Kelebihan Menjalankan Usaha Keripik Jagung Tortilla

Kelebihan Menjalankan Usaha Keripik Jagung Tortilla – CAMILAN NUSANTARA


Biasanya Jagung banyak disajikan sebagai rebusan jagung. Umum sekali, hampir dimana-mana ada jagung rebus. Bahkan dulu, nasi jagung sempat dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras. Dalam Perkembangannya, olahan jagung banyak digunakan sebagai bahan kue, bumbu masak dan juga sekarang banyak dijadikan sebagai snak atau makanan ringan, salah satunya Keripik Jagung Tortilla.
Keripik Jagung Tortilla merupakan salah satu produk olahan jagung hasil pemasakan alkali yaitu dengan penambahan kapur yang paling populer. Keripik Jagung Tortilla berbentuk bundar gepeng, segitiga, dan kotak dengan ukuran ketebalan yang berbedabeda. Keripik Jagung Tortilla mempunyai karakter berwarna kuning, renyah, tipis dan mudah hancur. Karena rasanya yang enak dan gurih, dan manis khas jagung menjadikan keripik jagung tortilla ini banyak di sukai orang terutama di kalangan remaja yang suka nyamil.

Seiring dengan semakin banyaknya yang suka dengan Keripik Jagung Tortilla,  tentunya hal ini mebuat Keripik Jagung Tortilla menjadi menarik dilihat dari segi peluang usahanya. Karena beberapa hal pula,usaha Keripik Jagung Tortilla ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :
• Bahan bakunya mudah untuk di temukan sehingga anda tidak perlu bingung mencari bahan baku.
• Camilan yang satu ini termasuk camilan yang mengenyangkan dan juga menyehatkan jadi tidak heran jika memiliki banyak peminat.
• Produk keripik jagung tortila sudah terkenal sehingga akan memudahkan anda saat proses pemasaran.
• Dari segi produksi, produksi keripik jagung yang satu ini terbilang simpel dan mudah.

Dengan menggunakan alat produksi yang canggih akan menghasilkan keripik jagung yang banyak dan simple. Meski begitu keripik yang satu ini juga bisa anda buat dengan menggunakan alat manual yang ada di dapur anda. Ingin rahu resepnya? Nda bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Bahan keripik Jagung Tortila :

  • 1 Kg jagung
  • ½ Sendok makan kapur
  • 4 Siung bawang putih
  • ½ sendok makan merica bubuk
  • 1 sendok makan garam halus
  • 1 Sendok makan gula halus
  • Penyedap Rasa
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Pembuatan keripik jagung tortila :

  1. Ambil jagung yang sudah terpisah antara bonggol dan biji jagung.
  2. Setelah itu buatlah larutan air kapur dengan cara memasukan ½ sendok makan kapur ke dalam 1 liter air, berlaku kelipatannya.
  3. Rendam biji jagung ke dalam larutan air kapur selama 24 jam.
  4. Setelah 24 jam angkat biji jagung, cuci hingga bersih dengan air bersih dan tiriskan hingga air berkurang.
  5. Kemudian rebus jagung hingga lunak di dalam panci.
  6. Setelah lunak angkat dan tiriskan lalu haluskan jagung dengan alat penggiling, namun jika anda tidak mempunyai alat penggiling anda bisa menggunakan alat manual yaitu dengan cara menumbuk.
  7. Lalu masukan semua bumbu ke dalam 1 wadah dan aduk rata lalu masukan jagung yang telah halus dan aduk hingga bumbu tercampur sempurna.
  8. Kemudian bentuk adonan jagung menjadi lembaran tipis agar jagung terasa renyah dan potong sesuai selera.
  9. Jemur keripik jagung dibawah sinar matahari hingga kering namun jika tidak memungkinkan anda bisa menggunakan alat pengering seperti oven agar keripik lebih mudah kering tanpa bergantung dengan sinar matahari.
  10. Setelah kering, keripik jagung siap utuk dijual dalam kondisi mentah atau anda bisa menggorengnya dan menjualnya dalam kondisi matang.
  11. Setelah matang angkat dan tiriskan, gunakanlah alat peniris minyak agar keripik yang dihasilkan awet dan terbebas dari bau apek.


Proses Pengemasan 
*Buatlah kemasan dengan berat yang bervariasi, mulai dari harga 500-an, kemasan 250 gram, kemasan 1 kg hingga kemasan 25 kg agar konsumen anda bisa memilih keripik jagung sesuai dengan kebutuhan dan budget yang mereka miliki.
*Kemas keripik jagung dengan menggunakan plastik atau alumunium foil, pengemasan menggunakan plastik akan menghemat biaya produksi.
*Sedangkan menggunakan alumunium foil memang sedikit mahal namun bisa membuat keripik jagung lebih awet.
Beri merek pada kemasan agar keripik jagung produk anda mudah dikenali oleh konsumen.

Proses Pemasaran
*Untuk pemasan sendiri anda bisa memulainya dengan menjual keripik jagung pada teman atau orang terdekat.
*Anda bisa menitipkannya ke warung kelontong di sekitar tempat tinggal anda.
*Anda juga bisa memasarkannya secara online melalui media social seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, dan lain sebagainya.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya