Jumat, 31 Agustus 2018

Ketahui Beberapa Kit-Kiat Dibawah Ini Sebelum Memulai Usaha Keripik pare

Ketahui Beberapa Kit-Kiat Dibawah Ini Sebelum Memulai Usaha Keripik pare – CAMILAN NUSANTARA




Pare adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki warna hijau dan memiliki rasa pahit. Tidak semua masyarakat menyukai sayuran ini karena rasanya yang pahit. Namun sebenarnya dibalik rasanya yang pahit ini sebenarnya sayur pare ini sangat baik untuk kesehatan pada tubuh kita. Sayuran pare memang identik dengan rasanya yang pahit. Jika tidak bisa mengolahnya dengan benar dalam memasak sayur pare ini tetap memiliki rasa pahit.


Namun Anda jangan menyepelekan pahitnya rasa pada sayur pare ini sebab sayur pare ini jika dikonsumsi secara tertarut akan membuat sehat pada badan Anda. Sayur pare ini sangat baik untuk kesehatan kulit dan juga baik untuk kesehatan rambut Anda. Sayur pare ini merupakan sayuran yang rendah kalori. Di dalam sayur pare ini terdapat kalori yang jumlahnya 17 kalori untuk 100 gram sayur pare. Selain itu pare juga mengandung zat seperti fitonutrien, serat, mineral, vitamin dan anti oksidan. Dan bersama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari sayur pare ini adalah :
  • dapat mencegah masalah pada kulit
  • anti penuaan, membuat rambut lebih berkilau
  • menghilangkan ketombe pada rambut
  •  mengatasi kepala kering dan gatal
  • mengatasi rambut berminyak
  • mengatasi rambut kasar

karena sayur pare ini sangat baik untuk kesehatan maka tidak heran banyak masyarakat yang memanfaatkan sayur pare ini untuk bahan pembuatan olahan makanan seperti keripik pare.

keripik pare merupakan salah satu olahan makanan yang terbuat dari sayur pare yang memiliki cita rasa enak dan juga memiliki tektur yang gurih. Sajian keripik pare ini jangan sampai Anda lewatkan sebab olahan makanan keripik pare ini bisa Anda jadikan untuk camilan menemani waktu bersantai Anda bersama keluarga tercinta Anda atau bersama rekan terdekat Anda. Keripik pare selain terkenal akan teksturnya yang sangat gurih ini juga dikenal sebagai camilan yang memiliki harga yang sangat terjangkau. Di pasaran olahan keripik pare ini sangat laris. Larisnya olahan makanan ini telah memberikan lahan bisnis bagi siapa saja yang ingin menambah pendapatan meraka. Peluang bisnis keripik pare ini masih sangat terbuka lebar jika Anda ingin terjun di dalamnya. Dengan menjalankan kegiatan usaha keripk pare ini bisa mendatangkan keuntungan untuk Anda. Namun sebelum anda memulai bisnis keripik pare ada beberapa kiat-kiat yang perlu anda ketahui, di antaranya :

1. Pilihlah pare yang masih segar, ada jenis pare yang tidak pahit tapi ada juga yang pahit sekali. Di bawah ini ada beberapa kiat untuk menghilangkan rasa pahit di pare.

  • Menggunakan garam

Caranya potong pare menjadi bua bagian, buang biji dan bersihkan selaput putih yang ada dibagian dalamnya. Setelah itu diiris tipis, tambahkan garam halus lalu diremas-remas sampai lemas, diamkan sekitar 15 menit, kemudian dicuci bersih pada air yang mengalir. Bisa juga merebus pare dengan air garam sampai pare setengah empuk. Lalu tiriskan airnya.
  • Menggunakan gula pasir

Tekniknya sama dengan penggunaan garam, garam diganti dengan gula pasir. Meremas pare dilakukan untuk membantu agar cairan atau ekstrak pahit dalam daging buah pare bisa keluar, sehingga rasa pahit pada pare bisa berkurang.
  • Menggunakan daun jambu biji

Pare direbus dengan daun jambu biji, sebelum direbus remaslah terlebih dahulu daun jambu biji yang akan digunakan. Rebus pare dalam air mendidih ±5 menit sampai setengah matang. Untuk ⅟₂ kg buah pare gunakan 10 lembar daun biji jambu biji.
  • Menggunakan lempengan tanah liat 

Merebus pare dengan apo atau lempangan tanah yang sudah dikeringkan bisa mengurangi rasa pahit. Caranya, rebus air sampai mendidih lalu, lalu masukkan apo, biarkan apo sampai hancur, baru masukkan pare, rebus sekitar 5 menit  sampai setengah matang. Lalu cuci hingga bersih pare dengan air mengalir. Apo dapat diperoleh di pare tradisional.
  • Menggunakan bumbu masak

Mengolah pare dengan variasi bumbu yang kaya akan mengurangi rasa pahit dan menjadikan hidangan yang lezat. Misalnya penambahan bumbu kacang, ebi, dan lain sebagainya.

2. Mempelajari cara mengemasan yang menarik, unik, dan rapi agar konsumen tertarik.
3. Tawarkan produk kamu sebagai snack tambahan dari snack utama.

Rintangan Dalam Menjalankan Bisnis Keripik Pare
*Bahan utama yang digunakan adalah pare. Akan tetapi, pare ini tidak bisa bertahan lama, paling lama 1 hari, bila sudah lama pare akan berwarna kekuning-kuningan. Maka dari itu, anda harus bisa mengira-ngira berapa pare ayang anda butuhkan untuk membuat keripik pare pada hari tersebut.
*Semakin lama, biasanya akan semakin banyak pesaing keripik pare, hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap utamakan kualitas rasa.

Strategi bisnis
  1. Beberapa strategi di bawah ini mungkin bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis ini, strategi-strategi itu sebagai berikut:
  2. Buatlah variasi rasa dari pare krispi, misalnya rasa lada hitam, keju, atau pedas.
  3. Lebih baik digoreng saat dipesan. Jadi pare tetap krispi.
  4. Kalau ingin lebih krispi lagi, setelah digoreng masukkan ke dalam oven kurang lebih 5 menit api kecil.
  5. Lakukan pengemasan ketika krispi sudah benar-benar tidak ada minyaknya. Penirisan minyak bisa juga dilakukan dengan mesin peniris minyak.
  6. Bisa dijual dengan tambahan saus, misalnya saus asam manis, mayones, dan sebagainya.




Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar