Langkah Mudah Membuat Salad Buah Anti Gagal

Langkah Mudah Membuat Salad Buah Anti Gagal  – Camilan Nusantara

 

Makin banyak orang yang gemar makan camilan seperti keripik dan sejenisnya. Selain praktis untuk dikonsumsi, rasanya juga enak. Tapi di sisi lain, penggemar camilan juga harus memperhatikan soal kesehatan.
Mengapa demikian? Karena mengkonsumsi camilan berlebihan bisa membuat perut lebih cepat kenyang sehingga mengganggu waktu makan utama. Apalagi saat ini banyak camilan yang mengandung zat pewarna, pengawet, penyedap rasa, tinggi gula, kalori, dan lemak. Camilan yang mengandung banyak bahan berbahaya tersebut tentu saja kedepannya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung zat-zat tersebut dalam jangka panjang berpontensi menimbulkan beberapa penyakit seperti obesitas, diabete, penyakit jantung, dan lainnya. Meskipun begitu bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi makanan-makanan tersebut.Tetap boleh hanya saja perlu dibatasi.

Sebenarnya selain camilan-camilan diatas, ada juga camilan enak yang lebih sehat untuk dikonsumsi, yaitu salad buah. Salad buah terbuat dari berbagai jenis buah yang di padukan dengan mayonaise, yoghurt, susu, dan bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut tentunya sangat aman untuk tubuh sehingga tidak mengakibatkan efek yang buruk, meskipun dimakan setiap hari. Lalu bagaimana sih cara membuat salad buah yang mudah dan enak? Simak langkah-langkah berikut yaa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • Buah segar seperti apel, anggur, semangka, melon, buah naga, rambutan, pepaya, salak, dll sesuai selera
  • Mayonaise 180 gram (saya pakai merk Maestro)
  • Yoghurt 250 gram (saya pakai yoghurt Cimory rasa strawberry
  • Susu kental manis secukupnya (saya pakai merk Frisian Flag)

Topping Salad Buah :
  • Keju cheddar secukupnya
  • Cokelat batangan (Dark chococlate cooking) secukupnya

Cara Membuat :
  1. Pertama-tama buat saus mayonese nya dulu, yaitu dengan cara masukkan mayonnaise ke dalam mangkuk atau wadah ukuran sedang, kemudian tambahkan susu kental manis putih secukupnya, aduk dengan sendok sampai saus tercampur dengan rata.
  2. Selanjutnya masukkan yoghurt secukupnya (saus jangan sampai jadi terlalu cair), aduk sampai rata.
  3. Setelah semua bahan saus tercampur, cicipi rasanya. Apakah rasa sudah pas atau belum, jika terlalu cair dan terlalu manis maka tambahkan mayonaise lagi. Jika telalu kental tambahkan yogurt lagi, jika terlalu asam tambahkan susu kental manis lagi sampai rasa benar-benar pas sesuai selera.
  4. Setelah membuat saus, lanjut siapkan buah-buahan segar, cuci dan kupas jika ada yang perlu dikupas lalu potong kecil-kecil sesuai selera. Letakkan di dalam mangkok, piring, cup atau toples mendatar yang ada tutupnya. (TIPS: Kalau bunda memakai apel, disarankan apel dipotong paling terakhir agar bagian dalam apel tidak menghitam).
  5. Jika buah-buahan sudah siap ditempatnya, segera campurkan setengah dari saus yang sudah dibuat tadi ke dalam wadah buah-buahan yang sudah dipotong tadi. Aduk buah-buahan beserta sausnya sampai rata menggunakan sendok. Setelah rata, campur semua sisa saus lalu aduk lagi sampai benar-benar rata.
  6. Terakhir sebagai topping, parut keju di sisi atas buah-buahan yang sudah tercampur dengan saus tadi. Sedangkan untuk satu sisinya beri taburan parutan cokelat batangan sesuai selera. Boleh tambahkan hiasan lagi seperti potongan buah anggur merah, kiwi dan lemon untuk mempercantik tampilan saladnya.
  7. Setelah selesai, tutup wadahnya dan dinginkan terlebih dahulu didalam kulkas (bukan di freezer) kurang lebih selama 2-3 jam. Karena salad buah lebih nikmat di santap dalam keadaan dingin. Sajikan, nyeesss mantap segarnya!

Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya