Manfaat Ikan Yang Terdapat Didalam Kerupuk Amplang

Manfaat Ikan Yang Terdapat Didalam Kerupuk Amplang – CAMILAN NUSANTARA


Taukah anda kenapa ini disebut amplang? atau malah anda sendiri belum tau apa itu amplang yaitu makanan khas ini memang berbentuk kerupuk yang terbuat dan berbahan dasar dari Ikan Tenggiri, tepung tapioka, serta kombinasi bahan lain hingga berupa seperti balok-balok persegi kecil. Cita rasanya tentu enak serta renyah dan gurih. Sudah rahasia umum di daerah Kalimantan banyak yang tahu Amplang Ikan. Di banyak daerah amplang begitu populer seperti Amplang Samarinda, Amplang Kotabaru, Amplang Kuku Macan, dan lain-lain. Dan juga taukah anda kenapa camilan satu ini dinamakan Amplang Kuku Macan, ini dikarenakan memiliki bentuk yang kecil serta ujungnya runcing seperti kuku Macan. Rasa-rasanya yang nendang banget sehingga banyak orang katakan seperti Macan. Amplang Kuku Macan ini memang sangat pas apabila dihidangkan pada saat santai bersama keluarga ataupun teman. Kerupuk amplang ini juga cocok dijadikan hidangan penyambut tamu di saat lebaran.

Kali Ini Mari Kita Lihat Berapa Besar Kandungan dan Zat Gizi Dari Ikan Tenggiri yang terdapat didalam kerupuk amplang, diteliti seberat 100 gr
Jumlah Kandungan Energi Ikan Tenggiri = 109 kkal
Jumlah Kandungan Protein Ikan Tenggiri = 21,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Ikan Tenggiri = 2,6 gr

Fungsi Protein Bagi Tubuh :
1. Setiap gram dalam protein dapat menghasilkan 4,1 kalori, yang cocok sebagai sumber energi.
2. Mengatur metabolisme tubuh.
3. Protein dapat sebagai asupan energi utama untuk yang sedang diet rendah gula.
4. Menjaga keseimbangan antara asam basa dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Protein berperan sangat penting dalam menjaga stabilitas pH cairan didalam tubuh.
5. Protein merupakan bahan dalam sintesis substansi seperti halnya hormon, zat antibodi,dan organel sel lainnya
6. Protein membantu proses pertumbuhan pada anak-anak dan remaja karena sel-sel tubuh mendapat cukup asupan zat pembangun.
7. Membantu kerja tubuh dalam menetralkan atau menghancurkan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Fungsi Lemak bagi Tubuh :
1. Sebagai sumber energi
2. Alat angkut vitamin larut lemak
3. Penghemat Protein
4. Sebagai Pelumas
5. Memelihara suhu Tubuh
6. Melindungi Organ Tubuh

Beberapa manfaat ikan untuk kesehatan :
1. Mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, untuk anda yang senang mengkonsumsi kepala ikan yang akan berefek sangat baik untuk tubuh karena mendapatkan tambahan asupan yodium serta membantu memenuhi kebutuhan tiroid dalam tubuh selain itu ikan juga mengandung gelatin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

2. Membantu meningkatkan kesehatan terutama di otak, untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan ataupun bagi orang dewasa mengkonsumsi ikan seminggu 2 kali dapat membantu meningkatkan fungsi otak, karena ikan mengandung asam lemak Omega 3 yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak.

3. Menurunkan resiko penyakit kanker, kanker merupakan salah satu penyakit yang mengerikan karena dapat mengakibatkan kematian, dengan rutin mengkonsumsi makanan hewani seperti ikan sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit kanker seperti kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker ovarium, kanker usus besar dan kanker prostat.

4. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, kandungan Omega 3 dalam ikan sangat baik untuk menurunkan tekanan darah juga mengurangi pembekuan darah dan yang tak kalah penting bermanfaat untuk menyehatkan jantung, oleh karena itu rajin mengkonsumsi ikan tengiri ini maka dapat berakibat mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

5. Menurunkan depresi, semakin hari tuntutan hidup akan semakin tinggi sehingga setiap orang sering mengalami depresi yang cukup berat setiap hari dan jika dibiarkan maka dapat mengganggu kesehatan, namun anda tidak perlu khawatir anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi ikan, lewat penelitian yang pernah dilakukan ternyata mengkonsumsi ikan secara rutin akan mengurangi seseorang mengalami depresi.


Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya