Camilan Khas Manado Ini Cocok Buat Oleh-Oleh Keluarga Di Rumah Loh!

Camilan Khas Manado Untuk Oleh-Oleh Keluarga Di Rumah – Camilan Nusantara


Manado, sala satu daerah di Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya. Bagi anda yang suka traveling, manado pasti jadi tempat sasaran anda yang wajib dikunjungi.  Manado sangat terkenal dengan spot diving yang indah, yaitu Taman Laut Bunaken yang telah dinobatkan sebagai salah satu taman laut terindah di dunia. Kamu dapat melihat beragam terumbu karang dan biota laut lainnya yang indah di sini.

Enggak hanya pemandangan alamnya saja nih yang bisa memanjakan mata. Kuliner di manado juga bisa memanjakan lidah anda. Memiliki beragam kuliner yang lezat,menjadi kewajiban siapa pun yang berkunjung ke tempat ini untuk mencicipi aneka kulinernya. Berikut beberapa camilan khas manado yang bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman di rumah nih. Simak terus yukk.

1.    Klappertaart
Inilah makanan khas yang bisa kamu temukan di Manado. Klappertaart yang berarti cake kelapa atau tart kelapa. Klappertaart dibuat dari kelapa muda, gula, susu, air kelapa, tepung, dan margarin. Klappertaart mempunyai tekstur lembut dan cita rasa yang manis.

Kue ini mampu bertahan selama 12 jam. Jika kamu ingin membeli Klappertaart ini sebagai oleh-oleh, sebaiknya langsung dimasukkan ke dalam kulkas ketika sampai di tempat tujuan. Harga Klappertaart berkisar 15 ribu hingga 60 ribu rupiah.

Untuk membeli Klappertaart silakan datang di jalan Wakeke. Di sana kamu akan menemukan toko “Wakeke” yang menjual Klappertaart khas Manado ini. Kamu juga bisa mengunjungi toko Christine Klappertaart yang terletak di jalan Yos Sudarso, Kairagi Weru, Tikala, Kairagi Weru, Paal Dua, Manado.

2.    Halua Kenari
Kue khas Manado lain yang patut kamu coba adalah Halua Kenari. Sesuai dengan namanya, bahan utama membuat kue khas Manado ini adalah kacang kenari. Kacang kenari banyak tumbuh di Sulawesi Utara sehingga tidak heran jika Halua Kenari dapat mudah kamu jumpai di sudut-sudut kota Manado. Harga yang dibanderol pun cukup terjangkau yakni berkisar 10 ribu rupiah hingga 45 ribu rupiah. Halua Kenari sangat cocok dimakan dengan ditemani secangkir kopi atau teh.

3.    Panada
Makanan khas lainnya yang cukup populer di Manado adalah Panada. Makanan ini memiliki bentuk seperti pastel dengan isi ikan cakalang yang telah dibumbui panpis. Bumbu panpis dibuat dari ikan cakalang yang dicampur daun jeruk, bawang merah, cabe merah, daun kemangi, dan daun bawang.

Bagi kamu yang ingin membeli Panada ini, silakan kunjungi toko Cella cake & bakery yang berlokasi di jalan Tikala I No.6, Manado. Kamu juga bisa dapatkan Panada ini di toko-toko kue atau rumah makan yang menjual makanan khas Manado. Harga jualnya pun cukup terjangkau yakni berkisar 1.250 rupiah saja per buah.

4.    Pala Manis
Makanan khas Manado ini juga pantang kamu lewatkan. Namanya Pala manis. Pala manis Manado punya cita rasa yang berbeda dari jenis pala manis lainnya. Dibuat dari buah pala yang telah dicampur dengan cairan gula sebagai pemanis, beda dengan daerah lain yang biasa menggunakan gula pasir. Manisan Pala khas Manado, ada dalam bentuk basah maupun kering.

Bagi kamu yang sedang berlibur di Manado, tak ada salahnya untuk mencoba Pala manis ini. Harga jualnya pun sangat murah yakni berkisar 40 ribu rupiah. Pala ini dapat kamu temukan di sudut-sudut kota Manado, Pelabuhan Bitung atau di konter di Bandara Sam Ratulangi.

5.    Kacang Goyang
Kacang goyang merupakan oleh-oleh khas Manado yang sangat digemari. Kacang goyang mempunyai bentuk dan tekstur yang berwarna-warni. Rasanya manis dan sedikit pahit. Kacang goyang dibuat dari lelehan gula yang telah diberi pewarna. Kacang tanah yang digunakan untuk membuat kacang goyang disangrai dengan gula pasir sambil digoyang-goyangkan. Itulah sebabnya namanya kacang goyang. Kelurahan Motoboi Kecil merupakan pusat jajanan ini di Manado.

Bagi kamu yang ingin membawa kacang goyang sebagai oleh-oleh, silakan datang ke toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Manado atau langsung datang ke kota Amurang atau Kotamobagu. Bagian selatan Kotamobagu dikenal dengan masyarakat yang berprofesi sebagai pengusaha home industry kacang goyang. Untuk 1 porsi kacang goyang dibanderol dengan harga berkisar 10 ribu hingga 25 ribu rupiah.

6.    Dodol Amurang
Tidak hanya Garut yang terkenal dengan dodolnya. Manado juga punya dodol Amurang atau dodol Kenari. Seperti yang telah dijelaskan di awal, dodol Amurang ini banyak disajikan ketika upacara syukuran masyarakat Manado atas keberhasilan panen.

Harganya berkisar lima ratus sampai seribu rupiah. Sementara untuk ukuran besar ada yang menjual dengan harga 5 ribu rupiah. Makanan ini mudah ditemukan banyak wilayah di Kabupaten Minahasa Selatan. Antara lain di Amurang, Tenga, Motoling, Tareran, Tumpaan, Tompasobaru.

7.    Cakalang Fufu
Apakah kamu suka dengan makanan pedas? Kalau iya, maka jangan lewatkan untuk mencoba cakalang fufu. Cakalang fufu dibuat dari ikan cakalang yang diasapi. Proses pengasapannya ini disebut fufu.

Untuk membuatnya, kamu harus bersihkan ikan cakalang terlebih dahulu. Buang sisik dan jeroannya. Setelah itu belah dua dan jepit dengan bambu. Selanjutnya lumuri ikan dengan garam dan lakukan proses pengasapan hingga daging ikan berubah kemerahan. Biasanya, proses pengasapan berlangsung sekitar 4 jam.

Buat kamu yang ingin segera mencicipi gurihnya cakalang fufu, langsung saja datang ke Jalan Ahmad Yani, kecamatan Sario. Ini adalah pusat penjualan cakalang fufu di Manado. Bisa juga mengunjungi daerah Pikat. Di sana banyak pedagang yang menjual ikan-ikan asap di sepanjang jalan. Harga yang dibanderol pun cukup murah, yakni 35 ribu hingga 65 ribu rupiah per jepit.

8.    Cakalang Pampis
Makanan olahan dari ikan Cakalang yang terlarang kamu lewatkan ketika mengunjungi kota Manado adalah Cakalang pampis. Makanan khas Manado ini dibuat dari Cakalang yang telah disuwir-suwir dan sangat kaya dengan rempah-rempah.

Bagi kamu yang penasaran dengan makanan khas Manado ini, silakan datang ke Jalan Ahmad Yani, kecamatan Sario. Kamu akan menjumpai banyak Cakalang pampis yang telah ditaruh dalam kemasan. Kamu bisa juga datang ke UD. Kawanua jalan BW Lapian, Manado. Harga Cakalang pampis per kemasannya sekitar 40 ribu hingga 90 ribu rupiah. Dijamin, kamu bakal ketagihan dengan makanan khas Manado ini.

9.    Sambal Roa
Ada lagi makanan khas Manado yang patut kamu coba dan sangat sayang untuk dilewatkan. This is it: Sambal roa. Sambal khas Manado yang terbuat dari ikan Roa asap. Sambal roa biasanya disajikan bersama bubur Manado. Untuk membuatnya, sangat mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana.

Bagi kamu yang ingin membeli sambal roa ini, silakan mengunjungi toko oleh-oleh Oma Yuli yang terletak di jalan A.A Maramis, Manado. Toko ini sangat dekat dengan Bandara Sam Ratulangi. Kamu bisa mampir sebentar sebelum ke Bandara. Bisa juga datang ke pasar cakalang fufu yang berlokasi di jalan Ahmad Yani, kecamatan Sario atau mampir di rumah makan khas Manado.

Bagaimana? Banyak sekali oleh-oleh khas manado yang cocok untuk anda bawa pulang bukan? Jadi sebelum pergi ke Manado jangan lupa untuk membawa uang yaa, hehe. Selamat berlibur .


Baca Juga Yukk :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya