Berkunjung Ke Lampung? Jangan Lewatkan Kuliner Khas Lampung Ini Yaa

Berkunjung Ke Lampung? Jangan Lewatkan Kuliner Khas Lampung Ini Yaa – Camilan Nusantara


Apa yang terlintas di benak anda saat mendengar kata Lampung? Penangkaran gajah di Way Kambas, Teluk Kiluan, atau Pantai Pahawang? Lampung memang memiliki banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Tapi selain memiliki wisata alamnya yang indah dan memanjakan mata, tetapi Lampung juga memiliki makanan unik khas yang harus dicoba.
Ternyata Lampung punya beragam makanan kha yang wajib anda coba saat berkunjung. Apa saja sih? simak ulasannya berikut yaa.

1.    Umbu
Makanan unik khas Kota Kain Tapis ini berbahan dasar rotan yang masih muda, seperti rebung bambu. Proses memasaknya pun cukup mudah, tinggal merebus rotan hingga lunak. Umbu sebenarnya sudah menjadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Lampung. Biasa disajikan sebagai lalapan ataupun tambahan memasak sayur yang ditumis. Akan tetapi, keberadaan rotan yang cukup langka membuat umbu menjadi kuliner dengan harga yang cukup tinggi atau disajikan hanya saat acara-acara besar.

2.    Seruit
Bagi anda yang pecinta makanan berbahan dasar ikan, seruit bisa jadi pilihan tepat. Biasanya ikan yang sering digunakan adalah ikan yang berasal dari sungai, seperti ikan Baung dan Balide. Ikan yang telah dibakar nantinya disajikan dengan berbagai macam sambal khas Lampung, seperti Tempoyak.
Seruit merupakan makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh warga Lampung, juga sebagai hidangan yang disajikan saat acara istimewa seperti pernikahan, acara adat, dan acara keagamaan.

3.    Gulai Taboh
Hidangan berbahan dasar ikan lainnya yang bisa anda temui di Lampung adalah Gulai Taboh. Jika seruit menggunakan ikan sungai, Gulai Taboh umumnya terbuat dari ikan laut. Proses pembuatanya adalah mencampur ikan dengan santan, rebung, kacang panjang, serta kacang-kacangan lainnya. Sobat Pesona juga bisa menambahkan kentang, daun sirih atau terasi jika mau mencicipi cita rasa lain Gulai Taboh. Hidangan yang terkenal di kota Lampung ini cocok disantap dengan nasi hangat.

4.    Gabing

Jika umbu berbahan dasar rotan, gabing justru menggunakan bahan dasar batang kelapa yang masih muda sebagai bahan utamanya. Tidak jauh berbeda dengan umbu, batang kelapa yang masih muda diiris terlebih dahulu berukuran 3 hingga 4 cm, kemudian direbus hingga lembut. Selanjutnya, batang kelapa yang sudah matang itu dicampur dengan bumbu rempah sesuai selera.

5.    Engkak
Engkak merupakan makanan yang memiliki rasa yang manis. Bahan utama untuk pembuatan engkak ialah telur dan mentega yang dihaluskan.  Engkak memiliki terktur yang agak lembek dan lembut. Engkak sangat cocok disantap sebagai camilan dan juga sarapan. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan engkak ialah gula pasir, tepung ketan putih, telur ayam, susu kental manis, santan serta mentega. Selanjutnya semua bahan tesebut bisa anda campurkan menjadi satu lalu aduk hingga merata. Setelahnya anda bisa memasukan adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah dioleskan mentega dan juga di beri alas kertas berih. Anda bisa memanggang kue ini layaknya lapis segit.

6.    Kemplang
Bagi anda yang menyukai makanan yang kriuk-kriuk dengan bahan dasar ikan, maka patut mencoba kemplang yang merupakan salah satu makanan khas kota Bandar Lampung. Proses pembuatan kemplang ini terbilang mudah yakni dengan cara mematangkan kemplang dengan dipanggang. Bagi anda yang sedang mengurangi makanan yang berminyak ataupun digoreng sangat dianjurkan untuk mencoba kemplang yang satu ini.
Kemplang ini memiliki rasa yang sangat gurih dan kriuk yang bisa menggugah selera siapa saja yang melihatnya. Kemplang ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai lauk saja, namun juga bisa dijadikan sebagai cemilan loh.

Nah makanan khas lampung mana nih yang jadi faforit anda?

Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya