Mafaat Biji Wijen Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Mafaat Biji Wijen Bagi Kesehatan Tubuh Anda – Camilan Nusantara

 

Wijen merupakan biji-bijian kecil yang biasanya dapat ditemukan pada berbagai olahan makanan. Seperti onde-onde, kue, toping roti, sushi dan sebagai pelengkap salad. Biji wijen termasuk dalam jenis biji-bijian yang berasal dari tumbuhan wijen (Sesamum Indicum L. syn. Sesamum orientalis L.) yang masih termasuk dalam famili Pedaliaceae. Tanaman yang berasal dari Afrika ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati atau lebih sering dikenal sebagai minyak wijen.

Ukuran biji wijen yang kecil seringkali hanya digunakan sebagai penghias dalam suatu hidangan. Meski berukuran kecil, jangan remehkan biji-bijian yang satu ini karena ternyata biji wijen memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh loh. Apa saja sih manfaat biji wijen bagi kesehatan tubuh? Simak ulasan selanjutnya yukk.

1. Mencegah diabetes
Wijen mengandung magnesium dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Minyak wijen terbukti mampu meredam masalah diabetes dan juga dapat meningkatkan glukosa plasma pada penderita diabetes hipersensitif.

2. Menurunkan tekanan darah
Sebuah penelitian mengungkapkan bagaimana minyak wijen bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah pada penderita diabetes. Kandungan magnesium dalam wijen juga dikenal dapat membantu menytabilkan tekanan darah.

3. Meningkatkan kemampuan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada wijen membuatnya bagus dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Kesehatan usus pun akan menjadi lebih baik setelah Anda rutin mengkonsumsi wijen.

4. Menyehatkan kulit
Wijen juga kaya akan seng yang dapat membantu produksi kolagen dalam tubuh. Sehingga, kulit akan menjadi lebih elastis dan mulus. Kemampuan biji wijen dalam memperbaiki jaringan tubuh yang rusak sejak dahulu dikenal mampu mengurangi risiko kanker kulit.

5. Mencegah keriput
Minyak wijen dikenal mampu mengurangi dampak paparan sinar ultraviolet. Wijen mampu mencegah munculnya keriput pada kulit akibat sinar matahari langsung tersebut.

6. Rambut menjadi lebih sehat
Minyak yang berasal dari wijen mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala Anda, dan jika digunakan secara rutin, maka rambut akan menjadi lebih sehat.

7. Menguatkan tulang
Ada hal lain yang lebih mengesankan dari wijen. Kandungan mineral penting seperti seng, kalsium, dan fosfor dalam wijen dapat membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Mineral ini dapat membantu menciptakan materi tulang baru, dan memperkuat tulang-tulang yang mulai rapuh karena cedera, osteoporosis atau arthritis.

8. Metabolisme
Wijen mengandung protein dalam jumlah yang tinggi dan bermanfaat bagi tubuh. Hal ini berguna untuk pertumbuhan sel, mobilitas, meningkatkan pasokan energi dan fungsi metabolisme.

9. Mengingkatkan kesehatan pernapasan
Berkat magnesium, wijen dapat membantu mencegah kekambuhan asma dan gangguan pernapasan lainnya. Terutama mencegah kejang pada saluran pernapasan.

10. Menjaga kesehatan mulut
Wijen juga mampu menghasilkan minyak yang sering dijadikan pengobatan sejak 1000 tahun lalu. Hal ini juga bagus untuk memperbaiki gusi, menghilangkan plak gigi, memutihkan gigi dan meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya