Aneka Olahan Khas Nusantara Yang Terbuat Dari Bekicot

Aneka Olahan Khas Nusantara Yang Terbuat Dari Bekicot – Camilan Nusantara

 

Indonesia memang dikenal akan kekayaan kulinernya. Beragam bahan pun telah dijajal untuk disulap sebagai aneka menu makanan yang lezat dan menggugah selera. Tak ketinggalan bekicot ternyata turut pula menjadi ide segar dalam olahan masakan ala Nusantara.

Bekicot sebenarnya merupakan hama yang menyerang dedaunan atau buah hasil panen kebun kita. Akhirnya, banyak orang yang mengusir hewan melata ini dari kebunnya. Padahal di sisi lain, bekicot bisa dibudidayakan untuk diolah menjadi makanan.

Meski awalnya terliht menjijkan, rupanya banyak orang yang jatuh cinta dengan masakan bekicot, karena rasanya yang unik dan tak bisa dilupakan. Nah berikut beberapa olahan khas nusantara yang menggunakan daging bekicot.

1.    Sate bekicot
Di Kediri, Jawa Timur, olahan yang satu ini menjadi makanan khas mereka. Kalau ke sana, kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan mudah. Mulai dari di depan sekolah-sekolah, sampai di tempat makan tertentu. Sate ini disebut juga sate 02, karena angka 02 jika diputar 90° ke arah kiri, akan tampak seperti bentuk bekicot.

2.    Rica-rica bekicot
Rica-rica bekicot memiliki rasa yang neak dan kenyal. Resep pembuatan rica-rica sendiri terbilang cukup mudah sama dengan rica-rica pada umumnya. Yang jelas, sebelum dimasak jadi apa pun, bekicot harus tetap direbus dulu dengan kapur sirih untuk menghilangkan lendirnya. Selain itu, juga untuk mengeluarkan dari cangkangnya dengan mudah. Setelah selesai, campur dengan bumbu rica-rica dan bahan makanan lain seperti tempe atau jamur.

3.    Krengsengan bekicot
Biasanya, krengsengan berupa daging kambing yang dimasak menggunakan bumbu tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, dan kecap manis. Krengsengan tidak terlalu berkuah, sehingga membuat dagingnya lebih juicy. Bedanya, daging yang digunakan di sini adalah daging bekicot. Kalau masakannya pas, kita bisa mendapatkan tekstur kenyal bekicot yang kaya rasa.

4.    Bekicot saus Padang dengan pepaduan petai
Saus Padang yang terkenal gurih, kental, dan rasanya agak manis diguyurkan ke bekicot yang telah direbus. Tentu saja akan menghasilkan daging bekicot yang lebih kaya rasa. Kamu bisa menambahkan petai, bawang bombai, dan irisan cabai sesuai selera agar mempertajam rasa.

5.    Keripik Bekicot
Selain diolah menjadi makanan pendamping nasi, bekicot yang juga kaya protein ini bisa diolah menjadi snack buat teman ngemil. Seperti biasa, setelah bekicot dibersihkan dan direbus, bekicot ditiriskan dan dibumbui dengan tepung sebelum digoreng. Kemudian setelah dimasak dengan minyak yang sedang. Setelah matang, keripik bekicot bisa dinikmati bersama teman atau keluarga.

6.    Gulai Cipuik
Santapan ikonik dari Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, tersebut dimasak dengan bumbu rempah yang kaya sehingga citarasanya pun pekat. Mulai dari lengkuas, serai, daun salam, gula, garam, dan merica bubuk. Nah, gulai ini juga dikenal dengan nama Gulai Lengkitang.

Nah itulah beberapa olahan khas nusantara yang terbuat dari daging bekicot. Meski terlihat menjijikan, ternyata jika kamu bisa mengolahnya dengan benar, bekicot bisa menjadi menu makanan yang lezat loh. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya