Cari Tahu 7 Jenis Permen Favorit Di Dunia Yuk

Cari Tahu 7 Jenis Permen Favorit Di Dunia Yuk – Camilan Nusantara


Di dunia ini terdapat beberapa macam permen yang dapat dibedakan dari tekstur, mulai dari lunak dan kenyal hingga keras dan rapuh, bahan, konsentrasi gula, warna, jenis gula yang digunakan, dan lain sebagainya. Permen umumnya dibuat dengan cara melarutkan gula dalam air atau susu. Makanan ini sangat mudah ditemukan karena banyak dijual di berbagai tempat, mulai dari warung kecil hingga toko-toko makanan besar. Berikut beberapa permen ang terkenal di dunia.

1.    Permen Keras
Permen keras merupakan jenis permen yang dapat ditemukan dengan mudah. Di Indonesia sendiri ada berbagai merk permen keras yang terkenal, sebut saja kopiko, relaxa, kiss, fox. Dan lain sebagainya. Permen keras biasanya memiliki citarasa manis dan akan larut ketika dimasukan kedalam mulut. Sama seperti permen lainnya, saat ini permen keras juga memiliki berbagai macam jenis, bentuk, dan rasa. Di Indonesia biasanya permen ini dinikmati ketika kerja, santai, atau ketika bosan.

2.    Permen Kapas
Permen mekar dengan bentuk seperti kapas ini sering kali kita temui di taman hiburan, karnaval, atau pasar malam. Permen ini dibuat langsung di tempat menggunakan mesin yang diputar secara manual atau otomatis. Permen kapas memiliki bentuk yang mengembang dan besar, tetapi akan langsung menyusut ketika dimasukka ke dalam mulut.
Permen kapas biasa dijual dengan bentuk dan warna yang berbeda-beda. Beberapa penjual permen kapas adalah seniman handal karena dapat membuat permen kapas menjadi aneka macam bentuk yang diinginkan oleh pembelinya. Harga permen ini bisa cukup bervariasi tergantung tingkat kesulitan membuatnya.

3.    Permen Coklat

Permen coklat adalah jenis permen yang salah satu bahan baku utamanya adalah coklat yang diproduksi dari biji kakao. Permen ini sangat digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan lezat. Permen coklat biasanya berbentuk keras (tapi tidak terlalu keras) yang dapat dikunyah secara langsung dan dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal dari jenis-jenis permen yang lain.
Saat ini permen coklat memiliki berbagai macam bentuk dan rasa. Seperti bentuk love, kotak, atau bulat. Bahkan ada juga yang berbentuk hewan dan kreasi unik lainnya.

4.    Permen KaramelPermen karamel adalah sejenis permen yang pertama kali mendapatkan popularitas kira-kira di pertengahan abad ke-19. Karamel dibuat dengan cara memasak gula dan air secara bersamaan. Akan tetapi, terdapat berbagai jenis permen karamel yang dibuat dengan bahan-bahan dasar seperti susu, susu kental, sirup jagung, gula, minyak, mentega, dan molase.

Di sini susu dan susu kental berperan mencegah karamel berubah menjadi permen keras, sedangkan sirup jagung dan sirup gula digunakan untuk menambah rasa manis berbagai jenis karamel. Agar permen karamel tetap mampu mempertahankan sifat elastisnya, maka lemak juga perlu dimasukkan ke dalam adonan. Hingga saat ini permen karamel sudah mendunia dijual banyak dipasaran.

5.    Permen Akar Manis

Permen akar manis atau licorice adalah permen semi-lunak yang dibuat dari ekstrak tanaman akar manis glycyrrhiza glabra. Saat ini permen akar manis sudah diproduksi di banyak negara di dunia. Di Indonesia mungkin cukup sulit menemukan permen ini di warung atau toko di dekat rumah, tetapi Anda bisa membelinya dengan mudah secara online.
Permen akar manis umumnya terbuat dari tiga bahan utama, yaitu ekstrak akar manis, gula, dan pengental, seperti pati tepung jagung atau gelatin. Bahan-bahan lain juga sering ditambahkan, baik sebagai perisa tambahan, pengkilat permen, dan lain-lain. Permen licorice yang beredar di pasaran umumnya dilabeli sebagai permen pereda tenggorokan.

6.    Permen Karet
Permen karet adalah jenis permen kunyah yang keberadaannya cukup mudah ditemukan. Permen ini juga dibuat dengan berbagai rasa dan warna. Permen karet tidak boleh ditelan karena tidak dapat dicerna dan tidak larut dalam air. Jadi, setelah rasanya habis, permen karet harus dibuang (pada tempatnya).

Karena rahasia dagang, tidak disebutkan secara terperinci apa saja bahan-bahan untuk membuat permen karet. Namun permen karet umumnya terdiri dari bahan pengisi, pengemulsi, pelembut, dan elastomer (yang memberikan sifat elastis pada permen karet). Harga permen karet juga cukup terjangkau dan sering dijual di warung-warung kecil.

7.    Permen Jelly
Permen jelly adalah salah satu permen yang disukai oleh anak-anak. Selain rasanya yang manis, permen ini populer karena memiliki bentuk dan warna yang berbeda-beda. Permen jelly di buat dari gelatin, pemanis, perasa, pewarna, kemudian dicetak menjadi aneka bentuk. Permen jelly yang paling terkenal adalah yang berbentuk beruang atau biasa disebut dengan gummy bear.
Permen jelly sendiri pertama kali dikembangkan di awal abad ke 20 di negara Jerman. Hingga kini permen jelly sudah tersebar ke berbagai Negara.

Nah itulah beberapa jenis permen yang terkenal didunia, kira kira permen mana nih yang menjadi favorit kamu? Semoga bermanfaat 

Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya