Oleh-Oleh Unik Dan Menarik Khas Papua Yang Bisa Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Unik Dan Menarik Khas Papua Yang Bisa Anda Bawa Pulang – Camilan Nusantara

 

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan keanekaragaman budaya adalah Papua. Sebelumnya, daerah yang disebut dengan Irian Jaya ini memang bisa sekali menarik perhatian banyak orang di dunia. Papua terkenal akan kekayaan sukunya, dimana di papua terdapat ratusan suku yang memiliki cirri-ciri khas sendiri, selain itu papua juga terkenal akan keindahan alamnya, salah satu wisata yang terkenal disana adalah pantai raja ampat yang keindahan alamnya luar biasa.

Tidak hanya kaya akan suku dan keindahan alam, ternyata papua juga memiliki makanan khas nya sendiri. Dari banyaknya makanan khas papua, berikut beberapa souvenir & makanan yang bisa anda beli untuk oleh-oleh keluarga di rumah ketika mengunjungi pulau tersebut.

1.    Batik Khas Papua
Jika selama ini batik yang terkenal adalah batik solo, batik Madura, batik pekalongan, yogyakarta, dan Cirebon. Ternyata papua uga memiliki batik khas yang unik dan antic loh. Batik papua memiliki motif yang beragam, diantaranya adalah motif burung cenderawasih, motif ukiran suku asmat, motif tifa dan aneka motif bernuansa khas Nusantara lainnya. Ciri dari Batik Papua biasanya batiknya berwarna cerah dan motifnya selalu bernuansa alam atau yang berkaitan dengan suku yang ada di Papua. Batik khas Papua berbeda dengan batik-batik biasanya, namun nuansa Indonesianya tetap selalu kental terasa.

Batik Papua biasanya dibandrol dengan harga yang cukup lumayan mahal. Namun tentu saja ini sebanding dengan keindahan dan kualitas batik yang disajikan. Jika anda membeli batik inipun tidak akan menyesal, apalagi bagi anda yang memiliki budget lebih dan hobby mengkoleksi batik. Batik yang dihasilkan dari Papua bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Papua yang sangat berkesan. Selain itu, batik Papua ini juga bisa anda jadikan bingkisan kado untuk seseorang atau rekan kerja.

2.    Mutiara dari Papua
Mutiara juga menjadi Icon bagi Provinsi Papua. Di daerah timur Indonesia memang budidaya kerang mutiara cukup berkembang pesat, jadi anda bisa mendapatkan mutiara dengan kualitas bagus di provinsi ini. Mutiara papua ini juga sudah menembus pasar luar bahkan sampai pasar luar negeri juga loh.

Namun sangat disayangkan, mutiara asal Papua memiliki harga yang cukup menguras tabungan. Sehingga anda harus memiliki uang lebih untuk membeli mutiara yang indah dari Papua ini. Meskipun dibandrol dengan harga yang mahal, dijamin deh anda tidak akan menyesal sudah membeli mutiara ini.

3.    Sarang Semut Khas Papua
Oleh-oleh khas Papua berikutnya adalah Sarang Semut. Asal anda tahu, Papua merupakan provinsi yang juga terkenal dengan aneka tanaman langkanya. Termasuk tanaman obat-obatan yang sulit ditemukan. Tanaman obat tersebut dapat digunakan sebagai media penyembuh penyakit-penyakit kronis.

Salah satu obat herbal yang terkenal dari Papua adalah sarang semut. Sarang semut ini bisa anda jadikan oleh-oleh yang bisa dijadikan obat atau jamu. Meskipun namanya sarang semut, anda tidak perlu khawatir karena sudah tidak ada semut ketika anda membeli ini. Pasalnya sarang semut biasanya berasal dari umbi-umbian yang dijadikan semut sebagai sarang oleh para semut. Warga Papua sendiri sudah secara turun-temurun menggunakan sarang semut ini sebagai obat-obatan.

Harga sarang semut di Papua jauh lebih murah daripada sarang sebut yang dijual di luar papua. Jadi ketika kalian mampir ke pulau indah ini, tak ada salahnya membeli sarang semut ini.

4.    Souvenir Hand Made Papua
Ingin membeli oleh-oleh tetapi budget kalian kurang? Nah souvenir hand made papua ini bisa jadi solusinya. Di Papua banyak souverir unik hasil tangan yang dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau, seperti Contohnya seperti ukiran-ukiran menarik, gantungan kunci, tas, gelang dan pernak-pernik lainnya.
Meskipun dibuat dengan tangan, souvenir-souvenir ini memiliki kualitas yang bagus loh, dan seringkali menggambarkan keindahan daerah tersebut. Cocok sekali nih bagi anda yang ingin membei oleh-oleh tetapi memiliki budget yang minim.

5.    Noken Khas Papua
Selain souvenir, oleh-oleh Papua yang menarik lainnya adalah Noken. Noken merupakan tas tradisional asli dari Papua. Tas ini biasanya dikenakan oleh wanita Papua. Tas noken memiliki tekstur yang kuat dan bentuk yang khas. Bahkan kadang tas noken bisa digunakan untuk hasil panen atau untuk mengendong anak. Tas ini juga cocok dijadikan oleh-oleh loh.

Selain beberapa barang unik diatas, beberapa santapan lezat khas papua juga sangat cocok nih untuk anda jadikan oleh-oleh. Yaitu...

1.    Keripik Kedati
Keladi merupakan tanaman yang masih satu family dengan talas. Sehingga tak aneh, jika di Papua ada makanan khas keripik keladi. Di Papua tanaman keladi merupakan tanaman yang sangat mudah ditemui. Sehingga warga Papua banyak yang mengolah keladi untuk dijadikan olahakan makanan berupa keripik keladi. Dan sudah banyak industri rumahan yang menjual olahan ini. Makanan khas Papua ini sangat cocok buat anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Papua . Jangan lupa beri yang banyak untuk dibagikan kepada tetangga dan saudara-saudara dekat.

2.    Abon Gulung Papua
Memiliki bentuk seperti roti gulung, Abon gulung merupakan oleh-oleh khas Papua yang singgahi.com sekomendasikan berikutnya. Abon gulung khas Papua memiliki aneka pilihan varian rasa, sehingga anda bisa membeli sesuai dengan selera.

Pilihan rasanya diantaranya : Abon daging ayam, sapi, ikan tuna dan ada juga rasa yang unik yaitu abon rasa keju atau cokelat. Semua abon-abon tersebut lumayan tebal, sehingga jika disantap akan mudah kenyang. Abon Papua ini sangat cocok loh jadi oleh-oleh untuk orang-orang disekitar rumah atau teman dekat anda. Semoga bermanfaat 

Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya