Resep Mudah Membuat Kacang Goyang Khas Manado Di Rumah

Resep Mudah Membuat Kacang Goyang Khas Manado Di Rumah – Camilan Nusantara


Berlibur ke Manado nggak lengkap rasanya kalau nggak mencicipi kuliner khas daerah ini. Beberapa kuliner lezat yang wajib anda coba ketika mampir ke Manado seperti Ikan woku, gohu, sambal roa, cakalang fufu, dan masih banyak lagi. Selain mencicipi kuliner dan menikmati pemandangan alam di Manado, jangan lupa juga nih untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Salah satu oleh-oleh khas Manado yang bisa anda bawa pulang adalah Kacang Goyang.

Kacang goyang merupakan camilan yang terbuat dari kacang tanah dan gula.  Bentuk kacang goyang ini seperti batu kerikil dan memiliki warna-warni yang sangat cantik. Selain itu camilan Manado ini memiliki cita rasa yang sangat unik, yakni paduan tekstur renyah, rasa gurih dan manis. Saat dikunyah memang terasa renyah pada bagian luarnya, namun sangat gurih di bagian dalamnya.

Cara membuat kacang goyang ini terbilang sangat sederhana, lho. Kacang tanah kering yang sudah dikupas dari kulitnya kemudian disangrai menggunakan pasir. Cara menyangrainya juga unik karena sembari digoyang-goyang agar terlepas dari kulit arinya. Inilah mengapa dinamakan kacang goyang karena proses pembuatannya dengan cara digoyang-goyang.

Setelah mendapatkan kacang tanah bagian dalamnya, kemudian menyiapkan gula yang sudah dicairkan pada wajan. Kacang dimasukkan ke dalam lelehan gula tersebut dengan ditambahkan pewarna makanan. Jadi, warna-warni yang dihasilkan akan lebih menarik dan tetap aman untuk dikonsumsi. Setelah agak dingin, gula tersebut akan mengeras dengan sendirinya dan baru bisa dikemas.

Dahulu kala, masyarakat Manado membuat kacang goyang ini menggunakan tungku tanah liat dan wajan besar yang berisi pasir. Teknik menggoyang-goyangkan tersebut bukan semata untuk ciri khas saja, melainkan bertujuan untuk menghindari kacang menjadi gosong. Jadi, ketika mulai menyangrai memang nggak boleh berhenti di tengah jalan.

Tekstur keras yang berasal dari gula yang mengeras tadi dengan sedikit rasa pahit karena proses kacang yang disangrai tersebut menambah cita rasa pada camilan ini. Enggak heran nih banyak wisatawan yang berkunjung ke Manado dan memborong kacang goyang ini untuk dibawa pulang.
Penasaran bagaimana cara membuat kacang goyang ini? Simak langsung resep berikut yukk.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Kacang Goyang
  • Kacang
  • Coklat van houten
  • Gula putih
  • Pewarna makanan (sebaiknya gunakan yang aman)
Alat yang digunakan :

  • Ngiru atau sosiru
  • Tungku api
  • Kompor minyak tanah.
Cara Membuat :

  1. Pilih kacang yang terbaik, pisahkan kacang yang sudah membusuk atau  yang sudah menghitam.
  2. Keringkan kacang menggunakan wajan yang dipanasi untuk mengeluarkan kulit ari kacang dengan menggunakan kompor. Tujuan songara yaitu untuk membuat kacang gurih. (sangara = pengeringan)
  3. Kacang digoyang diatas bara api. Kacang di goyang di bawah lelehan gula yang telah di beri pewarna untuk membuat kacang goyang menjadi berwarna warni. Usahakan tidak berhenti menggoyang supaya kacang tidak gosong/hangus.
  4. Setelah dirasa sudah cukup matang. Angkat kacang. Biarkan dingin terlebih dahulu, kemudian masukkan kacang goyang ke dalam wadah yang tertutup rapat.

Baca Juga Yukk :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya