Resep Membuat Keripik Bawang Mudah & Sederhana

Resep Membuat Keripik Bawang Mudah & Sederhana – Camilan Nusantara


 
Keripik adalah salah satu makanan ringan yang banyak disukai dan di favoritkan oleh hampir semua masyarakat di Indonesia. Di Indonesia sendiri keripik ada berbagai macam jenis, mulai dari keripik singkong sampai keripik buah.

Salah satu keripik yang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia adalah keripik bawang. Keripik bawang adalah makanan yang berupa cemilan kerupuk yang berukuran panjang yang di olah dari tepung terigu atau tepung sagu. Keripik bawang memiliki rasa yang gurih dan renyah. Selain itu keripik bawang dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana. Dan tentunya tanpa bahan pengawet yaa. Jadi keripik bawang ini bisa dinikmati oleh semua kalangan termasuk anak-anak.

Nah ternyata cara membuat keripik bawang ini juga sangat mudah lohh.. Penasaran? Simak resep keripik bawang dibawah ini yaa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung terigu sebanyak 1 kilogram, gunakan tepung jenis protein tengah
  • Telur ayam sebanyak 2 buah, kocok lepas
  • Bawang putih halus sebanyak 2 sdm
  • Mentega sebanyak 200 gram
  • Garam secukupnya
  • Bawang bombai sebanyak 1 buah, potong halus
  • Minyak sebanyak 1 liter
  • Air mineral sebanyak 200 ml
Cara Membuat :
  1. Untuk membuat resep keripik bawang, anda perlu membuat adonannya terlebih dahulu dengan mencampurkan tepung terigu, bawang putih, bombay serta air mineral dan mengaduknya hingga bahan tercampur secara merata. Sisihkan sementara adonan.
  2. Kini, panaskan mentega di atas kompor dengan api sedang hingga semua bagian mentega meleleh. Setelah mentega meleleh, kini masukkan mentega dalam adonan kripik yang disishkan tadi. Tuangkan secara perlahan sambil tetap diaduk hingga semua bahan tercampur keseluruhan. Tidak ada gumpalan tepung atau gelembung yang ada dalam adonan.
  3. Setelah adonan telah tercampur, maka adonan kini berbentuk lebih padat tapi tetap elastis. Dalam keadaan seperti ini, segera ambil sejumlah adonan dan masukkan dalam mesin penipis adonan atau anda bisa menggunakan rolling pin untuk memipihkan adonan sesuai dengan selera anda.
  4. Setelah adonan sudah cukup tipis, kini bentuk adonan sesuai dengan selera anda. Anda bisa memebentuknya menjadi kotak, bulat ataupun menggunakan cetakan kue sesuai dengan selera anda.
  5. Kemudian, siapkan minyak goreng dengan api sedang. Pastikan minyak goreng dapat menutupi semua bagian adonan keripik bawang yang akan digoreng. Setelah minyak panas, masukkan keripik yang telah dicetak tadi dan goreng hingga adonan menjadi sangat kering, lalu tiriskan.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya