lokasi usaha adalah mencakup 2 pilihan, yang pertama adalah tempat anda berjualan atau biasa disebut dengan toko dan yang kedua adalah tempat dimana anda memproduksi keripik buah anda. Semua harus anda persiapkan dengan baik, atau anda membuat satu tempat yang bisa digunakan untuk keduanya. Besar minimal mesin vacuum frying adalah 2×2 cm, sehingga anda setidaknya membutuhkan ruangan yang lebih besar dari itu,  karena anda membutuhkan ruang gerak ketika hendak membuat keripik buah dengan mesin tersebut.

3.   Kebutuhan Listrik
Kebutuhan listrik juga sangat penting karena mesin vacuum frying anda memang harus dijalankan dengan listrik. Untuk kebutuhan daya mesin vacuum frying ukuran standart nya rata-rata menggunakan 1000 watt/220 V sehingga instalasi listrik minimum nya adalah 1300 Watt. Sedangkan untuk mesin vacuum frying yang berukuran 25 kg dalam setiap proses pengerjaan membutuhkan daya listrik sebesar 1500 watt. Jadi instalasi listrik nya harus di atas 1500 watt. Hal ini memang harus anda pikirkan demi kelancaran proses pembuatan keripik buah nantinya.

4.   Bahan Baku Usaha Keripik Buah
Masalah bahan baku kembali lagi pada dimana tempat anda akan memproduksi keripik buah tersebut, dan bagaimana anda akan mendapatkan bahan bakunya. Sebaiknya anda menggunakan bahan baku yang memang banyak di daerah anda seperti misalnya jika anda berada di malang, maka lebih baik anda membuat keripik buah apel karena memang buah apel sangat melimpah di kota malang. Dan begitu juga dengan kota-kota lain nya. Jika memang anda masih baru, anda bisa menggunakan satu jenis buah terlebih dahulu sampai anda menemukan pemasok bahan buah yang anda perlukan dalam jumlah banyak dan continue atau terus menerus.

Hal ini untuk membuat konsumen anda percaya bahwa produksi keripik buah anda sangat konsisten terhadap harga, kualitas dan rasanya.

Bahan lain yang anda perlukan adalah minyak goreng, sebaiknya anda menggunakan minyak goreng yang bagus dan jernih karena minyak goreng akan mempengaruhi rasa, roma dan warna keripik buah yang dihasilkan. Untuk Hal ini sangat direkomendasikan menggunakan minyak kelapa.

Untuk persoalan minyak ini, carilah partner kerja yang bagus untuk menjadi supplier minyak anda agar anda selalu mendapatkan minyak yang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau.

5.   Siap Jadi Pengusaha
Hal terakhir yang harus anda persiapkan adalah anda harus siap untuk menjadi seorang pengusaha karena seorang pengusaha memang haruslah siap menerima resiko apapun yang terjadi. Selain anda harus memiliki pengetahuan yang dalam seputar Usaha keripik buah yang akan anda jalankan, anda harus memiliki kekuatan mental dan fisik agar anda bisa membuat keripik buah yang enak dan mampu memasarkan nya dengan baik dan benar.

Kemudian yang tak kalah penting,  anda harus membuat brand untuk usaha anda, jika anda sudah memutuskan untuk terjun ke dunia Usaha keripik buah, maka buatlah brand sendiri agar anda memiliki hak ciptanya dan anda bisa menjual produk anda lebih tinggi dibandingkan dengan produk lain. Tentu rasa dan kualitas nya harus lebih bagus dibandingkan dengan produk lain agar bisa bersaing di pasaran.


Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya