Dikenal Menjijikan, Ini Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Dikenal Menjijikan, Ini Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Camilan Nusantara


Siapa yang tidak tahu bekicot? Hewan yang termasuk ke dalam kelompok moluska atau bertubuh lunak ini biasa ditemui di pepohonan, tanaman, serta berbagai tempat lembap lainnya. Bekicot punya nama latin Achatina fulica yang masih satu spesies dengan Helix aspersa, atau bisa juga disebut sebagai giant african snails karena awalnya berasal dari Afrika. Beberapa negara di Eropa, khususnya Perancis, menyukai olahan bekicot yang lebih akrab disebut sebagai escargot. Selain dijadikan makanan bekicot juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit. Tapi tahukah kamu? Sebenarnya bekicot dan siput itu berbeda loh.

Melihat bentuk tubuhnya, Anda mungkin akan mengira kalau bekicot dan siput adalah hewan yang sama. Padahal meski sama-sama tergolong kelas gastropoda, tapi keduanya berbeda. Perbedaan utamanya adalah dari “rumah” yang menempel di bagian atas tubuhnya. Siput tidak memiliki cangkang keras di tubuhnya, sementara bekicot punya.

Belum lama ini, produk perawatan kulit kerap memanfaatkan lendir siput yang diklaim mampu menyamarkan flek hitam, mengurangi pertumbuhan jerawat, dan memperbaiki tekstur kulit. Alhasil, kulit pun akan tampak lebih halus dan mulus.

Selain siput, bekicot diduga memiliki manfaat kecantikan yang serupa. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Ilmiah Kedokteran, menunjukkan potensi lendir bekicot yang dinilai efektif sebagai penyembuh luka sayat pada kulit.

Manfaat Daging dan Lendir Bekicot Untuk kecantikan :
1. Mengatasi keputihan.
2. Mengurangi sakit pada saat menstruasi.
3. Menjaga kelembapan kulit sehingga tidak kering.
4. Mengurangi garis halus dan mencegah penuaan dini.

Selain bermanfaat untuk kecantikan, bekicot juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh loh, diantaranya :

1. Sebagai antibodi
Bekicot bisa bermanfaat sebagai antibodi karena mengandung protein hingga 12 gram per 100 gram. Selain sebagai antibodi, protein dalam bekicot juga bermanfaat untuk menyembuhkan jaringan yang terluka dan juga sebagai sumber energi.

2. Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh
Dengan kadar asam amino dalam daging bekicot, bekicot memiliki manfaat bagi tubuh untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh mulai dari memperbaiki jaringan tubuh hingga sebagai sumber energi tubuh lebih baik.

3. Baik untuk sel darah
Zat besi sangat identik dengan peningkat atau memperbaiki peredaran darah, dan ternyata di dalam bekicot juga mengandung zat besi yang baik dan penting untuk membangun sel darah merah dan mengedarkan energi ke seluruh tubuh. Sehingga anda tidak mudah kelelahan dan terhindar dari anemia.

4. Membantu produksi kalsium bikarbonat
Kalsium banyak terkandung di cangkang bekicot. Selain dagingnya cangkang bekicot juga memiliki manfaat karena memiliki mineral lain seperti kalsium karbonat yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kalsium bikarbonat.

5. Menjaga kesehatan sel darah merah
Bekicot baik untuk sel darah merah karena mengandung Vitamin B12 yang dibutuhkan dalam proses pembuatan sel darah merah. Vitamin B12 pada bekicot juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf, memproses asam folat dan melepas energi dari makanan yang telah diolah tubuh.

6. Menstabilkan tekanan darah
Bagi anda yang memilki masalah hipertensi, ternyata bekicot bisa menjadi solusi untuk mengatasi tekanan darah anda karena bekicot merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium dalam bekicot dapat membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah tetap normal serta memperkuat tulang dan menjaga irama jantung tetap teratur.

7. Menurunkan resiko terkena penyakit jantung
Bekicot mampu membantu menurunkan resiko anda untuk terkena penyakit jantung karena mengandung omega-3. Omega-3 adalah nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Jentang yang sehat tentunya akan terhindar dari berbagai serangan penyakit jantung.

Tetap Perhatikan Risiko Makan Bekicot
Di balik kandungan nutrisi dan rasanya yang lezat, Anda diharuskan untuk tetap berhati-hati saat makan bekicot. Sebab tidak menutup kemungkinan, bekicot tersebut mengandung parasit yang akan membahayakan tubuh ketika termakan, ungkap Paul E. Skelley, seorang ahli entomologi dari Florida Department of Agriculture and Consumer Services di Amerika Serikat.

Alih-alih memperoleh nutrisi baiknya, salah langkah dalam mengolah atau memasak bekcot justru dapat menimbulkan infeksi serta penyakit yang berasal dari parasit di dalamnya. Terlebih jika daging bekicot tidak dicuci bersih, atau belum sepenuhnya matang saat disajikan. Maka itu, jenis bekicot yang biasa dimakan adalah yang khusus diternakkan. Bukan sembarangan diambil dari yang biasa hidup bebas di alam liar. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya