Kulier Khas Lombok Yang Menggugah Selera Para Wisatawan

Kulier Khas Lombok Yang Menggugah Selera Para Wisatawan – Camilan Nusantara


Selain terkenal akan keindahan alamnya, indonesia juga terkenal akan kekayaan kulinernya, pasalnya setiap daerah yang ada di indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing yang tentunya enak dan menggugah serela. Sebut saja nasi goreng, bakso, sate, soto, dan lainnya. Makanan khas indonesia memang selalu menarik para wisatawan yang berkunjung ke Negara pancasila ini.

Salah satu daerah yang terkenal akan keindahan alam dan kulinernya adalah Lombok. Selain bali Lombok memeang kerap kali menjadi sasaran para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Nah jika kalian mengunjungi pulau Lombok ini, kalian wajib sekali untuk mencoba kuliner yang ada di daerah tersebut. Pasalnya kuliner khas Lombok sangat lezat dan menggiurkan untuk dicoba. Nah beberapa rekomendasi kuliner khas Lombok yang bisa anda coba adalah..

1.    Pelecing Kangkung
Makanan khas Lombok yang satu ini wajib untuk Anda coba dan juga Anda pilih untuk menu santap siang dan juga santap malam Anda bersama keluarga tercinta. Tahukah Anda jika kanggung yang digunakan untuk membuat pelecing kangkung ini merupakan kangkung khas Lombok yang ukurannya besar- besar. Pelecing kangkung ini biasa dbuat dengan bumbu seperti sambal tomat yang pedas sehingga membuat makanan khas Lombok yang stau ini lezat dan menggugah selera.

2.    Kelaq Batih
Kelaq batih ini adalah makanan yang terbuat dari kacang merah serta juga dicampur dengan daun singkong yang masih muda dan di tambahkan dengan bebebrapa bumbu khas, seperti terasi, jahe, lengkuas, kencur, cengkeh, cabai, bawang merah, bawang putih, dan juga terdiri dari ketumbar serta merica. Yang lebih uniknya lagi adalah, pada saat proses memasak dimana menggunakan air kelapa muda dan tidak menggunakan air biasa. Hidangan yang satu ini cocok dihidangkan bersama nasi putih.

3.    Sate Bulayak
Sate bulayak ini berbeda dengan sate pada umumnya, pasalnya sate yang stau ini memiliki tampilan yang unik seperti ketupat, hanya saja bentuknya memanjang. Daun yang digunakan untuk membungkus sate bulayak ini berasal dari daun aren. Selain itu tahukah Anda jika sate bulayak ini dimasak dengan menggunakan santan kental serta juga kemiri. Anda bisa mencicipinya dengan saus kacang yang sangat gurih.

4.    Nasi Puyung
Makanan khas Lombok yang manarik lainnya adalah nasi puyung. Nasi puyung ini memiliki citarasa yang sangat pedas, sehingga sangat cocok untuk anda yang menyukai makanan serba pedas. Nasi puyung ini biasanya dilengkapi dengan lauk pauk seperti daging sambal, kacang kedelai goreng, beberapa potong kentang goreng, dan juga sambal yang khas yang menjadikan nasi puyung ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan lezat.

5.    Sate Tanjung
Jika Anda ingin menikmati sate ikan, maka makanan khas Lombok sate tanjung ini bisa jadi pilihan anda. Nah sate ini dibuat dengan menggunakan bumbu yang sangat khas dengan cita rasa manis pedas dan juga dilengkapi dengan lontong serta juga urap sayur atau pelecing kangkung khas Lombok. Uniknya lagi sate tanjung ini disajikan diatas opak besar sebagai piringnya.

6.    Ares
Masakan Ares merupakan sayuran khas Lombok yang berbahan utama pelepah atau kedebong pisang yang masih muda. Uniknya, meskipun diolah bersama santan, saat dimakan rasa makanan ini adalah manis dan gurih. Pada awalnya, ares yang merupakan makanan tradisional suku Sasak ini hanya disajikan saat acara begawe (acara makan-makan setelah berlangsungnya pernikahan). Namun kini ares sudah menjadi makanan khas Lombok yang terbilang unik dan lezat.

7.    Kelaq Sebie
Jika Anda ingin mencicipi makanan khas Lombok yang sangat pedas, kelaq sebie bisa jadi pilihan anda. Kelaq sebie ini di olah menggunakan bahan utama berupa cabai rawit hijau dan juga dicampur dengan bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, terasi dan juga santan yang sangat kental. Biasanya kelaq sebie ini bisa Anda nikmati terong, atau juga ikan tongkol.

8.    Ayam Taliwang
Pulau Lombok memang tidak habis- habisnya akan memanjakan lidah wisatawan yang mengunjungi pulaunya. Nah kali ini Anda bisa mencicipi makanan khas Lombok yaitu ayam taliwang. Nah Anda bisa menikmati ayam utuh sekeligus dengan baluran bumbu yang sangat khas dan juga dibakar atau digoreng. Menu yang satu ini juga sangat mudah untuk Anda temukan.

9.    Sate Rembige
Ada varian sate lainnya yang juga bisa Anda nikmati jika Anda berkunjung ke Pulau Lombok, salah satunya adalah sate rembige. Sate ini juga memiliki tiga menu yaitu berupa sate daging sapi, sate pusut dan juga sate hati sapi yang sangat lezat. Sate ini biasa disajikan dengan lontong.

10.    Kelaq Lebui
Kelaq lebui atau lebui kelaq pangkes ini terbuat dari olahan kacang kedelai hitam yang biasanya dimasak dengan menggunakan bumbu kuah asam dan juga dihidangkan dengan nasi putih hangat. Kelaq lebui ini bisa dengan mudah Anda jumpai disetiap warung makan yang ada di pulau Lombok.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya