Aneka Kue Kering Lezat Yang Terbuat Dari Wijen

Aneka Kue Kering Lezat Yang Terbuat Dari Wijen – Camilan Nusantara


Halo sahabat camil? Apa kabar nih? Di musim penghujan seperti sekarang ini memang paling enak santai sambil menikmati camilan dan nonton tv. Jika sebelumnya kita sudah membaca manfaat wijen. Hari ini saya akan membahas snack-snack yang mengandung wijen, entah hanya sebagai taburan atau di campur dengan bahan baku pembuatannya. Sebelum itu wijen itu apa sih?

Wijen merupakan biji-bijian kecil yang biasanya dapat ditemukan pada berbagai olahan makanan. Seperti onde-onde, kue, toping roti, sushi dan sebagai pelengkap salad. Biji wijen termasuk dalam jenis biji-bijian yang berasal dari tumbuhan wijen (Sesamum Indicum L. syn. Sesamum orientalis L.) yang masih termasuk dalam famili Pedaliaceae. Tanaman yang berasal dari Afrika ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati atau lebih sering dikenal sebagai minyak wijen.

Wijen mengandung energi sebesar 568 kilokalori, protein 19,3 gram, karbohidrat 18,1 gram, lemak 51,1 gram, kalsium 1125 miligram, fosfor 614 miligram, dan zat besi 10 miligram.  Selain itu di dalam Wijen juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,93 miligram dan vitamin C 0 miligram. Banyaknya kandungan didalam wijen tersebut tak heran wijen memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh seperti yang sudah kami paparkan di artikel sebelumnya.

Olahan makanan atau camilan yang menggunakan wijen sendiri sangatlah banyak, diantaranya :



1.    Onde – Onde Senyum
 Di urutan pertama ada onde-onde senyum atau aonde-onde ketawa. Berbeda dengan kue onde-onde basah yang didalamnya ada isian kacang hijaunya. Onde-onde senyum sendiri di buat dengan adonan kue yang kemudian ditaburi wijen dan dioven hingga kering. Dinamakanan onde-onde ketawa karena bentunya yang mekar seperti mulut yang sedang tertawa. Rasa onde-onde ketawa ini gurih, manis, dan renyah. Ditambah lagi taburan wijen diatasnya yang menjadikan kue onde-onde ketawa ini semakin sedap dan menarik minat banyak orang.

2.    Kue Manco Wijen
 Selain onde-onde ketawa, ada kue manco wijen diurutan kedua. Kue manco umumnya terdiri dari tiga macam, yaitu kue manco beras, manco kacang dan manco wijen. Kue tradisional yang terbuat dari beras ketan ini konon memiliki mitos bahwa tidak bisa dibuat di daerah lain kecuali di Madiun. Tekstur kue manco gurih dan lumuran gula merah dan taburan wijen diluarnya menjadikan kue manco wijen ini nikmat dan sangat cocok jadi camilan sehari-hari anda.

3.    Semprong Wijen
Meskipun tidak dapat dipastikan asal-muasal namanya, bentuk kue ini memang mirip dengan semprong lampu minyak. Kue tradisional yang kerap dihadirkan dalam acara hajatan di pedesaan ini memiliki bermacam-macam sebutan. Di Sumatra kue ini dinamakan Kue Sapik, sementara di Jawa Timur khususnya Blitar disebut Opak Gambir. Kue Semprong inipun dikenal dengan nama Opak Gulung, karena dalam proses pembuatannya digulung dan penampilan akhir dari makanan ini berbentuk gulungan. Namun, selain digulung, ada juga Kue Semprong yang berbentuk amplop segiempat, atau dilipat segitiga seperti kipas. Kue semprong sebenarnya tidak semua dibuat menggunakan wijen, namun salah satu variasi dari kue semprong adalah semprong wijen. Aroma dan rasa yang khas menjadikan kue semprong wijen ini cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat.

4.    Keciput Wijen
 Keciput adalah makanan sejenis onde-onde kecil yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Keciput memiliki rasa manis, gurih, dan khas. Taburan wijen pada keciput membuat camilan yang stau ini semakin lezat. Di Camilan Nusantara, kue keciput tersedia dalam dua macam, yaitu keciput jari, dimana bentuk keciput lonjong dan panjang seperti jadi, Dan Keciput Bulat atau keciput doraemon, karena bentuk bulatnya seperti kepala Doraemon. Hehe..

5.    Bidaran Ketan Wijen
 Diurutan terakhir ada bidaran wijen atau biasa di sebut kue widaran wijen. Umumnya bentuk kue bidaran ini seperti kue bidaran pada umumnya yaitu lonjong dengan ujung-ujung nya meruncing. Yang membedakan hanyalah kue bidaran wijen ini dilapisi dengan wijen dan terbuat dari ketan.Rasa kue bidaran ini manis dan guirh. Kue ini sering kali tersedia di meja tamu saat hari-hari besar seperti hari lebara, Tiba.

Nah, dari beberapa camilan yang mengandung wjen diatas, mana nih yang menjadi favorit kamu? Kalo saya sih pilih semuanya hehe.. Sekian info dari kami. Semoga bermanfaat 

Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya