Makanan Favoritmu Kentang? Ketahui Fakta Menarik Seputar Kentang Yukk

Makanan Favoritmu Kentang? Ketahui Fakta Menarik Seputar Kentang Yukk – Camilan Nusantara

 


Kentang adalah tanaman jenis umbi-umbian yang memilik keping biji dua atau dikotil. Awal mulanya kentang merupakan tanaman liar dan lama-kelamaan banyak yang membudidayakan dikarenakan dapat dikonsumsi menjadi beraneka macam makanan dan rasanya yang sangat enak. Di Indonesia kentang biasa diolah menjadi berbagai jenis makanan mulai dari camilan hingga lauk makan.

Kentang memiliki bentuk bulat, memiliki kulit berwarna coklat, dan di dalamnya memiliki daging yang berwarna kuning. Bila dipotong, kentang akan mengeluarkan sedikit air. Jenis kentang yang sering digunakan untuk membuat sop dan somay adalah kentang biasa yang memiliki ukuran bulat.

Nah siapa nih yang suka kentang. Selain enak diolah menjadi berbagai makanan, ternyata kentang juga memiliki beberapa fakta menarik yang perlu anda ketahui. Simak langsung ulasan berikut yukk.

1.    Kentang sudah ditemukan sejak 2000 tahun yang lalu

Kentang pertama kali ditemukan di wilayah pegunungan Andes di Peru oleh suku Inka, sekurang-kurangnya sejak 2000 tahun yang lalu sebelum kedatangan penjajah Spanyol. Berawal dari ditemukannya dalam penggalian terdapat butiran pati kentang. Nama Potato berasal dari bahasa Inka yaitu 'papa' yang serupa dengan 'batata'.

2.    Tanaman kentang dapat tumbuh di Mars

Pada Februari 2016 lalu, peneliti dari International Potato Center di Peru menumbuhkan tanaman kentang dalam sebuah kontainer besar yang temperatur serta kondisi atmosfernya mirip dengan Planet Mars. Berdasarkan dokumentasi videonya, tanaman ini benar-benar bisa tumbuh dan berkembang.

3.    Ramah Lingkungan

Kentang merupakan tanaman yang gampang tumbuh tanpa harus diberikan pupuk atau zat kimia perangsang pertumbuhan. Oleh karena itu, kamu bisa menanamnya di mana saja tanpa perlu memerlukan pupuk, baik pupuk organik maupun pupuk buatan.

4.    Kentang Terbesar di Dunia
Kentang terbesar di dunia pernah masuk ke dalam rekor “Guines Book of Records” dengan berat 8,5 pon yang setara dengan 73 porsi kentang goreng yang biasa dijual di restoran cepat saji. Kentang raksasa itu dipamerkan di Sommerset, Inggris Barat.
Kentang ini milik tukang kebun di Northampton Massachusetts, Amerika Serikat bernama Peter Glazebrook. Sebelumnya glazebrook telah mencoba berkebun untuk menghsilkan produk raksasa selama 10 tahun terakhir. Ia yakin kentangnya akan mampu mengungguli pemegang record sebelumnya yaitu selisih 225 gram lebih berat kentang miliknya.

5.    Makanan Pokok ke-4
Kentang merupakan makanan pokok ke-4 setelah makanan pokok lainnya seperti beras, jagung, dan gandum. Amerika Serikat merupakan Negara dengan warga terbanyak yang mengonsumsi kentang dengan perhitungan konsumsi kentang 60 kg per tahunnya.

6.    Memiliki Racun

Kentang digolongkan ke dalam jenis sayuran. Kentang juga hanya memiliki bagian padat sebanyak 20% dan sisanya adalah bagian cair. Meskipun begitu, daun kentang sangat berbahaya untuk dikonsumsi karena mengandung racun glycoalkaloid yang bisa merupakan bagian pertahanan alami kentang. Selain daunnya, kentang yang sudah bertunas juga sebaiknya tidak dikonsumsi karena kentang sudah mengandung racun yang bisa membahayakan tubuh.

7.    MengobatiPenyakit Otak dan Ginjal

Kentang tidak hanya memberikan energy untuk menambah stamina saat beraktivitas, tapi juga memberikan manfaat sebagai obat sekaligus pencegah penyakit otak dan ginjal. Kandungan magnesium di dalamnya mampu mencegah penyumbatan ginjal dan kandungan zat besi serta tembaganya mampu menutrisi otak lebih baik.

8.    Mengurangi Stress

Percaya atau tidak, ternyata kentang bisa mengurangi stress yang kamu hadapi. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B6 di dalamnya yang mampu membuat hormone adrenalin merespon stress sehingga tubuh dan pikiranmu akan menjadi lebih tenang. Semoga bermanfaat 

Baca Juga Yukk :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya