Senin, 20 Agustus 2018

Cara Membuat Kacang Bali Yang Enak Dan Gurih

Cara  Membuat Kacang Bali Yang Enak Dan Gurih – CAMILAN NUSANTARA
 

Hari raya identik dengan acara saling berkunjung ke tetangga, keluarga, kerabat, dan orang-orang terkasih. Hari Raya idul fitri tahun ini sudah dekat, pasti sudah kebayang mau bikin camilan apa untuk hari raya nanti?  Ada banyak camilan yang bisa disajikan pada saat hari raya. Salah satunya adalah kacang bali.
Bahan baku kacang sangat mudah dan banyak ditemui di negara Indonesia. Kacang menjadi komoditi pertanian yang tumbuh subur di tanah negeri ini. Kacang bisa diolah menjadai banyak produk olahan. Kacang biasa diolah dengan digoreng, diresbus, atau sangrai. Pengolahan kacang dengan cara digoreng paling sering ditemui di masyarakat kita karena proses membuatnya sangat mudah, tinggal dipisahkan dari kulitnya, kemudian kacang kupas langsung bisa digoreng dengan menggunakan minyak.

Kacang menjadi camilan yang banyak dinikmati karena mengandung manfaat protein dan lemak nabati. Mengkonsumsi kacang dengan porsi yang tepat dan tidak berlebih bisa menjadi asupan protein dan lemak bagi tubuh kita.

Resep yang akan kami bagikan kali ini adalah resep kacang bali dengan cara di oven. Kacang oven memiliki keunggulan karena lebih gurih dan tidak mengandung minyak, sehingga lebih kering dan lebih renyah. Kacang oven olahan khas bali dibuat dari bahan baku berupa kacang bali yang memiliki ukuran butiran besar dari pada kacang tanah pada umumnya. Berikut cara  membuat kacang bali yang enak dan gurih.

Bahan-bahan yang di perlukan :
  • 1 kg kacang tanah kupas ukuran jumbo
  • 1 ltr (air+2 bgks kara 65ml)
  • 10 butir bawang putih haluskan
  • 4 sdm garam
  • 1 sachet masako
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 3 sdm margarin blueband
  • secukupnya minyak goreng

Langkah – langkah membuat kacang bali :
  1. Pertama-tama Cuci kacang hingga bersih, kemudian tiriskan.
  2. Rebus air dan santan kara hingga mendidih, masukkan bawang putih halus, garam, masako & gula pasir. Matikan api.
  3. Masukkan kacang, diamkan hingga kurang lebih 1jam agar bumbu meresap. Tiriskan hingga air tidak menetes.
  4. Tempatkan kacang di tampah/nampan/loyang ratakan, lalu jemur dibawah sinar matahari hingga kering, kurang lebih 2jam.
  5. Panaskan minyak goreng, masukkan blueband, goreng kacang hingga berwarna kuning jangan sampai kecoklatan/overbake.
  6. Setelah minyak tiris, taruh kacang diatas kertas roti/koran, gunakan tissue untuk mengelap minyak agar permukaan kacang tidak berminyak.
  7. Setelah dingin langsung simpan di dalam toples atau wadah tertutup.
  8. Kacang bali yang enak dan gurih siap di nikmati. Selamat mencoba. 



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar